fbpx
logo increasink blog

Sales Funnel: Mengetahuinya, Niscaya Bisnis Anda Maju!

October 24, 2022
Sales Funnel: Mengetahuinya, Niscaya Bisnis Anda Maju!

Sales funnel, apa itu? Benarkah bisa membantu mendongkrak penjualan secara drastis? Bahkan membuat pelanggan setia dengan merek kita?

Ini bukan sekadar omong kosong. Efek sales funnel memang begitu luar biasanya!

Apa itu sales funnel

Apa itu sales funnel?

Andai tahu apa itu sales funnel, barangkali Anda akan ikut terkesima mengetahuinya!

Konsepnya kurang lebih seperti customer journey: bagaimana caranya agar konsumen mau membeli produk kita dengan melalui tahapan pembelian yang telah kita rancang.

Istilah mudahnya, tidak mungkin kan kita langsung membeli suatu produk hanya dalam sekali pandang.

Pasti kita mau mengecek produk-produk lain dulu. Setelah itu, melihat review produk di internet. 

Mungkin kalau ada promo langsung kita ambil juga. Kalau tidak ya mungkin kita akan timbang-timbang lagi.

Bagaimana? Sekarang terbayang, ya? Kira-kira seperti itulah gambaran dari sales funnel.

Namun, tadi itu baru gambaran besarnya saja.

Ada baiknya Anda tetap mempelajari apa itu sales funnel secara teori. 

Apa saja tahapan-tahapannya. Apa yang harus dicapai di tiap tahapan untuk bisa lanjut ke tahapan berikutnya. Dan seterusnya.

Tahapan-tahapan sales funnel

Kurang lebih seperti pada customer journey, berikut adalah tahapan-tahapan sales funnel:

1. Awareness

Tahapan pertama adalah membangun kesadaran calon pembeli kita.

Baca Juga  Brand Salience adalah Tanda Merek Menjadi Top of Mind

Bagaimana caranya agar mereka mengingat lagi apa saja kebutuhan mereka. Bagaimana caranya agar dari situ mereka me-notice iklan kita. Bagaimana mereka dari situ tergerak untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Logikanya, tidak mungkin kan mereka tergerak untuk membeli produk kita, sementara dari mereka sendiri belum tahu siapa kita dan apa yang kita jual.

Itulah kenapa kita perlu membangun kesadaran mereka.

Entah caranya dengan beriklan secara besar-besaran, riding the wave agar merek viral, ataupun cara-cara lainnya.

Terpenting adalah konsumen menyadari keberadaan merek kita.

2. Konsumen mulai tertarik

Ibarat ketika kita melihat iklan suatu produk, seperti iklan AQUA, misalnya. 

Sebagian dari kita mungkin mulai tertarik membeli produk AQUA setelah terpapar oleh materi iklannya.

Ketertarikan itu ditunjukkan dari perilaku kita sendiri. 

Apakah kita mulai penasaran dan mengajukan pertanyaan seputar produk.

Apakah kita bertanya-tanya dengan orang-orang di sekitar kita terkait produk AQUA.

Atau apakah kita bertanya-tanya dengan admin media sosial (medsos) AQUA terkait produk mereka.

Kira-kira seperti itu gambarannya: konsumen berusaha mencari tahu informasi seputar produk.

3. Konsumen mulai mengambil keputusan

Kalau sudah tahu, bagaimana? Apa langkah berikutnya yang akan diambil oleh konsumen kita?

Konsumen akan memutuskan, apakah sebaiknya membeli produk atau tidak. Itu.

Pada tahap ini, mereka akan memperhatikan dampak baik-buruknya dalam membeli produk kita. 

Apakah membeli produk kita adalah suatu pemborosan atau tidak. Apakah dengan membeli produk kita, kebutuhan mereka yang lain akan terbengkalai atau tidak. Dan seterusnya.

Kurang lebih seperti itu.

4. Konsumen mengambil tindakan

Pada tahap satu ini, konsumen sudah mantap untuk membeli produk kita — langsung check out belanjaan.

5. Barang sudah sampai di tangan mereka

Konsumen siap untuk menggunakan produk kita, kemudian merasakan juga khasiat dan dampak dari penggunaan produk.

Baca Juga  Niche Market adalah Pemutar Roda Bisnis

Dari sini pula mereka akan memutuskan, apakah menjadi pelanggan setia kita atau tidak.

Bahkan, tidak mungkin juga untuk mereka menjadi brand advocate kita — ikut membantu mempromosikan bisnis kita tanpa diminta-minta secara cuma-cuma!

Pertanyaannya: bagaimana cara membuat sales funnel?

Bagaimana cara membuat sales funnel.

Kita sudah tahu apa saja tahapan-tahapan sales funnel. Pertanyaannya, bagaimana cara menggaet konsumen agar mau mengikuti alur penjualan yang telah kita rancang?

Sederhana saja. Tinggal ikuti saja langkah-langkah di bawah ini!

1. Kenali siapa konsumen kita

Tak kenal maka tak sayang.

Tidak mengenali siapa konsumen kita sama saja dengan melakukan bunuh diri.

Penting rasanya untuk tahu siapa konsumen kita sebenarnya.

Namun, tahu nama, jenis kelamin, umur, dan sebagainya saja tidaklah cukup.

Perlu kita ketahui kenapa konsumen mau membeli produk kita.

Apa yang mereka harapkan dari menjalin hubungan dengan kita.

Baru dari situlah kita akan terbayang, kira-kira apa saja yang akan dilakukan konsumen pada saat hendak membeli produk kita.

2. Tentukan apa yang ingin dicapai dari sales funnel

Namun, mendapatkan gambaran tentang alur pembelian saja tidaklah cukup.

Anda juga perlu namanya menentukan tujuan dari sales funnel.

Jalan tanpa garis finish sama saja dengan jalan tanpa tujuan dan arah yang jelas.

Demikian pula dengan sales funnel. 

Tanpa tujuan yang jelas, kita tidak akan tahu mau diarahkan ke mana konsumen kita.

Bahkan, sangat mungkin untuk produk kita tidak ada yang terjual sama sekali.

Tentu Anda tidak menginginkan hal seperti ini, bukan?

3. Jalankan sales funnel kita

Setelah kita rancang sales funnel kita mau seperti apa, tambah lagi tujuan yang hendak dicapai apa saja, baru dari situ kita dapat jalankan sales funnel kita.

Baca Juga  Value Proposition adalah Kunci Terjadinya Repeat Order

Sambil mengamati betul perjalanan dari konsumen kita. 

Kira-kira benar tidak mereka mengikuti alur yang telah kita buat atau tidak. Atau jangan-jangan malah tidak sama sekali. 

Dari situ kita bisa analisis sales funnel kita, dan bahkan mengembangkannya untuk keperluan di kemudian hari.

Jadi, sekarang Anda paham ya apa itu sales funnel dan bagaimana cara membuatnya.

Kenapa pada akhirnya bisnis Anda harus memiliki sales funnel: karena bisa membantu mendongkrak penjualan, bahkan membuat konsumen setia dengan kita!

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?

Silakan membaca artikel-artikel terkait untuk memperkuat khazanah bisnis Anda!

Terima kasih dan sampai jumpa!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.