fbpx
logo increasink blog

Mengenal SEO Off Page dan Cara Menerapkannya

February 13, 2022
Mengenal SEO Off Page dan cara menerapkannya

Bagi seorang blogger atau pemilik website pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Search Engine Optimization atau yang biasa disingkat dengan SEO. Penggunaan SEO pada sebuah blog atau website tentu saja untuk meningkatkan traffic dan page ranking di mesin pencari. Seorang blogger atau pemilik website pasti menginginkan blog atau website miliknya muncul di halaman pertama atau setidaknya 5 halaman pertama di mesin pencari bukan? Meningkatkan peringkat halaman di mesin pencari dapat meningkatkan visibilitas website sehingga akan membantu menaikkan traffic, brand awareness, page ranking, dan konversi dari pengunjung menjadi pelanggan.

Untuk melakukan pengoptimalan mesin pencari tersebut biasanya digunakan 2 tipe SEO, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Nah kali ini kami akan membahas mengenai SEO Off Page berikut cara menerapkannya. Mari simak ulasan berikut ini.

Apa itu SEO Off Page?

Mengenal SEO Off Page dan Cara Menerapkannya
Apa itu SEO Off Page │ Dok.Increasink

SEO Off Page merupakan sebuah proses optimalisasi website yang dilakukan oleh webmaster atau pemilik website di luar dari website utama (money site). Pada SEO, istilah off page optimization mengacu pada faktor-faktor yang tidak berhubungan langsung dengan halaman website Anda.

Untuk mencapai penggunaan SEO sesuai keinginan, tidak cukup jika hanya peduli pada website dan branding saja. Anda juga perlu untuk meningkatkan reputasi yang baik sehingga pengunjung calon pelanggan berkeinginan untuk mengunjungi dan mempelajari lebih jauh mengenai website dan bisnis yang Anda jalankan.

Perbedaan SEO Off Page dan SEO On Page

Mengenal SEO Off Page dan Cara Menerapkannya
Perbedaan SEO Off Page dan SEO On Page │ Dok.Increasink

Saat mengevaluasi sebuah situs, mesin pencari akan menilai dari hal-hal mengenai website Anda (on page) dan seberapa populer website Anda (off page). Oleh karena itu, kategori peringkat website Anda pada mesin pencari ditentukan oleh faktor on page dan seberapa tinggi peringkat Anda pada mesin pencari ditentukan oleh faktor off page.

Cara Kerja SEO Off Page

Keduanya sama-sama berfungsi untuk meningkatkan visibilitas website namun keduanya memiliki faktor yang berbeda. Jika pada SEO On Page berhubungan dengan website seperti internal links, konten, dan keywords, maka SEO Off Page berhubungan dengan link building atau back linking.

Optimalisasi mesin pencari dengan cara SEO Off Page dilakukan di luar dari website utama dengan memberikan backlink ke website utama Anda. Jenis backlink yang Anda gunakan bisa dengan dofollow ataupun no-follow link. Jenis backlink yang populer digunakan oleh praktisi SEO di Indonesia maupun di luar negeri PBN (Private Blog Network), cara ini terbukti ampuh untuk mengoptimalisasi sebuah kata kunci.

Baca Juga  Contoh Iklan Produk Baju dari UNIQLO, Pelajari Rahasianya

Terdapat beberapa cara untuk mengoptimalisasi website dengan cara SEO Off Page, seperti dengan blog post, video, review, press release, forum, social network, dan lain sebagainya namun tetap mengedepankan link yang Anda miliki.

Faktor Penting SEO Off Page

Mengenal SEO Off Page dan Cara Menerapkannya
Faktor Penting SEO Off Page │ Dok.Increasink

Terdapat beberapa faktor penting yang mendukung metode SEO Off Page untuk meningkatkan peringkat laman Anda, yaitu sebagai berikut:

1. Inbound Links

Untuk meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencari, biasanya dilakukan dengan melihat seberapa banyak link yang ditujukan ke website Anda. Penggunaan hyperlink yang ditujukan ke website Anda akan dihitung sebagai suara dukungan bagi website tersebut. jadi, semakin banyak link menuju website Anda, maka semakin banyak pula suara dukungan Anda di mata mesin cari. Dan akan lebih baik jika link-link tersebut berasal dari berbagai domain yang berbeda.

2. Anchor Text

Anchor text adalah teks yang dijadikan sebagai hyperlink. Ketika mengaplikasikan SEO Off Page, ada baiknya jika Anda memberikan keyword yang sesuai untuk link tersebut yang akan membantu mesin pencari untuk mengidentifikasi website dan mengetahui keyword yang akan diberi peringkat. Jangan lupa juga untuk memastikan anchor text yang digunakan menggambarkan isi konten dari link yang diberikan. Akan lebih baik jika anchor text yang digunakan bervariasi yang lebih disukai oleh algoritma dari mesin pencari seperti Google, Yahoo!, dll.

3. Kualitas Link

Tidak semua link memiliki nilai yang sama, seperti link dari blog populer nilainya tidak akan sama dengan link dari blog pemula. Penggunaan beberapa link dari website yang terpercaya akan lebih disukai dibandingkan dengan banyak link yang tidak berkualitas.

Baca Juga  Customer Loyalty adalah Kunci Bisnis Terus Berkembang

Website yang biasanya dikategorikan sebagai website terpercaya yaitu website dengan domain .edu atau .gov, authority website yang merupakan website besar yang selalu muncul berdasarkan keyword yang dicari, selain itu juga website yang sudah ada sejak lama dan website yang sesuai dengan topik konten yang dicari. Hyperlink yang berasal dari website-website tersebut merupakan link berkualitas tinggi yang akan membantu SEO Off Page.

4. Kecepatan Link Building

Kecepatan link building juga merupakan salah satu faktor penting dalam penggunaan SEO Off Page. Namun, link building yang terlalu cepat juga akan dianggap tidak wajar oleh mesin pencari yang bisa mengakibatkan website Anda terkena penalti. Mesin pencari dapat mengetahui kecepatan link building yang baik sehingga tidak perlu menggunakan alat otomatis yang menjanjikan ribuan link dalam satu waktu, terlebih jika website Anda masih tergolong baru.

Cara Menerapkan SEO Off Page

Mengenal SEO Off Page dan Cara Menerapkannya
Faktor Penting SEO Off Page │ Dok.Increasink

Setelah mengetahui faktor-faktor penting dalam SEO Off Page, kini saatnya Anda mengetahui cara menerapkan SEO Off Page untuk meningkatkan peringkat website Anda.

1. Backlink Building

Backlink dari situs besar yang terkemuka sangat berguna bagi sebuah website. Tapi bagaimana cara meyakinkan agar pemilik web besar tersebut mau untuk memberikan backlink ke situs Anda? Cobalah strategi berikut ini untuk optimalisasi SEO off page website Anda.

· Bergabung dengan asosiasi, grup atau komunitas. Dapat berupa asosiasi industri atau kamar dagang setempat, dan pastikan website Anda mendapatkan backlink di website asosiasi tersebut.

· Buat konten yang berkualitas. Dengan membuat postingan blog, infografis, video ataupun konten lainnya yang berkualitas adalah cara terbaik untuk meningkatkan klik dan tautan alami ke situs Anda. Pada dasarnya orang akan mengunjungi website yang memiliki konten menarik.

Baca Juga  Stealth Marketing, Sembunyi-Sembunyi tapi Menjangkau Alam Bawah Sadar Konsumen

· Reach out. Anda dapat menghubungi wartawan dan blogger dan meminta mereka untuk mem-posting sesuatu yang Anda buat dan meminta peluang untuk mendapatkan backlink ke website Anda.

· Bagikan ke sosial media. Promosikan konten yang Anda buat di media sosial, konten yang menarik dan berikan tagar yang relevan agar dapat menarik pengguna untuk melakukan klik pada link yang Anda bagikan.

2. Menulis untuk publikasi

Tulislah sesuatu untuk publikasi eksternal, ini cara yang bagus untuk menunjukkan bahwa Anda memiliki otoritas dalam industri Anda sembari mempromosikan layanan bisnis Anda sendiri. Publisitas akan memberi Anda potensi besar untuk pelanggan yang sebelumnya mungkin belum pernah mendengar tentang Anda sehingga dapat memberi portofolio penulisan yang dapat Anda tunjukkan kepada developer lain untuk mulai menuliskan konten untuk mereka.

3. Social Bookmarking

Dengan mengikuti berbagai forum media sosial seperti Reddit, StumbleUpon, Tumblr, dll lau mengirimkan konten dari website Anda ke situs-situs tersebut dapat membuat Anda bisa meraih lebih banyak pelanggan dalam demografi spesifik seperti yang Anda targetkan. Tawarkan nilai aktual dengan konten yang berkualitas.

4. Local SEO

Dengan meningkatkannya pengguna ponsel pintar dengan koneksi internet yang semakin baik, membuat metode Local SEO semakin populer. Local SEO berfokus untuk memberikan hasil yang berkaitan berdasarkan lokasi pengguna pada saat itu. Anda dapat menggunakan Google Places for Business Page untuk mendapatkan manfaat dari Local SEO, cara ini cukup ampuh mengingat pernyataan yang dibuat oleh Google bahwa 95% pengguna ponsel mencari informasi lokal melalui ponsel mereka.

SEO Off Page sangat penting untuk meningkatkan popularitas dan reputasi dari website Anda. Oleh karena itu perlu SEO Off Page sangat perlu untuk diterapkan. Disamping itu, penerapan SEO Off Page tentu saja harus diimbangi dengan penggunaan SEO On Page dengan baik. Jika kedua metode optimalisasi ini dilakukan dengan baik maka peningkatan website Anda pada mesin pencari pun akan semakin naik.

Demikian artikel mengenai Seo Off Page dan cara menerapkannya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.

× Whatsapp Kami