Mengenal Digital Branding dan Cara Menerapkannya untuk Bisnis Anda

February 13, 2022

Berkembangnya teknologi informasi baru, berbagai gawai canggih, dan koneksi internet membuat manusia berada pada era digital. Sebagian besar dari masyarakat dapat bergabung dan terlibat dengan dunia yang lebih besar dan beragam dengan internet. Dari sisi bisnis, internet sebagai media komunikasi dapat memberikan banyak keuntungan kepada para penggunanya. Jika Anda seorang pengusaha, penting bagi Anda untuk memanfaatkan internet guna melakukan branding bisnis Anda. Penggunaan internet untuk kegiatan branding inilah yang disebut digital branding.

Apa itu Digital Branding?

Branding merupakan salah satu dari sekian hal primer yang harus di bangun oleh sebuah perusahaan, terlebih di era global seperti saat ini. Batasan-batasan ruang dan waktu yang hilang menyebabkan persaingan usaha semakin ketat. Terdapat banyak sekali perusahaan luar negeri yang dapat berdiri bahkan memiliki kiprah baik di Indonesia. Persaingan bisnis yang semakin ketat itulah yang kemudian memaksa Anda sebagai pelaku usaha untuk membangun dan memelihara brand usaha Anda. Brand yang kuat dapat menjadi salah satu pondasi bisnis Anda, sehingga banyaknya kompetitor yang bermunculan tidak akan menggoyahkan bisnis Anda.

Branding adalah nama, istilah, simbol, desain, atau kombinasi dari seluruh komponen tersebut yang ditujukan untuk mempersepsikan suatu produk barang atau jasa agar berbeda dari produk kompetitor. Semakin hari, definisi branding semakin meluas. Salah satu definisi branding yang relevan adalah sebagai serangkaian proses komunikasi yang dilakukan perusahaan untuk membangun dan membesarkan brand. Branding bagi perusahaan tidak hanya sekedar merek atau produk dikenal, lebih jauh dari itu, branding juga difungsikan sebagai image atau citra perusahaan secara menyeluruh. Sehingga branding  berarti bagaimana cara untuk membuat masyarakat memiliki persepsi bahwa perusahaan Anda adalah yang terbaik di bidangnya.

Saat Anda melakukan branding, Anda dapat mengajukan beberapa pertanyaan di bawah ini untuk diri Anda sendiri. Hal ini bertujuan agar Anda selaku pemilik bisnis benar-benar memahami apa yang perlu Anda lakukan untuk melakukan branding. Pertanyaan-pertanyaannya antara lain:

· Apa bisnis Anda?

· Apa yang membuat bisnis Anda spesial?

· Apa misi dan value bisnis Anda?

· Siapa target pasar Anda?

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa membangun brand adalah komponen pertama dan utama yang perlu Anda lakukan ketika Anda memulai bisnis.

Digital branding berarti cara Anda mendesain dan membangun brand Anda secara online. Anda dapat melakukannya dengan memanfaatkan website, aplikasi, dan media sosial. Digital branding adalah salah satu metode paling relevan untuk menyampaikan keunikan, tujuan, misi, dan value produk Anda. Digital branding juga dapat difungsikan sebagai media untuk membangun koneksi dengan konsumen. Digital branding memungkinkan bisnis Anda akan lebih dikenal di ruang digital dan nantinya akan membantu Anda menjalankan strategi pemasaran.

Mengapa Digital Branding?

Kini Anda sudah memahami bahwa branding adalah salah satu poin penting untuk membangun dan mengembangkan usaha Anda. Ditambah dengan kemajuan teknologi yang pesat, digital branding dapat menjadi pilihan utama Anda dalam melakukan branding. Berikut ini adalah alasan mengapa Anda harus melakukan digital branding:

1. Digital branding dapat meningkatkan awareness masyarakat

Meningkatkan awareness calon konsumen terhadap produk Anda dapat dilakukan dengan digital branding. Brand awareness adalah tentang efisiensi dan efektivitas agar konsumen dapat mengenali atau mengingat sebuah merek, termasuk, nama, desain, gambar, logo, simbol, serta jargon atau slogan tertentu yang digunakan sebuah brand dalam mempromosikan produknya. Ketika awareness masyarakat meningkat, perusahaan Anda akan mendapatkan keuntungan berupa materi dan kepercayaan publik.

2. Digital branding adalah sarana pemasaran yang efisien

Dahulu, branding dilakukan melalui metode konvensional. Branding pada zaman dahulu memanfaatkan billboard, edaran seperti brosur, dan surat kabar. Sebelum era digital, cara tersebut cukup ampun untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat. Kini, branding dilakukan secara online mengingat semakin banyak pengguna internet. Sehingga hal tersebut akan sangat efektif untuk mendapatkan calon pelanggan serta dapat menekan pengeluaran perusahaan.

3. Digital branding memudahkan Anda menemukan calon pelanggan baru

Internet saat ini menjadi tempat utama dimana calon konsumen dapat mencari tahu informasi brand atau produk tertentu sebelum membeli suatu produk. Anda dapat memanfaatkan behavior ini untuk mengambil peluang menjalin hubungan dengan calon pelanggan Anda.

4. Digital brading membantu mewujudkan jaringan bisnis yang potensial

Jejaring atau networking merupakan salah satu hal yang diperlukan dalam bisnis guna memperluas jangkauan usaha Anda. Networking dapat dibangun dengan mudah dan luas jika dilakukan via internet.

Bagaimana Menerapkan Digital Branding untuk Bisnis?

Inti dari digital branding adalah tentang identitas, visibilitas, dan kredibilitas bisnis Anda dibandingkan dengan kompetitor. Tiga hal tersebut harus Anda penuhi untuk dapat membangun relasi yang bermakna dengan target pasar Anda. Berikut penjelasan dari ketiga hal tersebut:

1. Identitas

Di era digital, tidak cukup bagi sebuah brand untuk sekedar menyampaikan pesan kemudian berharap pasar mempercayainya. Hal tersebut mungkin akan bekerja pada traditional branding, namun tidak pada digital branding. Dalam digital branding, Anda harus mengkomunikasikan tujuan, misi, keunikan, dan value brand Anda kepada target pasar. Hal tersebut dapat dilakukan dengan strategi content marketing dan memanfaatkan media sosial

2. Visibilitas

Perusahaan Anda harus dapat hadir di semua channel untuk memungkinkan calon pelanggan dapat berinteraksi dengan Anda. Mulai dari website, hasil pencarian teratas, media sosial, hingga di situs yang biasa memberi ulasan. Anda dapat memprioritaskan dan mengontrol konten khusus pada website dan media sosial perusahaan Anda. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan iklan sebagai media penunjang visibilitas bisnis Anda.

3. Kredibilitas

Hasil pencarian teratas di mesin pencari dapat meningkatkan kredibilitas Anda. Hal tersebut disebabkan banyak orang percaya bahwa brand yang berada dalam posisi teratas di hasil pencarian merupakan brand yang sangat kredibel. Kelola dan pelihara transparansi dan kepercayaan publik, dengan begitu kredibilitas perusahaan Anda akan meningkat dengan sendirinya.

Setelah mengetahui prinsip digital branding, Anda dapat mulai menjalankannya dengan cara di bawah ini:

1. Logo

Perhatikan font, desain, gaya gambar, ukuran, dan warna. Pilih komponen yang cocok dengan karakter, value serta industri dan target Anda. Membuat logo adalah langkah awal penting untuk menjalankan digital branding yang sukses.

2. Website

Perhatikan nama domain, hosting, dan desain web. Buat website yang komplit yang memuat semua informasi brand Anda. Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan apakah desainnya ramah di mata, apakah user friendly atau tidak.

3. Search Engine Optimization

Pastikan brand Anda dapat dengan mudah ditemukan oleh mesin pencari. Gunakan tools seperti Ahrefs, Ubersuggest, atau Keyword Tool untuk membantu Anda menemukan rekomendasi kata kunci untuk konten artikel Anda. Anda juga dapat menggunakan potongan teks yang menggambarkan isi halaman dengan meta tag.

4. Email Marketing

Tulis email dengan gaya bahasa yang baik dan menyenangkan yang sesuai dengan image brand yang Anda miliki. Sertakan foto, video, dan informasi bermanfaat dan tujukan pada segmen pelanggan yang spesifik.

Demikian penjelasan tentang digital branding dan cara menerapkannya untuk bisnis Anda. Anda dapat langsung mempraktekkannya pada usaha Anda. Untuk memulainya, maksimalkan beberapa cara terlebih dahulu seperti mulai dari membuat logo atau memanfaatkan media sosial. Tidak kalah penting juga bahwa Anda harus memegang hal-hal prinsip tentang digital branding.

Share:

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!