fbpx
logo increasink blog

Panduan Membangun Strategi Content Marketing yang Kuat [PART I]

August 16, 2022

Sementara istilah strategi content marketing semakin lama semakin populer, membuat atau sekadar menulis konten saja tidaklah cukup. Jika benar kita mau konten cepat viral dan berdampak bagi banyak orang.

Kita idealnya membuat strategi yang terstruktur, menyeluruh, dan tertarget. 

Jadi, jatuhnya, ketika sedang membuat konten, kita akan langsung terbayang bagaimana caranya agar konten bisa mendapatkan banyak engagement dan bahkan menghasilkan banyak leads.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara membangun strategi content marketing dari A-Z. Supaya nanti konten kita memiliki value tinggi dan mengundang decak kagum audiens kita!

Apa itu strategi content marketing?

strategi content marketing
Apa itu strategi content marketing? │ Dok. Increasink

Sebelum membahas strategi content marketing lebih lanjut, ada baiknya kita memahami istilahnya terlebih dahulu. Mengingat, sampai saat ini kita masih sering tertukar antara istilah itu, content strategy, dan content plan.

Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Content marketing strategy

strategi content marketing
Content Marketing Strategy │ Dok. Increasink

Pada intinya, content marketing strategy adalah tentang bagaimana kita memetakan semua “why” terkait konten, baik itu mengenai konten itu sendiri, target audiens kita, maupun solusi yang kita tawarkan. 

Dengan demikian, kita nantinya bisa mendeliver berbagai konten berkualitas tinggi yang sesuai dengan kebutuhan audiens.

Tidak hanya itu, konten-konten tadi juga dirancang dan dipersiapkan sedemikian rupa agar dapat menjangkau banyak orang. 

Entah itu disesuaikan dengan aturan algoritma yang berlaku di masing-masing media sosial (medsos) ataupun mendistribusikannya secara langsung melalui kanal-kanal medsos yang sekiranya cocok.

Harapannya, banyaknya keterjangkauan konten bisa diperoleh dengan biaya seminimal mungkin. 

Baca Juga  Bolehkah Agama Dijadikan Konten Promosi? Yuk, Belajar dari Kasus Holywings!

Bahkan, lebih fantastis lagi bila dari situ jadi banyak yang berminat untuk melipir ke online store dan membeli produk kita.

2. Content strategy

strategi content marketing
Content Strategy │ Dok. Increasink

Jika content marketing strategy lebih pada soal bagaimana mengoptimalisasi keterjangkauan konten, maka content strategy menggali lebih dalam konten itu sendiri, baik dari segi pembuatan, distribusi, maupun tata kelola konten.

Istilahnya, content marketing strategy itu segi makronya. Tidak terlalu spesifik mengurusi pembuatan konten dan gambaran besarnya saja.

Sedangkan, content strategy itu segi mikronya (dimana lebih spesifik juga).

3. Content plan

strategi content marketing
Content Strategy │ Dok. Increasink

Atau mungkin kita sering mendengarnya dalam istilah content calendar

Pada intinya, content plan membantu kita mengatur dan menyusun implementasi dari content marketing strategy secara berurutan berdasarkan timeline atau tanggal publish.

Kenapa kita perlu mengembangkan strategi content marketing?

strategi content marketing
Kenapa kita perlu mengembangkan strategi content marketing │ Dok. Increasink

1. Menjadikan content marketing lebih efektif

strategi content marketing
Menjadikan content marketing lebih efektif│ Dok. Increasink

Dengan mengembangkan strategi content marketing, gerak kita dalam membuat konten akan lebih terorganisir, sesuai dengan target, metrik keberhasilan, dan berpotensi akan terus berkelanjutan.

Selain itu, strategi content marketing juga akan sangat membantu kita dari segi bisnis. 

Seperti misalnya, mungkin sebelum-sebelumnya, pekerjaan perusahaan secara keseluruhan belum terlalu rapi. 

Namun, itu berubah semenjak diberlakukannya kewajiban untuk mengembangkan & mendokumentasikan content marketing strategy secara terus-menerus.

2. Menghemat budget marketing

strategi content marketing
Menghemat budget marketing│ Dok. Increasink

Ini sehubungan dengan poin sebelumnya, di mana strategi content marketing yang efektif akan berimbas pada alokasi budget marketing yang minim pula.

Mungkin, di awal pengeluaran kita akan sangat banyak, lantaran perlu merekrut tim khusus/digital agency atau malah membeli berbagai tools penunjang.

Namun, seiring efektif dan rapinya strategi, pengeluaran pun secara berangsur-angsur menyusut dan bahkan meningkatkan ROI secara signifikan.

6 Elemen penting yang wajib ada dalam content marketing

strategi content marketing
6 Elemen dalam content marketing │ Dok. Increasink

1. Persona audiens

strategi content marketing
6 Elemen dalam content marketing │ Dok. Increasink

Ialah kunci utama dari segala strategi marketing, termasuk dalam hal ini content marketing

Baca Juga  Teknik Mudah Membuat Konten Carousel Instagram yang Menarik untuk Dibaca

Menentukan persona audiens, benar-benar harus kita dahulukan dan tidak boleh sampai dilewatkan.

Oleh karena, bagaimana kita bisa tahu konten seperti apa yang harus dibuat dan diupload, sementara kita sendiri tidak memahami apa keinginan dari audiens kita?

Itulah kenapa, persona audiens menjadi salah satu elemen terpenting dalam content marketing.

Untuk mengetahui dan menetapkan siapa target audiens kita, kita dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Adakan survei kepada konsumen-konsumen kita sebelumnya
  • Riset tren industri kita saat ini
  • Ketahui siapa yang tidak mau kita targetkan
  • Amati dengan seksama siapa target audiens dari kompetitor kita

2. Brand positioning

strategi content marketing
Brand positioning │ Dok. Increasink

Brand positioning juga tak kalah pentingnya dalam content marketing strategy. 

Oleh karena, kita jadi lebih memahami bagaimana cara membangun citra brand sekaligus memberikan experience yang tepat secara konsisten kepada audiens. 

Berikut daftar pertanyaan untuk memudahkan kita dalam menentukan brand positioning kita di market:

  • Siapa target utama market kita? Apa harapan & keinginan mereka terhadap brand kita? 
  • Siapa kompetitor utama kita? Seperti apa pola marketing mereka?
  • Hal apa saja yang menjadikan brand kita unik?
  • Masalah apa saja yang bisa diselesaikan oleh produk kita?
  • Apa yang menjadikan brand kita sebagai pilihan pertama dan berbeda dari kompetitor kita?

3. Brand storytelling

strategi content marketing
Brand storytelling │ Dok. Increasink

Jika sudah merumuskan brand positioning, maka langkah selanjutnya adalah membuat brand storytelling dari rumusan tadi. 

Singkat cerita, brand storytelling dapat membantu kita memilih arah paling tepat untuk strategi content marketing kita. Bahkan, menerjemahkan segala pesan brand ke dalam konten-konten kita nantinya.

Kita bisa mengemas brand storytelling dalam konten-konten kita dengan cara memasukkan salah satu atau beberapa di antara elemen-elemen berikut ini:

  • Cerita tentang audiens kita
  • Kepribadian brand
  • Goals dan value utama dari brand
  • Atau konten-konten yang berkaitan secara tidak langsung dengan hal-hal di atas

4. Mission statement dari content marketing berdasarkan platform yang ingin dituju

strategi content marketing
Mission statement │ Dok. Increasink

Konten memang bisa kita tiru dan daur ulang dari mana saja. 

Baca Juga  Begini 5 Kiat Memaksimalkan Facebook untuk Bisnis e-Commerce

Namun demikian, konten original tetap terasa lebih fresh, memorable, dan berkesan bagi audiens kita. Anda pun merasa begitu, bukan?

Untuk membuat konten yang tidak ada duanya, kita perlu menentukan differentiation point dari strategi content marketing kita terlebih dulu. 

Supaya nantinya kita bisa selalu mendapat pencerahan saat sedang membuat konten. 

Berikut beberapa pertanyaan untuk memudahkan proses kita menemukan differentiation point:

  • Unique value apa yang hanya bisa diberikan oleh konten kita teruntuk target audiens?
  • Apa yang membuat kita lebih menonjol dari akun medsos atau situs web lainnya?
  • Kenapa audiens harus mengikuti channel kita di saat masih banyaknya akun atau situs web serupa?

Differentiation point haruslah disesuaikan dengan mission statement dari content marketing kita. 

Tentang, mengapa kita pada akhirnya membuat konten dan siapa saja yang akan diuntungkan dari konten-konten kita. 

Supaya nantinya penentuan differentiation point tidak melebar dari pokok pembahasan seharusnya.

5. Studi kasus & target dari content marketing

strategi content marketing
Studi kasus & target│ Dok. Increasink

Adalah penting bagi content marketing untuk tertarget dan bahkan terus mendorong maju bisnis.

Dengan demikian, cari tahu dan tentukan tujuan bisnis apa saja yang ingin dicapai. 

Lantas, turunkan penjabarannya, bagaimana kemudian content marketing bisa membantu perusahaan mencapai tujuan tersebut.

Tambah lagi, hitung, sekiranya berapa banyak yang harus dianggarkan untuk keseluruhan content marketing strategy. Juga, berapa pendapatan yang ingin kita peroleh.

Itulah kenapa, pada akhirnya, studi kasus juga menjadi elemen penting untuk dilakukan. 

Dengan mempelajari proyek-proyek sebelumnya, kita akan lebih terbayang, bagaimana memetakan tujuan bisnis, budget, serta risiko dari menggunakan strategi content marketing

6. Action plan

strategi content marketing
Action plan │ Dok. Increasink

Terakhir, action plan. Kita benar-benar akan mencantumkan deskripsi mengenai campaign dan project dari content marketing strategy ke dalam content plan kita.

Dengan catatan, langkah dimulai dari bagaimana kita mencapai target dari content marketing yang telah kita tetapkan sebelumnya.

Untuk manfaatnya sendiri, jelas, elemen ini membantu kita terbayang, apa saja langkah strategis yang sekiranya perlu kita ambil.

Dalam menuliskan atau membuat action plan, pastikan untuk memasukan informasi berikut ini:

  • Format konten (contoh: single post/carousel/reels/story untuk konten Instagram).
  • Topik dan gambaran kasar dari campaign konten.
  • Platform medsos atau situs web yang hendak dituju.

Sebagai catatan, pilihlah platform yang sesuai dengan target audiens kita. Jangan ikut-ikutan tren saat ini atau kompetitor, karena belum tentu strategi kita akan cocok dengan mereka!

Mungkin untuk pembahasan part I sampai di sini dulu. Untuk penjelasan lebih detail mengenai langkah-langkah konkretnya bisa Anda baca di part II ini.

Terima kasih dan selamat membaca.

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.