fbpx
logo increasink blog

5 Mitos Branding Menyesatkan tapi Masih Banyak Dipercaya

July 20, 2022

Percaya atau tidak, kebanyakan dari kita sampai saat ini masih suka tertukar antara istilah “branding” dan “advertising”. Memandang advertising sebagai bagian dari branding ataupun sebaliknya. Padahal, kenyataannya belum tentu kemudian dan bisa saja merupakan mitos.

Tak pelak, kesalahpahaman ini akan berujung pada masalah citra brand di kemudian hari. Bukannya semakin menonjol, brand identity malah jadi sulit untuk didefinisikan oleh audiens. Mau kembali ke jalur utama pun rasanya susah karena terlanjur meluncurkan banyak marketing campaign.

Itulah kenapa Increasink dengan sengaja membuat artikel ini khusus untuk Anda. Supaya nantinya Anda dan tim dapat menghindari 5 mitos branding sebagai berikut ini:

1. Brand = logo + nama perusahaan

branding
Brand = logo + nama perusahaan │ Dok.Increasink

Ini masih sering dipercayai oleh kebanyakan dari kita. Bahkan, sampai di tahap mengamini bahwa aktivitas branding cukup dengan menetapkan logo dan nama perusahaan saja. Sehingga, tidak perlu melangkah lebih jauh lagi.

Padahal, logo dan nama hanyalah sebagian kecil dari brand, bukan menggambarkan brand secara keseluruhan. 

Fakta: Brand adalah sekumpulan persepsi, nilai, dan emosi yang terbangun dalam alam bawah sadar audiens selama berinteraksi langsung dengannya.

2. Branding hanya berlaku untuk perusahaan besar yang menjual produk

branding
Branding hanya berlaku untuk Perusahaan besar │ Dok.Increasink

Ini adalah salah kaprah berikutnya. Branding dianggap hanya berlaku untuk mereka yang menjual produk, sisanya tidak usah melakukan aktivitas branding. Jelas-jelas ini pernyataan menyesatkan karena bertentangan dengan makna dan hakikat dari branding.

Fakta: Branding adalah segala upaya untuk membuat audiens bisa memahami brand dengan tepat. Itu berarti, branding bukan soal produk beserta keterjangkauan harga dan betapa kaya fitur-fiturnya. Melainkan, bagaimana hubungan dan pengalaman dengan audiens bisa terbangun dengan baik.

Baca Juga  Bukan Hoaks, Brand Association adalah Kunci Merek Anda Dicintai Konsumen!

Kalau Anda pikir perusahaan sekelas Google, Microsoft, dan Coca Cola bisa besar karena produk mereka dikenal oleh masyarakat luas, itu salah besar. Karena, pada dasarnya, mereka menjual lebih dari apa yang kita pikirkan selama, yaitu experience dan value yang unik tapi tetap relevan dengan target audiens.

3. Branding membutuhkan biaya yang tidak sedikit

branding
Branding membutuhkan biaya yang tidak sedikit │ Dok.Increasink

Kekeliruan selanjutnya adalah pemikiran bahwa kegiatan branding membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan itu pun belum tentu bisa membuat perusahaan sukses. Pernyataan ini tidak sepenuhnya salah, tetapi tidak segitunya juga. 

Fakta: Bagaimanapun, Anda dan tim dapat memangkas biaya branding seminim mungkin dengan cara menerapkan strategi branding yang tepat. 

Kami sudah membahasnya di artikel ini bagaimana menyusun strategi yang tepat bagi brand Anda. Salah beberapanya dengan mengenali siapa audiens Anda, apa saja preferensi dan selera mereka, dan kenapa mereka harus memilih brand Anda. Untuk step by step melakukannya bisa Anda baca selengkapnya di artikel tersebut, ya.

Apa yang jelas, brand seperti Airbnb terbukti berhasil membuktikan bahwa kegiatan branding tidak membutuhkan banyak biaya.

Mereka dengan pandainya memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan brand awareness dan beriklan secara sembunyi-sembunyi. Di akun Instagram, misalnya, mereka memposting foto-foto di lokasi yang memesona dan menggugah rasa.

Cara seperti ini pun diketahui telah meningkatkan tingkat konversi penjualan mereka dengan begitu baik.

4. Brand harus selalu konsisten untuk bisa dikatakan sukses

branding
Brand harus selalu konsisten untuk bisa sukses │ Dok.Increasink

Fakta: Oke, oke. Supaya Anda tidak salah paham, kami akan menjelaskan maksud konsisten di sini. Adalah terlalu kaku dengan satu satu desain atau perpaduan warna, sehingga marasa enggan untuk membuka diri dan mengembangkan cara mengemas marketing campaign.

Padahal, di era bisnis yang semakin kompetitif seperti saat ini, Anda dan tim perlu selalu terbuka dengan hal-hal baru supaya brand bisa bertumbuh lebih cepat dan menjangkau lebih banyak audiens.

Baca Juga  5 Cara Ampuh Membangun Brand Sendiri dalam 3 Bulan

Coba bayangkan ketika Anda dan tim terlalu kaku dan mengharuskan desain seperti ini itu. Namun ternyata, desain kurang sesuai dengan selera dan preferensi audiens saat ini. Menurut Anda, apakah marketing campaign nantinya akan berhasil atau malah berujung gagal?

Pertahankan beberapa elemen inti dari brand sambil menyesuaikan “sampulnya” dengan apa yang disukai audiens saat ini.

5. Kita selalu memiliki kendali terhadap citra brand

branding
Kita selalu memiliki kendali terhadap citra brand │ Dok.Increasink

Fakta: Sayangnya, tidak seperti itu. Sekeras apa pun kita berusaha menggambarkan citra brand sebaik mungkin, yang memegang kendali tetaplah konsumen Anda. Mau itu sama maupun berseberangan dengan keyakinan kita.

Misal, beberapa hari belakangan cukup banyak kontroversi di mana brand yang selama ini menunjukkan citranya dengan baik, ternyata dianggap sebaliknya karena bermasalah dengan konsumen mereka. 

Jika mereka tidak segera memulihkan reputasi mereka, jelas audiens akan memandang mereka 180 derajat dari yang seharusnya. Namun, akan lain soal jika mereka memiliki itikad baik untuk mengajukan permintaan maaf dengan tulus.

Meski sekilas terlihat tidak penting, tetapi mengetahui mitos branding dapat menyelamatkan perusahaan Anda di kemudian hari. Selain membalikkan kegiatan branding pada jalurnya, Anda dan tim dapat memiliki banyak pelanggan yang loyal dengan brand Anda.

Mari tingkatkan pemahaman soal branding untuk masa depan yang lebih baik. Dengan mengetahui dan menerapkan pengetahuan tersebut, Anda dan tim bisa selangkah lebih maju dari kompetitor.

Tekan tombol “berlangganan” dengan Increasink.co.id di bawah untuk membaca artikel-artikel bermanfaat lainnya.

Sumber: Brandfolder | ParkerWhite

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.

× Whatsapp Kami