fbpx
logo increasink blog

Niche Market adalah Pemutar Roda Bisnis

November 22, 2022
Niche Market adalah Pemutar Roda Bisnis

Niche market adalah kunci suatu bisnis bisa maju atau tidak. Kunci produk bisa terjual semua atau tidak. Tidak percaya? Coba simak penjelasan di Increasink.co.id ini sampai habis!

Sering dikatakan bahwa niche market penting untuk ditetapkan, apa pun strategi marketing atau branding kita.

Pasti ada saja perintah untuk melakukannya, apalagi selalu dituliskan sebagai tahap pertama.

Anda pun tidak asing dengan istilah niche market, bukan?

Niche market adalah…

niche market adalah target konsumen yang lebih spesifik cakupannya
Niche market adalah @bisniz.id

Target konsumen dengan ruang lingkup lebih spesifik dari pasar seharusnya.

Seperti katakanlah bisnis makanan. Mungkin target konsumennya secara keseluruhan bisa mencakup anak-anak dan orang dewasa.

Nah, namanya niche market hanya menyasar salah satunya saja

Seperti misal, niche market anak-anak untuk bisnis makanan. Atau niche market orang dewasa untuk bisnis makanan.

Jadi, di sini jatuhnya ada dua niche market.

Seperti definisi niche market tadi, keduanya pun memiliki detailnya masing-masing dan berbeda satu sama lain.

Mulai dari usia, jenis kelamin, hingga aspek-aspek lainnya. Itu berbeda antara niche market anak-anak dan orang dewasa.

Tidak bisa dipukul sama rata semua.

Kira-kira gambaran niche market adalah seperti itu.

Sementara manfaat dari niche market adalah…

Banyak sekali manfaat dari menetapkan niche market
Manfaat dari niche market @Rashi Sood/Shiprocket

Dengan konsep niche market yang seperti itu, manfaat darinya yang kira-kira akan Anda peroleh adalah sebagai berikut:

  • Mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar dari sebelumnya, karena target pasarnya spesifik dan tidak menyasar banyak orang secara luas. Sehingga, produk benar-benar dibeli oleh mereka yang betul-betul membutuhkan produk kita.
  • Berkurangnya kompetisi bisnis, karena seperti dikatakan tadi — target pasar sangat spesifik, dan belum tentu sama dengan milik kompetitor, sekalipun produk dan bisnisnya hampir sama persis.
  • Jadi lebih fokus menjalankan bisnis, karena tahu arah geraknya ke mana dan tidak mudah ikut-ikutan tren (yang belum tentu cocok dengan kondisi bisnis kita).
Baca Juga  Buyer Persona, Apa Itu & Step-by-Step Membuatnya

Cara menentukan niche market adalah…

Ada beberapa cara menentukan niche market
Ilustrasi dari niche market @Kompasiana

1. Cari tahu apa minat bisnis kita

Apakah itu bisnis hair tonic concentrate seperti Varesse? Apakah itu bisnis bootcamp di bidang digital marketing?

Cari tahu apa minat bisnis Anda. Tetapkan dengan detail inginnya seperti apa.

Semisal, Anda sukanya bisnis bootcamp di digital marketing

Anda patut menentukan detailnya seperti apa. Karena kalau itu saja, jumlah entitas bisnisnya sudah banyak. Otomatis, persaingan Anda akan sangat ketat.

Namun, kalau Anda menentukan detailnya, seperti misal bootcamp untuk di level profesional. Pasti pasarnya lebih spesifik dan kompetisinya tidak seketat tadi.

2. Identifikasi apa kebutuhan konsumen 

Sudah tahu minat bisnis seperti apa, bahkan sudah terbayang pula konsumen Anda akan seperti apa. Bukan berarti Anda selesai sampai di situ.

Anda tetap perlu mengidentifikasi kebutuhan konsumen. 

Kira-kira benar tidak, tebakan Anda dan tim dengan fakta di lapangan. 

Adapun itu, bisa diketahui dengan melakukan penelitian atau survei pasar.

Anda bisa sebarkan form survei di Internet, dengan pertanyaan-pertanyaan menjurus pada apa yang menjadi kebutuhan dari konsumen Anda.

Pastikan juga ada pertanyaan terkait keinginan mereka seperti apa.

Akan lebih baik lagi kalau ada pertanyaan tentang yang mereka harapkan dari bisnis atau merek kita.

3. Riset tingkat persaingan pasar 

Namanya niche market pasti identik dengan tingkat persaingan pasar.

Niche market yang bagus adalah niche market yang spesifik dan jumlah pemainnya tidak terlalu banyak.

Itulah kenapa kita wajib melakukan riset tingkat persaingan pasar, sebelum akhirnya terjun menjalankan bisnis.

Apa yang harus Anda lakukan pada tahap ini [secara bertahap]?

  1. Gunakan beberapa tools penunjang seperti Google Trends, Google Keyword Planner, dan sebagainya untuk tahu bagaimana tingkat persaingan pasar sekarang.
  2. Kemudian, masukkan keyword produk di salah satu tools tadi.
  3. Amati jumlah pencarian dari keyword tadi. Apakah sudah banyak kompetitor yang menjual produk seputaran keyword tadi atau ternyata belum ada sama sekali.
  4. Putuskan apakah ingin menjual produk tadi atau tidak.
Baca Juga  Kenapa Konsumen Mau Membeli Produk Anda?

4. Uji coba langsung di pasar

Tes langsung di pasar, kira-kira menjual tidak ya produk Anda untuk niche market yang Anda sasar.

Jika ternyata menjual, maka lanjutkanlah.

Atau ternyata malah sebaliknya, maka ulangi langkah dari nomor pertama.

Itulah sedikit penjelasan mengenai apa itu niche market.

Pada intinya, niche market adalah pemutar roda bisnis. 

Tanpa niche market, bisnis sangat sulit untuk berkembang maju atau bahkan sekadar bergerak.

Itulah kenapa niche market penting untuk ditetapkan pertama kali sebelum memulai bisnis.

Silakan baca artikel-artikel di bawah ini untuk memperkaya wawasan bisnis Anda:

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.