fbpx
logo increasink blog

Strategi Pemasaran Ikan Hias yang Efektif Menjangkau Pembeli

April 26, 2023
Strategi Pemasaran Ikan Hias

Sedang merintis bisnis ikan hias tapi bingung bagaimana cara memasarkannya? Perlu diketahui, per artikel ini dibuat, belum ada satu pun artikel di Google yang membahas tentang strategi pemasaran ikan hias. Untuk itulah, melalui artikel Increasink.co.id satu ini, kami akan mengantarkan Anda pada penjelasan mengenai cara memasarkan bisnis ikan hias!

Bagaimana cara memasarkan bisnis ikan hias? Apakah cukup dengan mengandalkan media sosial (medsos) sebagaimana yang dilakukan bisnis pada umumnya? Atau seharusnya menggunakan pendekatan lain yang lebih sesuai dengan bisnis ikan hias?

Untuk menjawabnya, hal pertama yang perlu kita pahami dari aktivitas komunikasi setiap macam bisnis adalah pengaplikasian konsep komunikasi pada jenis bisnis yang disasar. Semisal bisnis kecantikan, tentu cocok sekali jika menggunakan medsos untuk memasarkannya, berdasarkan strategi pemasaran segmenting, targeting, dan positioning (STP).

Begitu pun dengan bisnis ikan hias; strategi pemasarannya harus disesuaikan dengan konsep pemasaran yang sesuai, baru bisa ditentukan strategi pemasaran apa yang cocok untuk diterapkan.

Kita sendiri tahu kalau konsep pemasaran sendiri kurang lebih ada dua macam, yaitu marketing mix (bauran pemasaran) dan STP. Dengan begitu, strategi pemasaran ikan hias akan berangkat dari kedua konsep tersebut.

Strategi pemasaran ikan hias

Strategi pemasaran ikan hias

Marketing mix bisnis ikan hias

Kalau Anda familiar dengan istilah marketing mix, konsep ini merupakan konsep pemasaran yang menggunakan faktor 4P (Product, Price, Promotion, dan Place) sebagai landasan dari strategi pemasaran. Konsep ini sering kali digunakan dalam organisasi bisnis.

Baca Juga  Ambush Marketing, Strategi Numpang Tapi Bisa Bikin Brand Viral

Berikut adalah marketing mix dari bisnis ikan hias:

Product

Produk dari bisnis ikan hias jelas ikan hias itu sendiri. Sukses tidaknya bisnis ikan hias sangat ditentukan dari variasi dari ikan hias yang dimiliki oleh pemilik bisnis. Kalau banyak dan tampilannya cantik, berarti orang-orang akan lebih mungkin untuk membeli ikan hias. 

Itu untuk B2C (business to customer), bagaimana dengan B2B (business to business)? Kalau untuk B2B, berarti yang dicari oleh pemilik bisnis dari supplier adalah kelengkapan dari ikan hias yang ditawarkan. Ini mengingat konsumen bisnis ikan hias mencari ikan hias yang sekiranya cocok dengan seleranya, di mana berarti ikan hias yang ditawarkan haruslah beragam.

Place

Untuk B2C, lokasi dari bisnis sangat menentukan laku tidaknya penjualan. Pilihlah tempat di pinggir jalan, tetapi sering dilewati oleh banyak orang dan menjadi pusat kegiatan di kota. Hindari tempat-tempat sepi yang jarang dilewati oleh orang-orang, karena biasanya orang membeli ikan hias sepenglihatannya saja atau secara mendadak.

Sedangkan untuk B2B, lokasinya bisa disesuaikan dengan letak-letak dari bisnis ikan hias yang tersebar di sekitar. Tidak memilih daerah yang sulit dijangkau oleh pemilik bisnis. Hal ini karena bisnis ikan hias masih menggunakan plastik dalam penyalurannya, sehingga plastik tidak akan mudah pecah kalau dikirimkan ke daerah yang dekat.

Price

Untuk soal harga, bisa ditentukan dari hulu ke hilirnya seperti apa. Yang berarti, harga yang ditentukan harus dilihat dari supplier terlebih dulu, baru setelah itu bisa menentukan keuntungan yang ingin diperoleh berapa.

Oleh sebab lokasi supplier berdekatan dengan bisnis, maka rekomendasi keuntungan yang bisa diperoleh supplier adalah 10-25% dari harga beli di petani ikan. Sementara untuk bisnis sendiri, keuntungan bisa berlaku kelipatan sesuai yang telah ditetapkan, dan itu sudah memperhitungkan biaya operasional, akomodasi, dan sebagainya.

Baca Juga  Formula Sederhana "3C" dalam Membuat Konten Instagram

Promotion

Tidak ada perbedaan signifikan antara B2B dan B2C. Anda bisa menggunakan strategi beli berapa gratis berapa, diskon berapa persen jika sudah menjadi anggota, atau semacamnya. Sesuaikan saja strategi dengan operasional bisnis Anda.

Kita sudah membahas tentang marketing mix dari bisnis ikan hias. Sekarang kita beranjak pada pembahasan mengenai STP dari bisnis ikan hias. Yuk, langsung saja kita bahas.

Strategi pemasaran ikan hias

STP bisnis ikan hias

STP ialah konsep pemasaran yang menggunakan segmentasi, penargetan, dan penempatan diri sebagai landasan dari strateginya. Konsep ini cukup efektif dalam membantu kegiatan pemasaran kita.

Berikut adalah STP dari bisnis ikan hias:

Segmenting

Untuk B2C, segmentasinya adalah masyarakat luas. Sedangkan untuk B2B, segmentasinya adalah pemilik bisnis ikan hias yang memiliki kultur atau kebiasaan tertentu. Untuk mengelompokkan lebih jauh dan detail, baik keduanya harus melakukan survei lebih lanjut dan terperinci.

Targeting

Kurang lebih sama dengan segmentasi. Hanya saja, dalam targeting, siapa yang ditargetkan sudah mengerucut dan ketahuan siapanya. Seperti misal untuk B2C adalah masyarakat yang menyukai ikan hias, sementara B2B adalah masyarakat yang berada dalam satu wilayah dengan supplier.

Positioning

Baik B2C maupun B2B memiliki positioning yang kurang lebih sama; bisnis ikan hias yang memiliki beragam ikan hias dengan tampilan yang cantik dan dapat bertahan hidup dalam jangka panjang.

Itu dia penjelasan mengenai strategi pemasaran ikan hias. Apakah Anda sudah terbayang strategi pemasaran untuk bisnis ikan hias Anda seperti apa? Pastikan sudah sesuai dengan marketing mix dan STP dari bisnis ikan hias, ya!

Semisal Anda membutuhkan bantuan untuk memasarkan bisnis ikan hias Anda di medsos, Anda bisa mengandalkan Increasink untuk hal ini, ya! Terlebih, di Increasink ada layanan social media management untuk membantu bisnis Anda berkembang!

Baca Juga  Seperti Apa Strategi Marketing Mie Gacoan?

Increasink sendiri merupakan digital agency yang bergerak di bidang digital marketing & branding. Kami memiliki track record menangani puluhan perusahaan dan perorangan.

Anda bisa menghubungi kontak ini untuk berbincang lebih lanjut. Kami akan segera menjangkau Anda!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.

× Whatsapp Kami