fbpx
logo increasink blog

7 Tips Menulis Caption Instagram yang Menarik (Tool + Contohnya)

May 30, 2023
7 Tips Menulis Caption Instagram yang Menarik (Tool + Contohnya)

Menulis caption Instagram – Jika Anda masih menganggap caption Instagram hanya sekadar kumpulan kata untuk menjelaskan lebih detail dari foto atau video, itu salah besar. Karena pada kenyataannya, caption menjadi faktor penentu tinggi-rendahnya engagement postingan.

Engagement postingan? 

Kenapa harus memerhatikannya? 

Apa pengaruhnya bagi bisnis saya?

Seperti kita ketahui, setiap postingan Instagram pasti memiliki sejumlah likes, komen, share, dan save tertentu. Nah, engagement postingan digunakan untuk menentukan apakah suatu postingan bagus atau tidak berdasarkan jumlah angka masing-masing empat hal tadi.

Semakin banyak jumlah likes, komen, share, dan save pada suatu postingan, maka semakin tinggi pula engagement postingan tersebut. Begitu pun sebaliknya.

Jika engagement postingan Anda bagus, maka Instagram akan dengan sukarela membantu postingan tersebut muncul di home feeds atau explore page non follower Anda. Konversi bisnis Anda pun ikut meningkat.   

menulis caption Instagram

Kenapa harus menulis caption Instagram yang menarik?

Kembali ke soal caption. Yang pada intinya memang berpengaruh terhadap engagement postingan. Pertanyaannya, apakah hanya sebatas itu? 

Tidak. Anda harus menulis caption Instagram semenarik mungkin. Saling melengkapi dengan foto atau video. Bahkan akan lebih sempurna jika disisipkan frasa call to action (CTA). 

Baca Juga  Berikut 4 Contoh Copywriting Tanaman Hias yang Menarik & Menjual!

Sehingga dengan begitu, postingan Anda lebih cepat mendapatkan banyak interaksi,  itu satu. Kedua, brand awareness juga ikut terbangun — karena walau bagaimanapun gaya penulisan caption menunjukkan seperti apa karakter brand.

Dari situ, target audiens Anda akan menilai apakah merek relate dengan brand Anda atau tidak. Jika jawabannya iya, maka mereka akan memutuskan untuk menjadi follower Anda. Sehingga lambat laun akan terbentuklah suatu komunitas yang kuat.

Tapi, ada juga postingan viral dengan caption seadanya. Itu bagaimana, ya?

Memang tidak sedikit kasus seperti ini. Hanya modal bikin postingan menarik namun lupa menyertakan caption.

Tidak salah, memang. Tapi secara jangka panjang tidak bagus untuk bisnis Anda. Karena, tadi, akun Instagram bisnis Anda kehilangan kesempatan untuk membangun brand awareness, membentuk komunitas yang kuat, dan meningkatkan konversi. 

Caption Instagram yang menarik dapat merayu audiens untuk mengambil tindakan lebih dari sekadar like postingan Anda.

menulis caption Instagram

Apa saja yang perlu diperhatikan saat membuat caption Instagram?

Kalau dikutip dari laman Hootsuite, caption yang menarik seharusnya bisa menjadi media branding yang baik melalui konten penyertanya. 

Seperti apa caption yang menarik?

Bisa bikin audiens tertarik untuk membacanya. Ada frasa CTA di dalamnya, entah buat mendorong followers berkomentar, share ke teman-temannya, ataupun sekadar menyimpannya.

Dan itu semua dirangkum dalam 2.200 karakter (karena memang batas caption Instagram segitu). Sudah termasuk emoji dan hashtag untuk membantu meningkatkan jangkauan postingan.

Dengan catatan, emosi atau hashtag tidak berlebihan, ya. Karena bisa merusak kualitas dari caption yang Anda telah buat.

menulis caption Instagram

Tips membuat caption Instagram yang menarik

menulis caption Instagram

1. Sering-Sering latihan

Setiap membuat caption, siapkan minimal tiga drafnya. Dengan begitu, Anda bisa membandingkan draf secara bersamaan untuk melihat mana yang paling menarik.

Baca Juga  4 Strategi Optimal YouTube untuk Bisnis e-Commerce
menulis caption Instagram

2. Buat sependek mungkin

Sebagian besar orang melihat suatu postingan hanya dalam beberapa detik saja. Untuk membuat mereka bisa tertarik, Anda harus membuat caption sependek mungkin. Juga tidak bikin mereka kesulitan dalam memahami isi konten Anda.

menulis caption Instagram

3. Kasih pancingan di awal

Alih-alih taruh di akhir, masukkanlah informasi paling penting di paragraf pertama caption Instagram Anda. Karena dengan begitu, orang-orang akan lebih tertarik untuk membaca caption Anda sampai habis.

Coba bayangkan jika paragraf pertama caption Anda tidak ada informasi yang penting dan menarik. Tentu Anda tidak berminat untuk membacanya sampai habis ‘kan?

Bagaimana caranya biar paragraf pertama caption bisa menarik?    

Bisa sertakan sebuah pertanyaan. Pakai satu-dua emoji. Kasih sebuah pernyataan menarik yang bisa memicu rasa keingintahuan orang-orang. Atau, langsung ada CTA di awal caption. 

menulis caption Instagram

4. Gunakan Hashtag di Caption Instagram Anda

Seperti situs web, sekarang Instagram mengutamakan search engine optimization (SEO) dalam algoritma mereka. Itu artinya Anda harus menggunakan SEO dengan baik agar postingan bisa menjangkau banyak audiens.

Nah, hashtag merupakan salah satu faktor yang memengaruhi SEO on page. Hashtag bisa membantu konten Anda lebih banyak dicari orang-orang. Mengingat juga tidak sedikit yang mencari postingan lewat hashtag.

menulis caption Instagram

5. Membahas tren

Supaya audiens bisa merasa relate dengan postingan Anda, buatlah caption yang sedikit membahas tentang tren terkini, entah itu rilis film baru, gosip, atau apa pun itu.

Tidak update dengan tren terkini? Jangan khawatir! Anda bisa bilang kalau Anda tidak terlalu mengikuti topik tersebut sambil mengajak audiens untuk berdiskusi dengan Anda.

menulis caption Instagram

6. Pakai quote dan mention akun lain

Dengan catatan quote dan akun yang di-mention relevan dengan konteks isi konten Anda. Sehingga dengan begitu, orang-orang akan lebih merasa tergugah saat melihat postingan Anda.

Baca Juga  6 Cara Optimalkan Instagram untuk Bisnis e-Commerce Anda
menulis caption Instagram

7. Gunakan teknik storytelling

Walau panjang teks caption disarankan sependek mungkin, namun tak ada salahnya jika dibuat agak lebih panjang. Dengan catatan ada unsur storytelling dalam caption.

Storytelling yang seperti apa?

Menceritakan sebuah peristiwa (relevan dengan foto atau video, tentunya) secara runut dan mengalir. Bisa berupa cerita personal, perumpamaan, atau kisah yang sudah menjadi rahasia umum.

Karena orang-orang akan lebih tertarik dengan teks yang seperti alur cerita.

menulis caption Instagram

Beberapa tools untuk membantumu membuat caption 

Pada intinya, membuat caption tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Caption perlu memenuhi kriteria copywriting yang bagus untuk bisa dikatakan bagus pula. 

Tidak sedikit kesalahan dalam membuat caption, seperti kekeliruan pemilihan kosakata, penggunaan tata bahasa, typo, dan sebagainya.

Pekerjaan Anda akan lebih mudah jika menggunakan tool yang bagus, berikut beberapa rekomendasinya:

  • Situs resmi KBBI dan PUEBI untuk membantu Anda mengkoreksi kata-kata yang digunakan dalam menulis caption.
  • The Copybot dan State Of Writing buat tahu trik-trik khusus dalam membuat caption atau minimal penulisan untuk kebutuhan di media sosial. 
  • Copyhackers dan MakeMention merupakan panduan menulis caption Instagram bagi Anda yang baru mulai belajar.
menulis caption Instagram

Butuh bantuan untuk bikin caption?

Silakan hubungi Increasink! Kami membuka layanan social management untuk membantu mengembangkan bisnis Anda! Sudah lengkap dengan pengelolaan akun, pembuatan konten, strategi social media marketing, sampai pembuatan caption.

Tersedia FREE 1 sesi konsultasi bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan jasa kami. Soal jadwal dan sebagainya, kita bisa bicarakan lebih lanjut.

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.

× Whatsapp Kami