fbpx
logo increasink blog

Anda Harus Tahu, Ini 5 Indikator Kepuasan Konsumen!

October 17, 2022
Anda Harus Tahu, Ini 5 Indikator Kepuasan Konsumen!

Bagaimana cara tahu konsumen kita puas atau tidak? Gunakan indikator kepuasan konsumen untuk mengukurnya!

Kenapa begitu? Karena indikator kepuasan konsumen adalah…

Apa itu indikator kepuasan konsumen?

Indikator kepuasan konsumen.

Tolak ukur seberapa puas konsumen terhadap produk kita. Apakah produk yang mereka beli sesuai dengan harapan mereka atau tidak. Apakah produk memang bermanfaat untuk keseharian mereka atau tidak.

Dari indikator tersebut, nantinya kita bisa terpacu untuk terus meningkatkan kualitas produk maupun layanan kita. Meningkatkan kepuasan konsumen terhadap kita. Hingga membuat konsumen setia sama kita.

Pertanyaannya: indikator kepuasan konsumen, ada apa saja?

Apa saja indikator kepuasan konsumen.

1. Seberapa bagus produk kita

Indikator kepuasan konsumen pertama seberapa bagus produk kita.

Saat membeli produk kita, pastinya pelanggan berharap produk sesuai dengan apa yang diiklankan. Berkualitas dan tidak ada cacat sama sekali.

Dengan demikian, dari kualitas produk kita sebenarnya bisa mengukur seberapa puas konsumen terhadap kita. 

2. Kualitas pelayanan yang kita berikan

Indikator kepuasan konsumen kedua kualitas pelayanan yang kita berikan.

Tidak hanya produk, pelayanan kita pun turut dinilai oleh konsumen kita. 

Kenapa begitu? Karena kenyamanan transaksi juga berpengaruh terhadap persepsi mereka atas profesionalitas kita. Kalau pelayanan kita buruk, katakanlah, maka konsumen akan menilai kita tidak profesional. Begitu juga kalau baik, kita akan dinilai baik.

Percuma kalau produk kita berkualitas, tetapi pelayanannya tidak. Produk bagus itu banyak jumlahnya, tapi yang mengutamakan hubungan dengan konsumen sangatlah langka.

3. Harga produk kita, sudah pas atau belum?

Indikator kepuasan konsumen ketiga harga produk kita.

Sudah sesuai kualitas atau belum. Atau jangan-jangan harganya cuma mengada-ada, biar untung banyak. 

Baca Juga  Brand Experience adalah Kunci Konsumen Setia dengan Brand Anda

Hati-hati! Konsumen sekarang ini sangat jeli dalam membedakan mana produk berkualitas dan mana yang sebaliknya. Sebelum membeli produk Anda, pastinya mereka sudah membandingkan dengan kompetitor Anda.

Kalau harga tidak sesuai dengan kualitas saja. Bisa Anda bayangkan betapa kecewanya mereka terhadap Anda?

Kira-kira seperti itulah gambarannya.

4. Kemudahan buat membeli produk

Indikator kepuasan konsumen keempat kemudahan untuk membeli produk.

Proses membeli produk Anda belibet tidak? Butuh waktu lama tidak? Ini harus benar-benar diperhatikan, lho.

Karena apa? Saat membeli produk, konsumen tentunya ingin proses berlangsung dengan cepat. Tidak bertele-tele. 5-10 menit jadi.

Coba bayangkan jika Anda check out belanjaan, tetapi alur membelinya sangat ribet dan sulit dipahami. Apa Anda tidak akan mengurungkan niat dan beralih ke toko lain?

Maka itu, perhatikan kemudahan konsumen dalam membeli produk, ya!

5. Bagaimana kita beriklan

Indikator kepuasan konsumen kelima bagaimana kita beriklan.

Jangan salah, iklan juga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Apakah materi iklan mudah dipahami dan sesuai dengan kebutuhan mereka? Apakah visual iklan menarik dan mencerminkan kualitas dari perusahaan Anda?

Usahakan Anda sudah tahu jawaban-jawabannya sebelum akhirnya memutuskan untuk beriklan!

Oke. Kalau sudah tahu apa saja indikator kepuasan konsumen, apa langkah selanjutnya? Apa yang harus dilakukan untuk mengetahui kepuasan konsumen secara konkret?

Jawabannya: laksanakan saja. Itu.

Minimal Anda tampung keluhan dan saran dari konsumen. Kalau mereka berpendapat, jangan diabaikan. Dengarkan. Ajak berdiskusi untuk mencari solusinya. Sekalian evaluasi kinerja Anda selama ini.

Mau lebih mantap lagi? Adakan survei ke konsumen-konsumen laman Anda. Buat daftar pertanyaannya dulu, kemudian sebarkan. Kasih reward supaya mereka mau mengisi survei Anda dengan serius.

Pelajari juga behaviour konsumen lama Anda. Apakah ada beberapa dari mereka yang repeat order. Apakah ada yang membeli produk dalam jumlah besar. Hal ini sekiranya dapat memberikan Anda & tim gambaran tentang kepuasan konsumen.

Baca Juga  Tidak Sulit, Begini Cara Menjalin Hubungan dengan Pelanggan!

Artikel ini bermanfaat? Coba kunjungi laman ini untuk membaca artikel-artikel Increasink lainnya!

Dapatkan notifikasi tentang artikel-artikel terbaru kami dengan cara berlangganan dengan Increasink.co.id. Silakan mengisi data diri dan tekan tombol “berlangganan” yang ada di bagian bawah artikel.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.