fbpx
logo increasink blog

7 Cara Mudah Mendapatkan Berbagai Ide Konten untuk di Instagram

July 14, 2022

Setelah sebelumnya sudah dibahas cara sederhana dalam membuat konten Instagram di sini, di artikel kali ini kita akan mencari tahu berbagai cara agar Anda dan tim bisa menyelesaikan tahap create tepat pada waktunya. Apa saja itu?

1. Manfaatkan Quora untuk mencari ide konten

ide konten
Manfaatkan Quora │ Dok.Increasink

Quora merupakan tempat terbaik untuk Anda dan tim mencari berbagai inspirasi ide maupun judul konten. Sebab, dari Quora, kalian bisa mengetahui apa saja pertanyaan yang dianggap penting dan bisa dijadikan sebagai konten.

Cukup ketik topik di fitur mesin pencarian Quora. Tidak harus terlalu spesifik, tapi setidaknya sesuai dengan karakter dari brand Anda.

Misal, Increasink adalah digital agency yang bergerak di bidang branding dan digital marketing. Ceritanya kami ingin mengembangkan akun Instagram kami supaya bisa menjangkau lebih banyak audiens dari sebelumnya. 

Maka itu, kami mencoba memasukkan kata “tips digital marketing” di mesin pencarian Quora. Berharap bisa mendapatkan banyak ide konten.

ide konten
Hasil Pencarian untuk Topik “Tips Digital Marketing” © Bibah/Quora

Pencarian tersebut pun mengantarkan kami pada sebuah page khusus, di mana postingan pertanyaan beserta jawaban teratasnya banyak sekali bertebaran.

Bisa dilihat di gambar, ada dua postingan yang kami beri garis kotak. Di antara kedua postingan tersebut, kita bisa memilih salah satu yang sekiranya cocok dengan Increasink. Postingan kedua lebih memenuhi kriteria.

ide konten
Salah Satu Postingan untuk Topik “Tips Digital Marketing” © Bibah/Quora

Setelah mengklik postingan kedua, kami diantarkan ke halaman baru tempat para pengguna Quora memberikan jawabannya. Jawaban teratas mendapatkan banyak jumlah votes, share, dan komentar. 

Baca Juga  Dahsyatnya Efek Emoji dalam Digital Marketing, Mau Tahu 3 Cara Menggunakannya?

Kita bisa beranggapan bahwa jawaban tersebut memuaskan audiens dan akan sangat berpotensial jika dimodifikasi menjadi konten baru.

2. Grup di media sosial (medsos)

ide konten
Grup di Sosial Media│ Dok.Increasink

Sadar atau tidak, grup di media sosial sudah seperti forum khusus. Para anggotanya membicarakan minat dan topik tertentu yang terlintas di benak mereka. Itu artinya, Anda dan tim punya peluang untuk menjadikan bahan diskusi mereka sebagai ide konten.

3. Mengecek konten paling populer melalui hashtag 

ide konten
Cek Hashtag populer│ Dok.Increasink

Perlu dipahami bahwa tidak semua target audiens kita mengikuti akun Instagram bisnis kita. Namun demikian, Anda dan tim tetap punya peluang untuk mengubah mereka menjadi followers.

Cukup melihat konten paling populer dari hashtag yang relevan dengan industri Anda. Perhatikan dengan cermat, seperti apa pola konten yang disukai oleh target audiens Anda, mulai dari segi visual hingga isi kontennya.

Seperti misalnya, kami dari Increasink ingin mencari ide konten Instagram yang sekiranya sesuai dengan profil kami. Maka, seperti pada contoh sebelumnya, kami mencoba memasukkan kata “#tipsdigitalmarketing” di mesin pencarian Instagram.

ide konten
Hasil Pencarian untuk Topik “Tips Digital Marketing” © Bibah/Instagram

Akan muncul sebuah page baru yang menampilkan hasil dari pencarian kata tersebut, dengan mengelompokkan konten-konten yang sudah ada berdasarkan “Top posts” dan “Most recents”.

Mengingat tujuan awalnya adalah untuk membuat konten yang engaging dan menarik, maka kami langsung melirik bagian “Top posts”. Di antara beberapa konten tersebut, kami mencoba memilih salah satu yang jumlah interaksinya paling tinggi.

ide konten
Salah Satu Konten yang Bisa Di-benchmark dan Didaur Ulang © Bibah/Instagram

Konten tersebut nantinya bisa di-benchmark dan kemudian didaur ulang (entah isinya diperkuat atau visual desainnya diubah) sesuai dengan gaya khas dari Increasink.

Baca Juga  4 Contoh Iklan Produk Sepeda Motor dari Yamaha, Menarik & Menjual!

4. Melihat video paling populer di YouTube

ide konten
Melihat Video Populer di YouTube│ Dok.Increasink

Tak pelak, YouTube menjadi salah satu tempat untuk Anda dan tim mencari ide konten Instagram. Karena di medsos tersebut, kalian bisa menemukan video paling populer yang relevan dengan brand, entah itu berupa video panduan, tren, berita, atau apa pun.

Anda dan tim juga bisa mendapatkan banyak ide baru dari jawaban para penonton di kolom komentar. Biasanya, jawaban dengan jumlah jempol ke atas paling banyak sesuai dengan cara pandang dan preferensi dari mayoritas target audiens Anda.

5. Instagram feed beserta commentnya

ide konten
Melihat Instagram Feed dan Comment│ Dok.Increasink

Terutama di akun Instagram dengan banyak follower ataupun influencer. Biasanya, mereka memiliki follower yang setia memberikan jawaban di setiap feed mereka. Namun sayangnya, mereka tidak punya waktu untuk menjawab setiap pertanyaan.

Di situlah Anda dan tim bisa masuk. Perhatikan dengan cermat, apakah ada jawaban di kolom komentar yang sekiranya mendapatkan banyak jumlah likes. Lalu, pikirkan baik-baik, apakah komentar tersebut sekiranya bisa untuk dijadikan sebagai konten kalian selanjutnya.

6. Pertanyaan via customer service

ide konten
Pertanyaan via Customer Service │ Dok.Increasink

Beruntunglah bagi Anda yang masih kedapatan banyak pertanyaan atau bahkan keluhan via customer service

Selain meningkatkan reputasi brand, customer service bisa Anda dan tim jadikan sebagai wadah untuk mencari ide konten. Terutama seputar produk, promosi, ataupun pembelian. Jadi, tidak perlu kebingungan lagi saat mau mengemas info tentang produk dalam sebuah konten.

7. Penelusuran terkait di Google

ide konten
Penelusuran Terkait di Google │ Dok.Increasink

Pada halaman hasil pencarian, lihat bagian bawah dan Anda akan melihat daftar masukan untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih baik. Ini bisa Anda dan tim manfaatkan ketika hendak mencari ide konten yang relevan dan potensial.

Baca Juga  4 Macam Strategi Konten Instagram untuk Meningkatkan Penjualan

Ide konten bisa didapatkan dari mana saja

Ide konten banyak bertebaran di sekitar kita. Tinggal bagaimana kita cermat dalam melihatnya dan kemudian mengolahnya dengan baik. Bahkan, artikel ini pun bisa Anda dan tim jadikan sebagai bahan konten kalian.

Ingin mendapatkan tips lain seputar cara membuat konten Instagram? Silakan membaca artikel-artikel ini, siapa tahu bisa membantu Anda dan tim:

Tekan tombol “berlangganan” dengan Increasink.co.id di bawah untuk membaca artikel terbaru seputar cara membuat konten Instagram.

Sumber: NeilPatel

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.

× Whatsapp Kami