Mengenal Facebook Marketplace dan Cara Berjualan di Dalamnya

February 13, 2022

Facebook menjadi salah satu raksasa sosial media yang paling banyak digunakan saat ini. Platform sosial media yang identik dengan logo huruf “F” dan warna birunya ini memang sudah sejak lama memiliki ratusan juta pengguna bahkan hingga miliaran. Tak heran, jika Facebook kini dijadikan platform yang tak hanya untuk berkomunikasi jarak jauh dan menambah teman, namun juga untuk berbisnis atau berjualan.

Jumlah pengguna aktif tiap bulannya yang cukup banyak tersebut, membuat Facebook menjadi salah satu platform sosial media paling potensial untuk menawarkan sebuah produk. Ditambah pada tahun 2018 silam, Facebook telah meluncurkan fitur baru yakni Facebook Marketplace. Di mana pada fitur tersebut, Anda bisa memasang produk yang akan dijual dan nantinya bisa dilihat oleh banyak orang.

Lantas, bagaimana cara menjual produk di Facebook Marketplace? Bagi sebagian orang fitur ini mungkin terdengar asing dan sulit untuk digunakan. Padahal, tidak demikian. Nah, berikut kami akan mengajarkan Anda cara menjual produk dalam Facebook Marketplace.

Cara Menjual Produk di Facebook Marketplace

1. Login Facebook terlebih dahulu

Untuk menggunakan fitur Facebook Marketplace, Anda harus memiliki akun Facebook. Fitur ini tidak bisa digunakan tanpa Anda berkontribusi akun di dalamnya. Maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan login ke akun Facebook Anda terlebih dahulu.

Facebook Marketplace bisa diakses lewat perangkat apapun. Mulai dari smartphone hingga PC sekali pun.

2. Klik ikon Marketplace

Jika Anda menggunakan Facebook App lewat smartphone, maka dari beranda Anda bisa melihat ikon toko atau warung sesaat setelah melakukan login. Nah, klik ikon tersebut dan Anda akan diarahkan pada halaman marketplace. Di sana Anda bisa melihat begitu banyak produk yang ditawarkan dan ada di sekitar Anda.

Terdapat berbagai macam kategori pencarian juga untuk memudahkan Anda jika membutuhkan sebuah produk sewaktu-waktu. Namun, karena kali ini kita sedang membahas cara berjualan di Facebook Marketplace maka langkah yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mengklik ikon berbentuk orang yang tertera di sana. Anda akan diarahkan pada tampilan dasbor pelapak.

Di sana Anda akan melihat tulisan “Penawaran Anda”, klik menu tersebut dan Anda bisa langsung menemukan tools “Buat Tawaran Baru”. Tools inilah yang nantinya digunakan untuk memasang produk yang akan Anda jual.

Nah, jika Anda mengakses Facebook lewat PC atau Laptop. Maka setelah login pada menu beranda, Anda bisa melihat navigasi bagian kiri terdapat ikon Marketplace di sana. Klik menu tersebut atau dengan mengunjungi link berikut facebook.com/marketplace.

Sedikit berbeda jika Anda membukanya lewat aplikasi pada smartphone. Pada Facebook versi dekstop ini, Anda bisa melihat tulisan “Jual Sesuatu” saat mengakses Facebook Marketplace pertama kali. Klik button tersebut dan Anda akan diarahkan untuk memilih kategori produk yang Anda jual. Mulai dari barang-barang biasa, kendaraan hingga properti.

3. Pasang deskripsi mengenai produk

Nah, setelah memilih kategori produk yang akan Anda jual. Anda bisa mulai mengisi informasi mengenai produk yang akan Anda jual hingga mengunggah foto-foto yang menarik minat pelanggan.

Ada begitu banyak pilihan kategori yang bisa disesuaikan dengan produk Anda. Mulai dari kecantikan, alat musik, kebutuhan binatang peliharaan, kesehatan, game dan masih banyak lagi lainnya. Pilihlah kategori yang paling sesuai dengan produk Anda. Jangan asal-asaan, karena hal ini nantinya berkaitan dengan segmen pasar yang dituju.

Selanjutnya, Anda juga harus memasukkan nama produk yang dijual. Usahakan untuk mencantumkan tipe atau jenis produk agar konsumen yang melihat bisa mengetahuinya lebih mudah. Misalnya, jika Anda menjual ponsel Xiaomi dengan tipe Redmi Note 9.

Jangan lupa juga untuk memasang harga yang sesuai, ya. Harga yang tercantum akan memudahkan pelanggan mengerti apakah produk tersebut affordable untuk kantong mereka. Tak lupa juga harus memperhatikan lokasi yang digunakan. Tentunya Anda harus menyesuaikan dengan lokasi Anda sendiri.

4. Unggah hingga 10 foto produk

Setelah seluruh informasi keterangan produk telah Anda isi. Maka selanjutnya, Anda juga harus mengunggah foto-foto produk yang sesuai. Pastikan Anda menggunakan foto yang menarik agar orang yang melihatnya tertarik untuk membeli produk tersebut.

Jika produk yang Anda jual memiliki banyak varian. Maka pastikan Anda juga mengunggah berbagai foto dari masing-masing varian tersebut. Ini memudahkan pelanggan untuk mengetahui produk apa saja yang sebenarnya Anda jual.

5. Klik “Lanjutkan”

Jika seluruh foto telah diunggah dengan baik, maka Anda bisa melanjutkan ke step selanjutnya. Pada langkah ini, Anda akan diarahkan pada tampilan lokasi yang ingin Anda gunakan untuk memposting produk tersebut. Anda bisa memilih berbagai macam grup yang sudah Anda masuki.

Sebaiknya, pasarkan produk Anda tersebut dengan menyesuaikan kategori grup. Misalnya, jika Anda menjual produk makanan, maka akan lebih baik jika Anda bergabung pada grup-grup masakan, camilan dan sejenisnya. Ini akan memudahkan Anda menjangkau pangsa pasar yang lebih akurat.

6. Kik “Terbitkan”

Setelah semuanya sudah selesai, Anda hanya perlu mengklik tombol “Terbitkan” yang tertera di sana. Maka produk Anda pun sudah berhasil terbit di beberapa grup hingga ke forum Facebook Marketplace yang bisa diakses oleh lebih banyak orang. Dengan demikian, Anda hanya perlu menunggu apabila terdapat orang yang tertarik pada produk Anda tersebut dan mereka akan segera menghubungi Anda.

Manfaat Facebook Marketplace bagi Penjual

Fitur Facebook Marketplace ini bisa dibilang sangat membantu terutama bagi para pelaku usaha lokal. Ia memudahkan siapapun untuk menjual produknya dan mengenalkannya pada orang-orang yang berada di sekitar daerah atau lingkungan tersebut.

Selain itu, terdapat manfaat lain dari penggunaan Facebook Marketplace. Terutama dari sisi penjual produk. Apa saja itu? Berikut beberapa di antaranya.

1. Media promosi yang gratis

Yup, Anda bisa memasang produk di Facebook Marketplace tanpa harus membayar uang sepeser pun. Sehingga fitur dari Facebook yang satu ini bisa dibilang sangatlah membantu terutama bagi para pelaku usaha yang tak memiliki budget banyak untuk mempromosikan produknya.

Lewat memasang produk di Facebook Marketplace, siapapun bisa melihatnya dan melakukan pembelian tanpa harus berteman dengan akun Facebook milik Anda. Menarik, kan?

2. Lebih praktis dan efisien

Seringkali ditemukan orang-orang berjualan produk dengan melakukan spamming. Atau mengunggah banyak konten di beberapa grup sekaligus. Selain dapat menyebabkan akun Facebook Anda terblokir dari aktivitas posting di grup. Hal ini juga akan membuat produk Anda tidak menjangkau audiens secara maksimal.

Nah, dengan Facebook Marketplace, Anda bisa memposting ke beberapa grup sekaligus dalam sekali klik. Ini tentu lebih menghemat waktu dan praktis untuk dilakukan. Anda tak perlu repot-repot melakukan copy paste dari satu grup ke grup yang lain.

3. Menjangkau pasar yang lebih luas

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, produk yang dipasarkan dalam Facebook Marketplace dapat muncul di timeline siapapun. Termasuk jika orang itu bukan teman Anda di Facebook.

Nah, dengan demikian, Facebook Marketplace memungkinkan Anda menjangkau lebih banyak audiens. Sehingga peluang terjadinya konversi penjualan akan lebih besar. Hal ini bisa terjadi jika Anda memasang produk dengan keterangan yang jelas serta foto yang ciamik. Usahakan jangan mengunggah foto yang berkualitas buruk karena dapat mempengaruhi penilaian konsumen terhadap produk yang Anda jual.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai Facebook Marketplace sekaligus cara berjualan di dalamnya. Tertarik untuk mencoba memasarkan produk Anda dalam platform ini? Selamat mencoba!

Share:

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!