fbpx
logo increasink blog

Leads adalah ‘Ujung Tombak’ dari Bisnis Kita, Cari Tahu Kenapa!

September 29, 2022
Leads Adalah

Leads adalah ujung tombak dari bisnis? Memang, apa landasannya mengatakan seperti itu? Ada buktinya kalau leads segitu bermanfaatnya bagi bisnis?

Betul, Anda tidak salah baca: leads adalah kunci utama dari mendongkraknya penjualan Anda!

Karena leads adalah…

Leads adalah mereka yang tertarik dengan penawaran kita

Mereka yang menunjukkan ketertarikannya dengan produk atau layanan Anda, dan berpotensi membesar menjadi konsumen Anda.

Pertanyaannya: bagaimana cara kita tahu ada orang-orang seperti ini? 

Jawabannya: mudah saja, kita tinggal mengatur agar mereka mau meninggalkan “jejak ketertarikan” mereka.

Contoh leads adalah…

contoh leads adalah

Sederhananya begini.

Mungkin Anda pernah melihat iklan bootcamp di Instagram.

Saat menekan tombol “Selengkapnya” atau sebagainya, Anda akan diarahkan ke suatu halaman tertentu, bukan?

Di halaman tersebut, mungkin Anda diberikan penawaran untuk mengikuti versi berbayar atau gratis.

Jika memilih yang gratis, Anda akan diminta untuk mengisi data diri, untuk kemudian mereka kirimkan pemberitahuan lebih lanjut melalui email.

Tanpa disadari, sebenarnya Anda di sini sudah menjadi leads bagi mereka yang menawarkan program bootcamp tadi. 

Kenapa begitu? Karena Anda sudah meninggalkan “jejak ketertarikan” dengan mengisi data diri di halaman tadi.

Dengan demikian, perusahaan, setelah itu, bisa memberikan penawaran lebih lanjut melalui email-email berikutnya. Anda pun tidak akan merasa keberatan dengan tindakan mereka karena memang sudah tertarik dengan penawaran mereka.

Baca Juga  Purchase Intention adalah Senjata Terbaik Bisnis

Jadi, bagaimana? Sekarang Anda paham ya leads adalah yang seperti apa.

Namun begitu, Anda perlu tahu bahwa setiap leads memiliki behaviour-nya masing-masing. Pendekatannya tidak bisa dipukul sama rata.

Maksudnya begini. Contoh kami tadi memang terkesan sederhana dan mudah dipraktikkan.

Namun pada kenyataannya, untuk mendapatkan leads, kita harus menyesuaikan dengan siapa leads kita.

Kita ambil contoh iklan bootcamp tadi.

Katakanlah Anda orangnya antiribet dan inginnya serba cepat.

Jika menemukan alur pendaftaran program seperti tadi, apa Anda masih tetap berminat untuk mendaftarkan diri? Tentu tidak kan? Anda akan merasa malas untuk melanjutkannya.

Kira-kira gambaran leads adalah seperti itu.

Macam-macam leads adalah sebagai berikut…

1. Marketing qualified leads

Marketing Qualified Leads

Mereka yang sekadar mengetahui apa penawaran Anda. Jadi di sini, intent mereka baru sampai memberikan data dan kontak pribadi.

2. Sales qualified leads

Sales qualified leads

Mereka yang sudah mencari tahu lebih lanjut tentang produk Anda. Bahkan, bisa dibilang siap untuk melakukan tindakan pembelian.

3. Product/service qualified leads

Product/service qualified leads

Mereka yang tertarik untuk mencoba menggunakan produk dalam penawaran Anda. Biasanya mereka bakal mencoba versi gratis terlebih dahulu, sama seperti contoh program bootcamp tadi.

Baru setelah itu, mereka putuskan apakah lanjut membeli produk dengan harga normal atau tidak.

Pertanyaannya: apakah leads, dalam praktiknya, memang sesederhana itu? Atau ternyata ada hal yang perlu diperhatikan?

Jawabannya: sayangnya, tidak.

Setelah mengetahui alur dan leads adalah siapanya Anda, Anda perlu memikirkan dan menyusun strategi yang tepat.

Untuk apa? Untuk membuat calon leads Anda tertarik dengan penawaran dari awal sampai akhir.

Coba bayangkan begini. Jika konten iklan bootcamp tadi kurang menarik, apakah Anda akan tertarik dengan penawaran mereka?

Baca Juga  Kenapa Konsumen Mau Membeli Produk Anda?

Atau, halaman leads ternyata yang kurang menarik penampilannya. Apakah Anda benar jadi mendaftarkan diri Anda dalam program bootcamp tersebut?

Jadi, tugas berikutnya, Anda harus tahu bagaimana cara mendatangkan leads yang tepat dan efektif.

Bagaimana cara mendatangkan leads?

Bagaimana cara mendatangkan leads?

1. Buat landing pages

Apa itu landing pages? Itu adalah halaman di mana target leads mendaftarkan diri dengan mengisi formulir, seperti contoh pada program bootcamp tadi.

Sederhananya seperti itu.

2. Share ebook eksklusif

Semua orang suka sesuatu yang berbau eksklusif dan itu bisa didapatkan secara cuma-cuma. Begitu juga dengan target leads Anda.

Jadi, Anda tahu apa yang harus Anda lakukan?

Buat ebook eksklusif, dimana mungkin topiknya sudah dibahas dalam berbagai konten Anda, tetapi tidak selengkap di ebook eksklusif Anda.

Jadi nanti, di setiap akhir konten, Anda bisa memberikan penawaran untuk mendapatkan ebook eksklusif.

Dengan catatan, target leads Anda harus subscribe email atau mengisi data diri di landing pages, misalnya.

Cara ini cukup efektif untuk mendapatkan leads sekaligus memetakan ulang siapa target audiens Anda sebenarnya.

3. Maksimalkan penggunaan media sosial

Media sosial cukup ampuh untuk mempromosikan bisnis Anda, dengan cara membuat konten-konten berkualitas yang dibutuhkan oleh target audiens, tentunya.

4. Sediakan opsi subscribe channel

Caranya, iming-imingi target leads Anda, kalau mereka baru bisa mendapatkan penawaran menarik atau konten-konten berkualitas, setelah subscribe email Anda.

Kenapa harus menggunakan email? Karena kanal ini cukup efektif untuk mendapatkan banyak leads. Apalagi, orang-orang suka membaca email penawaran dengan gaya bahasa seperti berbicara dengan teman.

5. Adakan webinar

Jangan salah, webinar juga bisa digunakan untuk menjaring leads! 

Tetapi, dengan catatan Anda bersama tim sudah mengaturnya sedemikian rupa. 

Baca Juga  Apakah Mengubah Logo Menguntungkan Bisnis? Belajar dari Kasus Ancol!

Bagaimana agar pematerian menggiring target audiens untuk mau mengikuti webinar-webinar berikutnya.

Bagaimana nanti target audiens tertarik untuk membeli produk atau layanan kita setelah beberapa kali mengikuti webinar mereka.

Bagaimana? Sudah terbayang, ya?

Sukseskan digital marketing Anda

Sekarang Anda sudah tahu leads adalah seperti apa, ya.

Dengan memahami leads adalah seperti apa, Anda akhirnya akan memahami, bagaimana cara menyusun strategi digital marketing yang tepat. Jadi, tidak sekadar membuat konten berkualitas saja.

Meski memang tampaknya tidak mudah untuk dipelajari, tetapi setidaknya Anda dan tim akan dimudahkan dalam menerapkan strategi digital marketing.

Atau…Anda maunya cepat? Tidak mau memusingkan soal leads?

Tenang saja! Anda bisa serahkan soal ini kepada Increasink! Karena kami kebetulan membuka layanan digital marketing yang seperti ini!

Increasink merupakan digital agency yang bergerak di bidang branding dan digital marketing. Kami memiliki track records bekerja sama dengan puluhan bisnis perorangan maupun perusahaan.

Silakan hubungi nomor di laman ini jika Anda berminat! Kami akan melayani kebutuhan Anda secara maksimal!

Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.