fbpx
logo increasink blog

Mau Produk Cepat Laku? Coba Pakai Strategi Marketing Mix 4P!

December 8, 2022
Mau Produk Cepat Laku? Coba Pakai Strategi Marketing Mix 4P!

Ini serius. Strategi marketing mix 4P memang benar bisa membantu produk Anda cepat laku.

Pertanyaannya: kenapa bisa begitu?

Berangkat dari definisi marketing mix 4P sendiri…

marketing mix 4p
Marketing mix 4p @My Tech Blog

Strategi pemasaran ini, pada dasarnya, menjadikan empat komponen “P” sebagai referensi dasar melakukan pemasaran. 

Jadi, mudahnya, empat komponen seperti product, price, place, dan promotion menjadi patokan dalam menyusun strategi pemasaran. Supaya konsumen bisa tertarik dan menyadari kehadiran produk Anda. Sesederhana itu.

Misal, katakanlah bisnis Anda bergerak di bidang fesyen muslimah. 

Seperti kita tahu, bidang ini persaingannya cukup tinggi. Pemainnya sudah banyak. Salah memasang strategi saja, bisa-bisa kehadiran merek Anda tidak dirasakan sama sekali oleh konsumen.

Untuk itu, Anda dan tim tentu perlu mengambil langkah cerdas. Salah satunya, mungkin, memasang harga lebih rendah dari kompetitor untuk sementara waktu. Baru, setelah merek sudah mendapatkan nama, harga perlahan-lahan dinaikkan.

Kalau sudah seperti ini, konsumen akan mulai tertarik dengan produk kita, bukan?

Nah, ini merupakan salah satu contoh dari strategi marketing mix 4P khusus di aspek price-nya.

Sekarang Anda sudah terbayang ya strategi marketing mix 4P itu seperti apa.

Kira-kira, apa manfaat dari marketing mix 4P?

Apa manfaat dari marketing mix 4P? @Appier
Apa manfaat dari marketing mix 4P? @Appier

Seperti tadi sudah dikatakan: marketing mix 4P bermanfaat untuk penjualan Anda.

Jadi, dengan menerapkan strategi ini, penjualan Anda bisa lebih sukses dari sebelumnya.

Tetapi ya itu hanya gambaran kasarnya saja. Alias, tujuan akhirnya.

Baca Juga  Cara Membuat Marketing Campaign yang Baik & Benar, Step by Step

Pertama-tama, tentu Anda dan tim jadi memahami apa yang menjadi keunggulan dari produk atau layanan Anda. Apa yang sekiranya bisa ditawarkan kepada konsumen Anda.

Coba bayangkan jika kalian tidak menerapkan strategi ini. Apakah ada jaminan kalau kalian dapat memahami produk seutuhnya? Kalaupun bisa, mungkin cukup struggling dan produk masih terkesan abstrak.

Sekarang, bayangkan sebaliknya. Kalian menerapkan strategi ini dalam kegiatan pemasaran kalian. 

Pertama-tama, tadi, kalian paham seperti apa produk kalian. Kalian buat daftar lengkapnya. Brainstorming ulang hingga akhirnya yakin.

Sesudah itu, kalian buatlah rencana penawaran produknya akan seperti apa. Mulai dari A-Z. Memperhitungkan keuntungan beserta risikonya juga di masa depan. 

Langkah kalian jadi jauh lebih konkret daripada sebelum menerapkan strategi marketing mix 4P.

Jadi…? Masih ragu menggunakan strategi pemasaran satu ini?

Strategi marketing mix 4P untuk masing-masing variabelnya

Meski tadi sudah disebutkan salah satu contoh dari strategi marketing mix 4P, akan lebih baik kalau Anda mengetahui bagaimana penerapannya secara spesifik untuk masing-masing variabelnya.

Berikut penjelasannya.

1. Product 

Pertama, produk.

Produk merupakan unsur pertama dan terpenting dari marketing mix 4P.

Tidak mungkin suatu kegiatan pemasaran terjadi bilamana produknya belum ready. Anda pun tahu itu.

Namun masalahnya, tidak sedikit dari kita belum memahami definisi produk dengan baik. Bahwa produk hanyalah yang berwujud dan dapat dilihat saja. Tidak lebih dari itu.

Padahal, definisi produk mencakup apa yang tidak terlihat juga. Menyangkut apa yang dirasakan oleh target konsumen terhadapnya. Menyangkut apa ekspektasi konsumen ketika menggunakannya sehari-hari.

Itu artinya, Anda dan tim tidak boleh cepat berpuas diri bilamana produk kalian sudah banyak yang terjual. Kalian harus berani keluar dari zona nyaman dan melihat produk dari perspektif baru.

Baca Juga  Leads adalah 'Ujung Tombak' dari Bisnis Kita, Cari Tahu Kenapa!

Bagaimana caranya agar konsumen merasa semakin puas dengan produk-produk kita? Bagaimana caranya agar hanya produk kita yang diingat pertama kali, ketika membahas topik-topik tertentu?

Silakan ajukan pertanyaan itu, kemudian susunlah strategi marketing mix 4P dari segi produk.

Apakah perlu melakukan brand extension (meluncurkan produk baru)? Atau cukup melakukan line extension (memperkenalkan item tambahan dalam kategori produk tertentu)?

Diskusikan dengan tim, sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kalian saat ini. Untuk pembahasan mengenai brand extension & line extension secara spesifik akan kami bahas di lain waktu.

2. Price

Untuk price (harga) tadi kami sudah sebutkan contohnya, dan mungkin Anda juga sudah mendapat bayangannya seperti apa. Jadi, kami akan jelaskan sedikit saja.

Pada intinya, price memang bisa dijadikan bahan untuk promosi produk. Bisa untuk menarik minat konsumen untuk membeli.

Kalau tadi contohnya adalah menurunkan harga, sebenarnya kita pun bisa tetap menjaga harganya tinggi. 

Kenapa begitu? Karena kalau harganya tinggi, ada kesan kalau produk memanglah berkualitas dan hanya bisa dimiliki secara eksklusif.

Jadi, bisa dibilang strategi price ini cukup tricky. Harus disesuaikan dengan entitas dari merek Anda, tujuan dari promosi Anda, serta budget perusahaan.

Bagaimana? Sekarang sudah semakin jelas ya untuk strategi price?

3. Place

Berikutnya, place (tempat).

Jangan salah, pemilihan tempat juga sangat berpengaruh terhadap penjualan Anda.

Apakah lokasinya sudah strategis — di tengah kota, misalnya? Atau malah di tempat yang jarang dilewati oleh target konsumen? Atau ternyata tempatnya tidak mendukung untuk berjualan sama sekali?

Kira-kira seperti itulah gambarannya.

Untuk menerapkan strategi ini, sekiranya Anda dan tim harus memerhatikan beberapa hal, yaitu:

  • Jenis lokasi
  • Distribusi pengolahan produk di dalam bangunan
  • Alur logistik produk nantinya (apakah menyulitkan sopir atau tidak)
  • Bagaimana kompetitor memilih tempat
Baca Juga  Buzz Marketing, Strategi Ampuh Menyita Perhatian Konsumen

4. Promotion

Kata pemasaran memang tidak bisa lepas dari promosi. Karena memang promosi bertujuan untuk menyukseskan pemasaran, dengan meningkatkan kesadaran merek sekaligus mempercepat closing

Kalau untuk soal ini, kami yakin Anda sudah paham betul. Contohnya sudah banyak di mana-mana. Baik itu dalam bentuk digital maupun non-digital.

Tinggal perhatikan beberapa hal saja ketika menyusun strateginya. Seperti misalnya, waktu mengeksekusi promosi, media yang mau digunakan, dan bagaimana kompetitor melakukan promosinya.

Sesederhana itu.

Itulah sedikit penjelasan mengenai strategi marketing mix 4P. Konsep ini, pada dasarnya, memang sudah kita temukan di mana-mana. Tetapi, dengan memahaminya, kita jadi tahu rujukan untuk menyusun dan mengeksekusi strategi pemasaran kita.

Artikel ini bermanfaat? Coba kunjungi laman ini untuk membaca artikel-artikel Increasink lainnya!

Dapatkan notifikasi tentang artikel-artikel terbaru kami dengan cara berlangganan dengan Increasink.co.id.

Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.

× Whatsapp Kami