Bagaimana Cara Menerapkan SEO Copywriting untuk Bisnis Anda?

July 1, 2022

Meningkatkan ranking artikel di Google memang menjadi salah satu tantangan terbesar bagi Anda maupun business owners lainnya. Apalagi kalau diminta untuk membuat artikel yang menarik bagi target audiens. Butuh usaha ekstra.

Bagaimanapun, jatuhnya akan percuma, apabila artikel berada di halaman 1 Google tetapi jumlah pembacanya sedikit. Istilahnya, Anda bersusah payah mengundang orang-orang untuk masuk ke toko Anda, tetapi hampir semua dari mereka hanya mampir sebentar lalu memilih segera keluar karena tidak tahu harus membeli apa.

Nah, penerapan teknik SEO copywriting dalam sebuah artikel, berguna untuk mempertemukan kebutuhan Anda dengan target audiens. Di satu sisi situs web Anda mendapatkan banyak traffic dan prospek sales, di sisi lain masalah konsumen bisa terselesaikan hanya melalui artikel Anda.

Mungkin beberapa di antara Anda akan berpikir bahwa tugas semakin bertambah dengan adanya kata “copywriting”. Membuat satu-dua copy saja sudah ribet, apalagi kalau sejumlah total kata dalam satu artikel? Tambah lagi harus sesuai dengan kaidah SEO. Sulit dibayangkan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena, pada kenyataannya, penggunaan teknik SEO copywriting tidak sesulit yang dibayangkan — terutama jika di antara Anda dan tim ada yang mempunyai pengalaman membuat artikel dengan gaya bahasa personal, tidak menggunakan gaya bahasa template atau robot.

Pada artikel kali ini, kami ingin mengajak Anda untuk mengenal SEO copywriting lebih jauh. Bagaimana cara membuat artikel dengan menggunakan teknik tersebut. Bagaimana cara memastikan konten tetap mendapatkan ranking di Google, bahkan dibaca sampai habis oleh visitors. Dan sebagainya.

Apa itu SEO copywriting?

Apa itu SEO Copywriting? │ Dok. Increasink

Seperti disinggung sebelumnya, pada intinya SEO copywriting adalah suatu teknik untuk menjadikan artikel berada di ranking 1 di Google, di mana artikel tersebut diharapkan bisa menjawab semua pertanyaan dan kebutuhan pembaca.

6 Elemen SEO copywriting

6 Elemen SEO Copywriting │ Dok. Increasink

Inti dari konsep copywriting adalah bagaimana Anda membuat sebuah copy agar bisa menarik perhatian orang-orang untuk membacanya sampai habis, bahkan kalau bisa setelah itu mengambil tindakan sesuai yang Anda harapkan.

Bagaimana dengan SEO copywriting? Sama saja, tidak ada bedanya. Hanya saja, karena penerapannya untuk situs web, teknik ini jadi memiliki beberapa ‘elemen khusus’ yang berbeda dari seharusnya, seperti kecepatan loading situs web, meta description, atau lainnya. 

Elemen-elemen SEO copywriting sendiri berpengaruh terhadap pemeringkatan artikel, dan kemampuannya dalam mengonversi pembaca menjadi konsumen.

Pertanyaannya, apa saja elemen itu?

  1. Kecepatan loading situs web, elemen ini sudah menjadi salah faktor ranking terpenting sejak 2010 lalu, di mana katanya toleransi pembaca Anda terhadapnya hanya kurang dari 2 detik. Lebih dari itu, mereka akan meninggalkan halaman artikel karena sudah terlanjur merasa kecewa. Karena itu, penting sekali untuk Anda dan tim mengecek loading situs web secara rutin. 
  2. Headline ramah SEO, faktor ini penting sekali Anda dan tim perhatikan. Karena jatuhnya percuma saja, jika artikel bagus, tapi headline kurang menggugah ketertarikan orang-orang untuk mau mengklik tulisannya dan bahkan lupa mengikuti kaidah SEO. Dengan demikian, Anda dan tim harus memastikan apakah headline sudah mengikuti kaidah SEO, dan mampu menarik perhatian orang.
  3. Konten. Mau bagaimanapun, kunci sukses atau tidaknya ranking situs web Anda ada pada konten. Apakah konten sudah sesuai dengan kaidah SEO. Apakah konten menggunakan gaya bahasa yang sesuai dengan target audiens atau tidak. Dan apakah storytelling dalam konten sudah terjaga dengan baik sampai akhir atau belum.
  4. Meta description, tulisan deskripsi / penjelasan singkat tentang artikel yang muncul di halaman Google. Selain karena merupakan salah satu teknik optimasi SEO on Page, meta description membantu artikel agar mau dikunjungi oleh target audiens. Dengan catatan, dalam 150 – 160 karakter, tulisan bisa menarik perhatian orang-orang.
  5. Keyword frequency. Meski tidak sepenting dulu, tapi elemen satu ini tetap berguna untuk mendorong ranking artikel Anda di Google. Penyebaran keyword dalam artikel secara berlebihan sangat tidak dianjurkan, dan sebaiknya disesuaikan dengan jumlah kata dari artikel. Misal, jumlah kata dari artikel X ada 1.000 kata, maka keyword sebaiknya tidak disebutkan lebih dari 10 kali 
  6. Page links. Google sangat menyukai artikel yang memasukkan link-link berkualitas dari artikel-artikel berkualitas lainnya. Jika artikel Anda seperti ini, maka Google akan menganggap situs web Anda kredibel, sehingga untuk mendapatkan ranking 1 menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Tentunya, dengan catatan pencantuman link dalam artikel terlihat natural — mengalir sesuai dengan isi artikel. Dengan kata lain, tetap memerhatikan bagaimana copywriting dari artikel.

Itulah sekilas mengenai cara menerapkan seo copywriting untuk kebutuhan situs web Anda. Pada intinya, Anda dan tim dapat membuat serangkai copy cukup dengan menerapkan elemen seo copywriting secara tepat.

Teknik seo copywriting memang bisa mendongkrak popularitas artikel Anda secara tidak terduga. Meski begitu, ada baiknya Anda dan tim tetap melengkapi kebutuhan lainnya agar ranking dan reputasi keseluruhan situs web bisa bernilai bagus, melalui pengoptimalan SEO on Page (baca ilmunya di sini) dan SEO off Page (cari tahu di sini) pada situs web Anda.

Terima kasih sudah membaca, dan have a nice day!

Sumber: Neil Patel | Semrush

Share:

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!