fbpx
logo increasink blog

Teknik Mudah Membuat Konten Carousel Instagram yang Menarik untuk Dibaca

April 18, 2022

Sering melihat konten dengan banyak slides, dan ternyata jumlah likes-nya banyak? Nah, inilah yang dinamakan konten carousel. Konten organik dengan banyak slides namun bisa membantu akun mendapatkan banyak likes bahkan followers baru. 

Namun sayangnya — dikutip dari laman Black Raven — tidak semua konten carousel bisa meningkatkan engagement dengan followers, loh! Hal ini bisa saja terjadi jika Business Owners tidak menggunakan teknik membuat carousel Instagram dengan tepat. 

Nah, salah satu teknik mudah membuat carousel adalah menggunakan AIDA. Teknik ini diketahui bisa membantu Business Owners dalam menyusun microblog Instagram yang menarik untuk dibaca. Sehingga, audiens mau melihat konten tersebut dari awal hingga akhir slide.

Mengenal apa itu AIDA

konten carousel

Sebelum membahas cara memakai teknik AIDA, ada baiknya Anda mengetahui dulu apa itu AIDA. Mengutip Mobitren, AIDA merupakan singkatan dari Attention, Interest, Detail, dan Action. Sederhananya, teknik ini digunakan untuk menarik perhatian audiens agar mau melihat konten dari awal sampai akhir.

Lalu, apa itu Attention, Interest, Detail, dan Action? Apa saja perbedaan keempat istilah tersebut? Apa kegunaan keempatnya untuk konten carousel? Berikut adalah penjelasan masing-masing istilah tersebut!

konten carousel
konten carousel
konten carousel
konten carousel

Bagaimana cara menggunakan teknik AIDA untuk membuat carousel Instagram

Untuk membuat carousel Instagram yang menarik, teknik AIDA haruslah mampu mengemas seluruh slides yang ada dalam suatu konten. Misal, Business Owners ingin membuat konten carousel dengan jumlah 10 slides. Berarti, Business Owners harus memikirkan bagaimana menyebarkan AIDA di dalam slide-slide tersebut. Lebih mudahnya bisa dilihat seperti di bawah ini: 

Baca Juga  Apa itu Content Marketing? Apa Manfaatnya bagi Bisnis?

A I I I I I I D D A

Namun, menyebarkan AIDA dengan cara seperti ini tidak mutlak, ya, Business Owners. Karena — balik ke konten carousel itu sendiri — terbagi menjadi tiga macam konten, yaitu masalah-solusi, tutorial, dan portofolio. 

1. Teknik AIDA untuk konten masalah-solusi

Apa itu konten masalah-solusi? Sederhananya, konten ini memaparkan masalah terlebih dahulu agar bisa menarik perhatian audiens, baru memberitahukan jawaban praktis nan realistis atas permasalahan tersebut.

Lalu, bagaimana cara menggunakan teknik AIDA untuk konten ini? Dikutip dari Robert Katai, penyebaran AIDA untuk konten ini adalah AAIIIIIDDA, dan untuk cara membuatnya adalah sebagai berikut:

Slide 1 : Attention – menarik perhatian / clickbait

Slide 2 : Attention – intro / hook

Slide 3 : Interest – menceritakan masalah

Slide 4 : Interest – bangun ceritanya  

Slide 5 : Interest – tetap membangun ceritanya

Slide 6 : Interest – fakta mengejutkan dari cerita tersebut

Slide 7 : Interest – kenalkan solusinya

Slide 8 : Detail – konfirmasi kebenaran dari solusinya

Slide 9 : Detail – masalah = solusi

Slide 10 : Action – call to action

2. Teknik AIDA untuk konten tutorial

Beda halnya dengan konten masalah-solusi, konten tutorial lebih menjelaskan langkah apa saja yang harus dilakukan audiens dalam menyelesaikan masalah mereka, sesuai dengan panduan dari konten tersebut.

Untuk penyebaran AIDA sendiri, konten ini akan berbentuk AAIDDDDDDA, yang dapat disusun dengan mengikuti penjelasan di bawah ini:

Slide 1 : Attention – menarik perhatian / clickbait

Slide 2 : Attention – menceritakan masalah

Slide 3 : Interest – tunjukkan hasilnya dan kasih tahu bagaimana cara melakukannya

Slide 4 : Detail – langkah pertama

Slide 5 : Detail – langkah kedua

Slide 6 : Detail – langkah ketiga

Slide 7 : Detail – langkah keempat

Slide 8 : Detail – langkah kelima

Slide 9 : Detail – rekap

Baca Juga  7 Cara Mudah Mendapatkan Berbagai Ide Konten untuk di Instagram

Slide 10 : Action – minta audiens untuk menyimpan konten 

3. Teknik AIDA untuk konten portofolio

Mungkin tidak sedikit dari Business Owners berpikir, kalau memposting konten produk atau portofolio terus, audiens akan merasa jenuh. Ini tidak sepenuhnya salah, namun tidak sepenuhnya benar juga.

Asal Anda mengemas konten produk atau portofolio dengan baik, niscaya Audiens mau melihatnya dari awal hingga akhir. Dan ini membutuhkan teknik AIDA.

Dengan menggunakan teknik AIDA, konten produk atau portofolio Anda akan menjadi AIDDDDDDDA. Anda bisa menyusunnya dengan mengikuti penjelasan di bawah ini:

Slide 1 : Attention – menarik perhatian / clickbait

Slide 2 : Interest – intro / hook

Slide 3 : Detail – portofolio 1

Slide 4 : Detail – portofolio 2

Slide 5 : Detail – portofolio 3

Slide 6 : Detail – portofolio 4

Slide 7 : Detail – portofolio 5

Slide 8 : Detail – portofolio 6

Slide 9 : Detail – social proof (testimoni)

Slide 10 : Action – beri kontak untuk pemesanan/bekerja sama

Penutup

Sejauh ini, bisa kita simpulkan bahwa teknik AIDA dapat membantu Anda dalam meningkatkan engagement maupun followers akun Instagram Anda. Asal  AIDA diterapkan sesuai dengan tiga jenis konten carousel yang ada, yakni masalah-solusi, tutorial, dan portofolio.

Namun, mengetahui ketiga teknik tersebut saja belum cukup. Anda perlu tahu cara membuat headline yang menarik dan sesuai dengan gaya bahasa audiens, membatasi satu ide per satu slide, membangun ‘tegangan’ dan ‘keinginan audiens, dan memberikan call to action yang sesuai dengan isi konten.

Nah, Anda bisa melakukannya dengan melihat bagaimana kompetitor Anda dalam membuat carousel Instagram menggunakan teknik AIDA. Perhatikan dengan teliti, bagaimana mereka mengemas satu ide dalam satu slide. Bagaimana menyebarkan AIDA untuk topik-topik konten tertentu.

Tak perlu merasa khawatir! Jika Anda masih menemukan kendala, Anda bisa langsung menghubungi Increasink. Dengan pengalaman 10 tahun di dunia kreatif, kami siap membantu brand Anda membuat konten carousel menggunakan teknik AIDA. 

Baca Juga  Contoh Iklan Produk Baju dari UNIQLO, Pelajari Rahasianya

Sumber: Black Raven | Mobitren | Robert Katai

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.