fbpx
logo increasink blog

Podcast Branding & Marketing, Seberapa Efektif bagi Bisnis Anda?

September 13, 2022
Podcast Branding

Pernah mendapat pertanyaan itu di kepala Anda? Kira-kira podcast branding & marketing bisa sebagus Instagram Reels atau tiktok tidak, ya? Kira-kira bakal efektif tidak ya untuk bisnis?

Sekilas mengenai podcast branding & marketing

podcast branding & marketing

Kami akan memberi sebuah fakta menarik kepada Anda, bahwa ternyata, menurut studi BBC, podcast branding & marketing mampu membawa brand to the next level, dengan meningkatkan angka engagement sebanyak 16 persen dan kemudahan untuk diingat sebanyak 12 persen.

Wah, bagaimana? Ternyata podcast branding & marketing berpengaruh sekali terhadap bisnis kita, ya?

Mungkin Anda sekarang akhirnya tahu kenapa banyak orang dan bahkan merek gencar-gencarnya membuat konten podcast.

Kenapa akhirnya Deddy Corbuzier dengan program podcast “Close the Door”-nya bisa diminati banyak kalangan di Indonesia. 

Kenapa merek-merek lain pun tak mau ketinggalan menerapkan podcast branding & marketing. Di YouTube banyak, di Spotify apalagi. Bahkan, Spotify sampai dikabarkan telah menarik 381 juta orang di kuartal III-2021. Bayangkan!

Konten dari podcast marketing mudah sekali untuk dikonsumsi oleh konsumen kita. Itu

podcast branding & marketing

Kita tahu sendiri orang-orang di zaman sekarang itu sibuknya sudah seperti apa. Sibuk sana sini sampai-sampai sering multitasking. Supaya hidup tetap produktif dan kaya akan pengetahuan.

Baca Juga  Brand Identity adalah "Kuda Hitam" Bisnis Anda, dan Ini Alasannya!

Sementara blog dan vlog menyita perhatian mata kita, kita cukup mendengarkan podcast sambil mata kita fokus tertuju ke pekerjaan lain. Entah itu sembari mengerjakan pekerjaan rumah, berberes rumah, ataupun lainnya. Benar-benar praktis, pokoknya!

Dengan demikian, ada lebih banyak kesempatan bagi kita untuk melakukan podcast branding & marketing.

Berikutnya, pasarnya terbuka luas, sehingga engagement yang didapat pun seharusnya lebih tinggi.

podcast branding & marketing

Logikanya begini. Kita bisa mengerjakan segala sesuatu sambil mendengarkan podcast. Tidak seperti membaca artikel atau melihat konten yang perlu aktivitas kontak mata.

Dengan begitu, sudah sewajarnya jika pasarnya luas. Dalam artian, jangkauan yang kita peroleh dari podcast pasti akan lebih banyak. Audiens kita pun akan mengonsumsi konten podcast lebih banyak dari jenis konten lainnya.

Kalau sudah seperti itu, kesempatan bagi akun media sosial (medsos) Anda untuk mendapatkan banyak engagement juga lebih besar dari sebelum-sebelumnya.

Tidak sampai di situ, merek Anda juga berkesempatan untuk melakukan personal touch.

podcast branding & marketing

Berbeda dengan jenis-jenis konten lainnya, konten podcast dikemas dengan gaya bahasa yang kasual dan personal. Seolah-olah seperti berbicara atau mengobrol dengan teman. 

Sederhana saja. Anda tentu akan lebih menyukai dan mendengar konten podcast yang gaya bahasanya santai dan seolah memperlakukan Anda sebagai teman, bukan? Bukan yang kaku seperti gaya “announcement”?

Itulah kenapa konten podcast dibilang mampu melakukan personal touch bagi sebuah merek. Dalam konten podcast, timbul kesan bahwasanya audiens sedang membangun hubungan dengan si pembawa acara atau bahkan dengan merek dari penyelenggara.

Kalau audiens sudah nyaman dengan konten-konten kita, atau bahkan merasa dekat hubungannya dan tidak mau ada hari tanpa bersama konten-konten kita, maka bisa dipastikan bahwa konten podcast ampuh dalam membangun loyalty dalam diri audiens!

Baca Juga  Bagaimana Cara Membangun Personal Branding di Instagram?

Konten podcast juga bisa dijadikan bahan bagi konten-konten kita di medsos. Kalau begini kurang efektif apa coba?

podcast branding & marketing

Katakanlah Anda sudah membuat beragam konten podcast. Ada yang serius banget, ada yang lucu banget. Ada juga yang perpaduan keduanya.

Suatu ketika, Anda dan tim sedang dalam proses membuat konten. Namun, kalian ternyata mengalami kesulitan dan merasa stuck. Dalam kondisi begini, kira-kira apa yang bisa kalian lakukan?

Jawabannya: ambil saja dari konten podcast kalian!

Mau itu konten secara keseluruhan diubah ke dalam bentuk teks. Atau diambil beberapa bagian saja. Atau malah ambil satu atau lebih scene untuk dijadikan konten meme? Tidak masalah, coba sesuaikan saja dengan strategi marketing kalian!

Teknik ini dinamakan repurpose content. Jadi intinya kita mendaur ulang konten sesuai dengan kebutuhan kita. Cara ini efektif sekali digunakan ketika deadline kerja tinggal sebentar lagi. Silakan baca artikel ini untuk tahu lengkapnya!

Jadi sekarang Anda sudah paham ya seberapa efektif podcast bagi bisnis Anda? Efektif dalam segi meningkatkan efektivitas dari kinerja Anda dan tim. Efektif dalam segi meningkatkan engagement Anda. Efektif dalam menghidupkan personal touch.

Bagaimana? Masih ragu membuat konten podcast?

Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Anda bisa membaca artikel-artikel Increasink lainnya di laman ini. Topik seputar digital marketing, branding, dan bisnis.

Anda juga bisa mendapatkan notifikasi terbaru tentang artikel-artikel kami dengan cara berlangganan dengan Increasink.co.id. Silakan isi data diri Anda dan klik tombol “berlangganan” yang ada di bagian bawah artikel ini!

Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.