fbpx
logo increasink blog

Kenapa Konsumen Mau Membeli Produk Anda?

September 1, 2022

Pada kenyataannya, apa yang konsumen beli dari Anda adalah produk Anda. Bukan produk Anda seutuhnya.

Hah? Ini tidak salah baca?

Tidak, Anda tidak salah baca.

Seberapa kuat story dalam menghubungkan merek Anda dengan konsumen

Sudahkah Anda terhubung dengan konsumen?

Orang-orang membeli produk Anda karena story dari merek atau produk itu sendiri. Karena story membangkitkan emosi, kebutuhan akan sensasi, dan hasrat terpendam orang-orang. 

Hati kita secara tidak langsung akan merasa terkoneksi dan punya hubungan mendalam dengan produk melalui story yang ada. Merasa terhubung secara batiniah.

Selayaknya kita saat menjalin hubungan pertemanan. Kita merasa lebih cepat akrab dengan mereka yang memahami dan mau membantu memenuhi kebutuhan batiniah kita. Mereka yang memenuhi ekspektasi kita tentang teman itu seharusnya seperti apa.

Mau bagaimanapun juga, tidak ada dari kita yang suka diperlakukan seperti ‘benda hidup’ atau bahkan ‘produk’. Yang dibuang atau tidak digunakan lagi ketika dianggap sudah tidak ada nilai dan kebermanfaatannya.

Konsumen kita memiliki perasaan.

Mau Anda menjual makanan ikan, jasa penitipan kucing, tetap saja yang membelinya adalah konsumen Anda. Ada suatu rasa yang ingin mereka capai dengan membeli produk Anda, entah itu senang ataupun merasa aman karena binatang mereka tidak akan kenapa-kenapa.

Embel-embel “pelayanan terbaik”, “harga menjual”, “pengerjaan profesional” itu tidak menarik lagi bagi sebagian besar konsumen kita. Pahit-pahitnya, mereka tidak terlalu membutuhkan hal itu lagi.

Karena itu juga dikatakan oleh merek-merek lain dan kompetitor Anda.

Konsumen kita membutuhkan sesuatu yang spektakuler. Sesuatu yang beda. Sesuatu yang stand out dari produk Anda. 

Baca Juga  Brand Positioning, Apa Itu? Penjelasan, Manfaat, & Cara Menentukannya

Supaya mereka semakin yakin bahwa Anda berbeda dengan kompetitor. Supaya mereka merasa ada nilai lebih dengan membangun hubungan dengan merek Anda. Supaya ada alasan kuat bagi mereka untuk tetap menjalin hubungan dengan merek Anda.

Story adalah trik jitu untuk menghubungkan produk dengan konsumen. Melalui story lah Anda bisa menyelipkan pesan secara tersembunyi kepada mereka.

Bangun pemahaman yang baik tentang diri konsumen

Bangun pemahaman yang baik tentang diri konsumen.

Apa yang mereka mau. Apa problem yang mereka hadapi saat ini. Apa yang mereka harapkan dari merek Anda untuk menyelesaikan problem mereka. Dan apa solusi terbaik dan terunik yang bisa Anda berikan.

Seperti sudah kami katakan: konsumen mengharapkan sesuatu dari kita sebagaimana hubungan dalam pertemanan.

Pahami pain point mereka dengan baik. Sediakan gain point yang memberikan pengalaman terbaik kepada mereka.

Dari situ, Anda akan memahami bagaimana cara membangun story atau narasi dalam setiap konten promosi Anda. Gaya dan pendekatan unik versi Anda sendiri.

Tidak perlu bergantung lagi dengan kompetitor. Tidak harus cek kompetitor terus-terusan untuk sekadar tahu seperti apa story yang baik seharusnya.

Anda sudah punya gaya story Anda sendiri dan itu tidak akan terkalahkan.

Begitu story tiba di hadapan audiens dan ternyata mereka merasa relate dengan itu, akan terbentuk trust dalam diri mereka, mereka pun membeli produk Anda, kemudian terciptalah engagement yang kuat antara merek Anda dan mereka.

Ingin membaca artikel seputar branding dan digital marketing? Silakan kunjungi laman ini untuk melihat daftar artikel dari Increasink!

Anda juga bisa mendapatkan notifikasi tentang artikel-artikel terbaru kami dengan cara berlangganan Increasink.co.id.

Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.

× Whatsapp Kami