fbpx
logo increasink blog

5 Manfaat Memiliki Banyak Opsi Warna bagi Brand Anda

July 12, 2022

Diakui atau tidak, kebanyakan dari kita hanya memilih satu warna untuk merepresentasikan seperti apa brand kita, karena masih beranggapan bahwa brand baru bisa menonjol dengan cara seperti itu.

Padahal, kenyataannya tidak demikian. Kita sebenarnya dibebaskan untuk memilih apakah ingin satu atau lebih warna — tergantung dengan konteks pemilihan, bagaimana penerapannya, apa yang ingin dikomunikasikan, dan faktor-faktor lainnya.

Akan lebih baik jika brand Anda memiliki lebih dari satu opsi warna. Sebab, dengan begitu, Anda dan tim lebih mudah dalam membuat keputusan ketika dihadapkan dengan situasi yang mengharuskan untuk memilih warna di luar warna utama. 

Dengan begitu, marketing campaign Anda tetap dapat menyampaikan pesan secara efektif. Tanpa harus menghilangkan brand identity dari brand Anda, cuma karena masalah penggunaan warna.

Lalu pertanyaannya, apakah manfaatnya hanya untuk marketing campaign? Tentu saja tidak. Masih banyak sekali manfaat memiliki lebih dari satu warna.

Kami merangkumnya menjadi lima poin, yaitu touchpoints, contrast, action, flexibility, dan queue’s. Apa maksud dari masing-masing poin tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini!

Touchpoints

brand
Touchpoints │ Dok. Increasink

Ini kurang lebih seperti yang sudah dijelaskan di atas, di mana banyaknya opsi warna membantu Anda dan tim dalam membuat marketing campaign sesuai dengan situasi yang sedang dihadapi.

Kita ambil Burger King sebagai contoh sederhana. Meski warna utama mereka adalah merah, tetapi mereka tetap memilih beberapa warna untuk kebutuhan branding dan campaign mereka, misalnya seperti hijau, kuning, dan krim.

Contrast

brand
Contrast │ Dok. Increasink

Percaya atau tidak, memikirkan soal kontras warna sangat membantu Anda dan tim dalam memadukan warna dalam sebuah atau bahkan beberapa marketing campaign dengan cara yang unik dan kreatif.

Baca Juga  5 Indikator Brand Image yang Penting untuk Diketahui

Misal, Spotify. Mereka termasuk contoh brand yang memikirkan dan menerapkan kontras warna dalam warna logo mereka. Perpaduan warnanya benar-benar diperhatikan dan itu tidak serta-merta membuat brand mereka jadi tidak bisa dikenali.

Action

brand
Action │ Dok. Increasink

Tidak dimungkiri, banyaknya opsi warna juga meningkatkan visibilitas dari marketing campaign di hadapan audiens. Dari sebelumnya menonjol menjadi sangat menonjol berkat adanya perpaduan warna. 

Contoh, marketing campaign dari produknya Mountain Dew dengan kode RED. Campaign ini ada dalam bentuk banner untuk di situs web, dengan warna latar belakangnya adalah hijau, yang cukup bertolak belakang dengan warna produknya yang merah. 

Hal ini ternyata memang sengaja dilakukan oleh Mountain Dew. Supaya produknya bisa tampak lebih menonjol dari sebelumnya.

Flexibility

brand
Flexibility │ Dok. Increasink

Dengan memiliki banyak opsi warna, Anda dan tim dapat lebih leluasa dalam mengatur efek yang ingin ditimbulkan dari sebuah marketing campaign.

Seperti misalnya, brand Anda sudah memiliki opsi warna gelap dan terang untuk kebutuhan marketing. Maka, Anda dan tim dapat menggunakan warna terang jika penempatan campaignnya di ruang yang gelap. Begitu juga sebaliknya.

Queue’s

brand
Queue’s │ Dok. Increasink

Percaya atau tidak, banyaknya opsi warna juga memudahkan Anda dan tim dalam membuat product packaging design, lho

Jadi, semisal ingin menjual ribuan produk X dengan rasa atau kategori yang berbeda-beda, Anda dan tim tinggal menggunakan desain yang utama. Sebab, pemilihan warna dalam product packaging design sudah disesuaikan dengan kondisi tersebut.

Itulah sekilas mengenai manfaat yang Anda dan tim peroleh ketika memiliki banyak opsi warna. Meskipun satu warna membantu brand tampak menonjol, tetapi memiliki banyak warna akan sangat memudahkan Anda dan tim dalam banyak hal. 

Baca Juga  7 Kesalahan Klasik Saat Menentukan Nama Brand

Namun demikian, Anda dan tim perlu berhati-hati dalam menentukan warna brand. Mau bagaimanapun, ujung tombak dari keberhasilan branding, salah satunya ada pada pemilihan dan perpaduan warna.

Seperti misalnya, Anda dan tim perlu mengenal dulu apa saja kombinasi warna, tips memilih warna, dan sebagainya. Mungkin akan kami coba bahas di artikel berikutnya, silakan berlangganan dan pantau terus kabar terbaru dari blog increasink.co.id.

Meski begitu, kami juga menyediakan jalan pintas untuk kemudahan brand Anda. Silakan, hubungi dan berkonsultasi dengan Increasink. Kebetulan, Increasink sudah memiliki pengalaman serupa dengan bisnis perorangan dan perusahaan selama 10 tahun.

Klik di sini untuk berkonsultasi. FREE bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan jasa Increasink.

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.

× Whatsapp Kami