fbpx
logo increasink blog

Tips Menggunakan Google Trends untuk Konten SEO

February 13, 2022
Tips Menggunakan Google Trends untuk Konten SEO

Sudahkah Anda tahu mengenai Google Trends? Bagi sebagian orang, Google Trends mungkin menjadi istilah yang jarang mereka dengar. Sebab, keberadaannya memang jarang sekali digunakan. Tapi bukan berarti, Google Trends menjadi bagian dari Google yang tidak berguna, ya.

Justru keberadaannya cukup membantu, terutama bagi mereka yang bekerja di bidang teknologi kreatif. Google Trends biasa digunakan sebagai acuan untuk melihat topik-topik apa saja yang saat ini tengah banyak dibahas dan diminati oleh pengguna internet dari seluruh penjuru dunia.

Tak hanya itu, lebih spesifik, Anda pun bisa melihat pencarian apa saja yang sedang hangat diperbincangkan oleh sebuah negara pada hari itu juga. Nah, dengan mengetahui kondisi ini, banyak orang yang terbantu dan dimudahkan terutama bagi mereka yang berprofesi sebagai seorang jurnalis, blogger ataupun content writer.

Sebab, lewat mempelajari trend yang tengah berlangsung di Google Trends, Anda bisa membuat berbagai macam konten sesuai dengan apa yang sedang banyak dibahas. Hal ini akan membuat Anda tetap up to date mengenai perkembangan dunia dalam berbagai kanal.

Apa yang bisa diketahui lewat Google Trends?

Tips Menggunakan Google Trends untuk Konten SEO
Apa yang bisa diketahui lewat Google Trends? │ Dok.Increasink

Dalam Google Trends, Anda bisa mencari tahu berbagai macam trend yang sedang berlangsung. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Trend keyword (kata kunci)
Tips Menggunakan Google Trends untuk Konten SEO
Trend Keyword (kata kunci) │ Dok.Increasink

Saat akan membuat sebuah konten artikel untuk sebuah website, seringkali kita diharuskan melakukan riset keyword terlebih dahulu. Nah, platform Google Trends bisa dijadikan salah satu pilihan untuk melakukan research mengenai kata kunci apa yang cocok untuk Anda tulis.

Pada laman Google Trends, biasanya juga ditampilkan grafik mengenai banyaknya pencarian yang dilakukan oleh pengguna internet. Sehingga Anda bisa mengetahui apakah kata kunci tersebut masih cukup relevan dibahas saat ini?

  1. Trend musiman
Tips Menggunakan Google Trends untuk Konten SEO
Trend Musiman │ Dok.Increasink

Setiap tahunnya, Google Trends membuat kaleidoskop mengenai pencarian apa saja yang populer dalam setahun. Nah, data ini bisa Anda gunakan juga untuk mempelajari trend di masa mendatang.

Baca Juga  4 Cara Membuat Artikel Soft Selling untuk Tingkatkan Penjualan Anda

Misalnya, pada tahun 2019 saat bulan Ramadhan, Anda bisa mencari tahu kira-kira apa saja keyword yang banyak dicari oleh orang. Selanjutnya, Anda bisa menyiapkan banyak konten mengenai keyword tersebut yang relevan untuk kemudian diposting pada bulan Ramadhan tahun 2020.

  1. Trend regional
Tips Menggunakan Google Trends untuk Konten SEO
Trend Regional │ Dok.Increasink

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Google Trends juga dapat menyajikan data secara spesifik dari sebuah negara. Jadi tak melulu soal trend worldwide atau seluruh dunia. Platform dari Google ini juga bisa digunakan untuk mempelajari trend yang sedang berlangsung pada negara tertentu.

Nah, jika Anda memiliki blog atau situs web yang berisi artikel berbahasa Inggris. Mempelajari trend yang sedang berlangsung di negara lain menjadi kebutuhan yang cukup penting dan tak boleh dilewatkan.

  1. Mempelajari topik-topik terkait
Tips Menggunakan Google Trends untuk Konten SEO
Mempelajari topik-topik terkait │ Dok.Increasink

Tak hanya menyajikan barisan kata kunci yang populer dalam mesin pencari. Google Trends juga bisa menyarankan Anda berbagai macam topik yang relevan dengan beragam tingkat persaingan.

  1. Berbagai kategori trend
Tips Menggunakan Google Trends untuk Konten SEO
Berbagai kategori trend │ Dok.Increasink

Ada begitu banyak kategori yang disediakan oleh Google Trends. Mulai dari kecantikan, ekonomi, politik, olahraga, kendaraan, bisnis, hobi, properti, binatang dan masih banyak lagi lainnya. Kategori-kategori tersebut dapat mempermudah Anda dalam melakukan pencarian kata kunci yang potensial.

Cara Menggunakan Google Trends

Tips Menggunakan Google Trends untuk Konten SEO
Cara menggunakan Google Trends │ Dok.Increasink

Pada dasarnya, penggunaan Google Trends cukuplah mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu membuat situsnya pada lama trends.google.com dan kemudian tinggal cari keyword atau topik apa yang ingin Anda cari. Namun jika Anda masih belum paham bagaimana cara menggunakannya, berikut kami jelaskan detail mengenai langkah-langkahnya.

1. Pilih negara yang ingin Anda ketahui trend-nya

Tips Menggunakan Google Trends untuk Konten SEO
Pilih negara yang ingin Anda ketahui trend-nya │ Dok.Increasink

Setelah mengakses laman trends.google.com, maka Anda akan diarahkan pada tampilan awal Google Trends. Pada tampilan tersebut, di sudut kanan atas terdapat pilihan negara yang bisa Anda pelajari trend-nya.

Baca Juga  4 Strategi Optimasi Twitter untuk Bisnis e-Commerce


Jika Anda ingin mengetahui trend apa yang sedang berlangsung di Indonesia, maka Anda hanya perlu menggantinya sesuai dengan negara yang akan dipilih.

2. Ketik topik yang ingin Anda ketahui

Tips Menggunakan Google Trends untuk Konten SEO
Ketik topik yang ingin Anda ketahui │ Dok.Increasink

Setelah mengganti opsi negara, selanjutnya Anda hanya perlu mengetikkan topik apa yang ingin Anda ketahui. Misalnya, Anda pemilik website yang bergerak di bidang traveling. Nah, Anda bisa mengetikkan kata kunci “travel” atau “traveling” pada kolom pencarian di Google Trends. Dan, platform tersebut akan menyajikan informasi mengenai trafik ketertarikan pengguna internet terhadap kata kunci tersebut dari waktu ke waktu hingga menyajikan topik-topik yang sekiranya terkait dengan traveling.

3. Membandingkan kata kunci satu dengan yang lain

Tips Menggunakan Google Trends untuk Konten SEO
Membandingkan kata kunci satu dengan yang lain │ Dok.Increasink

Anda juga bisa melakukan perbandingan mengenai satu kata kunci dengan kata kunci yang lain. Hal ini bertujuan mengetahui manakah kata kunci yang paling banyak dicari dan digunakan oleh orang-orang. Sehingga, Anda bisa menyesuaikannya dalam pembuatan konten untuk menjangkau target market yang sesuai.

4. Mengetahui trend harian yang paling banyak dicari

Tips Menggunakan Google Trends untuk Konten SEO
Mengetahui trend harian yang paling banyak dicari │ Dok.Increasink

Nah, jika yang Anda inginkan adalah mengetahui trend harian yang sedang hangat diperbincangkan. Maka Anda bisa membukanya lewat menu navigasi di sebelah kiri atas yang berbentuk garis tiga. Kemudian klik “Trending Searches” dan seluruh data mengenai hasil pencarian yang sedang trending pun bisa Anda dapatkan.

Anda bisa mengetahui topik-topik apa saja yang sedang banyak diminati. Sekaligus kata kunci apa yang para pengguna internet gunakan untuk mencarinya.

Manfaat Google Trends untuk Pembuatan Konten SEO

Tips Menggunakan Google Trends untuk Konten SEO
Manfaat Google Trends untuk Pembuatan Konten SEO │ Dok.Increasink

Setelah mengetahui cara menggunakan Google Trends di atas. Maka Anda pasti akan bertanya-tanya, apa sih manfaat dari menggunakan Google Trends sebenarnya? Meskipun beberapa di antaranya sudah kita singgung sebelumnya.

Baca Juga  Cara Membuat Artikel Hard Selling + Strategi Menggunakannya

1. Menemukan momentum yang tepat untuk posting konten

Tips Menggunakan Google Trends untuk Konten SEO
Menemukan momentum yang tepat untuk posting konten │ Dok.Increasink

Data yang diberikan oleh Google Trends dapat memudahkan Anda mengetahui kapan waktu yang tepat untuk publish sebuah artikel atau konten. Baik dalam website, kanal Youtube maupun akun sosial media yang lain seperti Facebook dan Instagram.

Misalnya, pada tahun 2019 lalu di bulan Ramadhan terdapat kenaikan pencarian pada kata kunci takjil dan menu masakan puasa. Nah, Anda bisa membuat konten tersebut, jauh-jauh hari sebelum momentum tersebut tiba. Sehingga saat dirasa waktunya sudah pas dan tepat, Anda bisa langsung mengunggah kontennya tanpa harus lama-lama membuatnya.

2. Menambah ide konten

Tips Menggunakan Google Trends untuk Konten SEO
Menambah ide konten │ Dok.Increasink

Ada kalanya Anda mungkin kebingungan untuk membuat konten apa lagi yang harus diunggah. Nah, Google Trends bisa dijadikan solusi untuk mencari topik-topik tersebut. Beragam keyword juga bisa Anda dapatkan sehingga bisa disesuaikan untuk penggunaannya.

Dengan mengikuti trend yang disarankan oleh platform ini, Anda bisa mengejar lebih banyak trafik pengunjung pada website ataupun meningkatkan engagement pada akun sosial media.

3. Mendapatkan keyword yang akurat

Tips Menggunakan Google Trends untuk Konten SEO
Mendapatkan keyword yang akurat │ Dok.Increasink

Untuk membuat konten yang bisa dinikmati banyak orang, maka diperlukan riset keyword yang mendalam. Anda perlu mempelajari apa saja yang mereka minati. Nah, Google Trends ini akan memudahkan Anda dalam menemukan kata kunci yang akurat dan banyak digunakan oleh pengguna internet. Sehingga Anda tak perlu mengarang lagi soal kata kunci yang akan digunakan.

Nah, itulah tadi tips menggunakan Google Trends untuk pembuatan konten SEO. Sebenarnya, tak hanya konten atau artikel SEO saja yang bisa menggunakan Google Trends. Anda juga bisa menggunakan platform ini untuk membuat konten dalam Youtube, Facebook maupun Instagram.

Selamat mencoba!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.