fbpx
logo increasink blog

4 Strategi Marketing Lembaga Amil Zakat secara Online, Efektif Tingkatkan Donasi!

April 17, 2023
Strategi Marketing Lembaga Amil Zakat

Seperti apa strategi marketing lembaga amil zakat? Apakah sama dengan strategi lembaga filantropi pada umumnya? Atau ada pendekatan tersendiri dalam melakukannya? Inilah yang akan kita bahas pada artikel Increasink.co.id kali ini.

Setiap mendengar frasa “lembaga amil zakat”, perhatian kita pasti tertuju pada istilah “donasi”. Karena memang kegiatan utama dari lembaga satu ini adalah menjaring donasi untuk kepentingan masyarakat luas. 

Nah, masalahnya menjaring donasi tidaklah mudah. Sekarang ini, kepercayaan masyarakat terhadap lembaga amil zakat sudah menurun. Hal ini karena kasus salah satu lembaga yang telah melukai hati masyarakat yang sempat tren pada tahun lalu.

Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi lembaga amil zakat. Mempromosikan lembaga atau bahkan menjaring donasi tidak boleh sembarangan dilakukan. Jikalau tidak mau mencoreng nama lembaga amil zakat lebih jauh lagi.

Lantas, bagaimana cara mempromosikan lembaga amil zakat, itulah yang akan kita bahas dalam artikel kali ini.

Strategi marketing lembaga amil zakat

1. Rutin mengupdate laporan penghimpunan dan penyaluran

Tugas utama lembaga amil zakat sekarang adalah meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap mereka. Untuk itu, lembaga amil zakat haruslah mau untuk terus bersikap terbuka kepada masyarakat. Salah satu caranya dengan memberikan laporan penghimpunan dan penyaluran secara rutin.

Memang sekilas laporan penghimpunan dan penyaluran kurang menarik jika dijadikan sebagai salah satu strategi marketing lembaga amil zakat. Tetapi ini bisa menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk berdonasi.

Baca Juga  Guerilla Marketing, Strategi Buat Brand Viral dalam Sekejap

Walaupun mungkin strategi ini tidak kelihatan dengan jelas apa efeknya, namun setidaknya ini bakal berdampak baik untuk jangka panjang. Karena strategi ini secara tidak langsung membantu lembaga memupuk rasa percaya masyarakat, meski perlahan-lahan.

2. Mempercantik tampilan website

Kalau bicara soal meningkatkan kredibilitas perusahaan atau lembaga, website pasti menjadi jawaban pertama yang muncul di kepala. Karena memang website menjadi alternatif terbaik untuk membentuk kredibilitas lembaga.

Oleh karena itu, Anda bisa mempertimbangkan website untuk menjadi salah satu wadah marketing Anda. Walaupun mungkin tampaknya tidak berhubungan dengan marketing secara langsung, strategi ini dapat menjadi strategi marketing yang bagus untuk jangka panjang.

Dalam hal ini, Anda dapat mempercantik tampilan website agar tampak meyakinkan bagi orang-orang. Maksud “mempercantik” di sini bukan berarti menghias website dengan tampilan yang terlampau megah, melainkan memperbaiki UI/UX-nya agar lebih user friendly.

3. Membuat konten yang menarik & interaktif

Kesalahan fatal yang dilakukan kebanyakan lembaga amil zakat adalah membuat konten yang itu-itu saja. Atau bahkan seperti mengikuti apa yang dilakukan oleh lembaga amil zakat lain tanpa ada pengembangan sama sekali.

Anda harus percaya kalau lembaga Anda memiliki ciri khasnya sendiri, yang mungkin tidak ditemukan di lembaga amil zakat lain. Meskipun (mungkin) tampaknya sama di mata Anda; sama-sama bernas Islam, sama-sama menjaring donasi.

Dengan memahami hal ini, Anda nantinya akan terbayang bagaimana cara membuat konten yang menarik & interaktif, yang hanya ada di lembaga amil zakat Anda. Bahkan, memperkuat positioning dari lembaga amil zakat Anda.

Seperti misal, ada suatu lembaga amil zakat yang fokusnya untuk anak yatim. Alih-alih hanya meminta donasi, kontennya dapat memuat tentang bagaimana kedekatan antara lembaga dan anak yatim. Karena menggambarkan branding mereka sebagai lembaga yang bersahabat dengan anak yatim.

Baca Juga  6 Contoh Marketing Campaign Keren yang Bisa Ditiru

4. Publikasi di media massa

Mengingat kepercayaan terhadap lembaga amil zakat sedang turun-turunnya, maka Anda bisa mengambil alternatif untuk rutin memublikasi tentang lembaga amil zakat Anda di media massa. Sebab dengan memublikasi di media massa, kepercayaan terhadap lembaga amil zakat dapat meningkat. Menjadi salah satu strategi marketing yang efektif untuk dilakukan.

Itu dia beberapa strategi marketing lembaga amil zakat yang bisa Anda lakukan. Intinya, Anda bisa memasarkan lembaga amil zakat Anda dengan cara meningkatkan kredibilitas online-nya.

Sebenarnya banyak sekali yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kredibilitas online dari lembaga amil zakat. Hanya saja, audiens sekarang sangat menilai lembaga amil zakat dari kualitas konten-kontennya; apakah kira-kira sudah menarik atau belum di mata mereka.

Membuat konten yang menarik dan interaktif memang tidak mudah. Diperlukan pemahaman yang baik pada audiens dan brand itu sendiri. Sudahkah Anda memahami kedua hal ini dengan baik?

Namun, Anda tidak perlu khawatir soal ini. Anda bisa mengandalkan Increasink untuk urusan konten-konten di media sosial Anda!

Increasink sendiri merupakan digital agency yang bergerak di branding dan marketing. Kami siap membantu bisnis Anda berkembang dengan layanan social media management kami!

Silakan hubungi kontak ini jika Anda tertarik. Mari tingkatkan level bisnis Anda bersama kami!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.