fbpx
logo increasink blog

7 Ide Konten Instagram Bisnis Makanan Ini Bagus untuk Ditiru!

May 3, 2023
7 Ide Konten Instagram Bisnis Makanan Ini Bagus untuk Ditiru!

Ide konten Instagram bisnis makanan – Sebagai pemilik bisnis makanan, tentu kita perlu memikirkan bagaimana cara mempromosikannya agar bisa mendapatkan penghasilan. Salah satu cara mempromosikan yang terpikirkan adalah dengan memanfaatkan media sosial (medsos). Hal ini karena orang-orang saat ini menggunakan medsos untuk menghabiskan waktunya, sehingga promosi melalui medsos menjadi sangat efektif.

Namun, memanfaatkan medsos saja tidaklah cukup. Sekarang ini, banyak bisnis makanan yang sudah beralih menggunakan medsos, sehingga persaingan semakin ketat. Belum lagi banyak ide konten makanan yang sudah dibuat oleh mereka, di mana ini membuat persaingan semakin ketat sekaligus kreativitas semakin terbatas.

Hal inilah yang mau tidak mau membuat Anda harus mencari-cari ide konten Instagram bisnis makanan lebih banyak lagi, di luar yang Anda pikirkan saat ini. Sebab, jika tidak, ruang lingkup Anda dalam membuat konten makanan akan terperangkap dalam area yang sama dengan kompetitor. Membuat akun Anda tidak menarik dalam penglihatan audiens.

Untuk itulah Increasink dalam artikel ini akan membagikan ide konten Instagram bisnis makanan kepada Anda. Tujuannya agar Anda bisa mendapat pencerahan dalam membuat konten, sehingga tampak lebih unggul daripada kompetitor. Yuk, langsung saja kita bahas!

Ide konten Instagram bisnis makanan

ide konten instagram bisnis makanan

1. Konten terkait makanan terbaik dari menu bisnis makanan Anda

Ide konten Instagram bisnis makanan yang pertama yaitu mengunggah konten terkait makanan terbaik dari menu bisnis makanan Anda. Tentunya dalam visual yang menarik dan menggugah selera sehingga orang-orang tertarik dengan makanan terbaik kita.

Untuk contohnya, Anda bisa meniru apa yang dilakukan oleh Imperial Kitchen & Dimsum di akun Instagramnya. Bisnis satu ini dikenal dengan menu dimsumnya yang lumayan harganya namun fantastis rasanya. Banyak orang yang tetap membelinya meskipun sudah mengetahui berapa harganya.

Ide konten Instagram bisnis makanan
Ide konten makanan yang bisa menjadi referensi Anda @ Bibah | Increasink

Maka, tidak akan salah kalau bisnis ini menampilkan makanan terbaik melalui beberapa kontennya, atau salah satunya seperti berikut ini. Melalui konten ini, bisnis ini dapat menarik minat calon konsumen atau bahkan mempertahankan loyalitas konsumen lama mereka. 

Baca Juga  Bagaimana Cara Menentukan Anggaran Digital Marketing?
ide konten instagram bisnis makanan

2. Konten terkait “behind-the-scenes”

Ide konten Instagram bisnis yang kedua yaitu membagikan konten berisi proses behind-the-scene, mulai dari mempersiapkan bahan, memasak, hingga membungkus makanan. Pastikan dalam konten tersebut Anda sudah mengikuti prosedur mempersiapkan makanan yang benar, hal ini agar orang-orang merasa aman dan percaya dengan produk bisnis makanan Anda.

Dalam konten yang Anda buat, Anda juga bisa membagikan tentang bahan-bahan apa saja yang digunakan dalam produk Anda. Dengan demikian, orang-orang akan lebih paham dan tertarik dengan produk Anda.

ide konten instagram bisnis makanan

3. Konten terkait testimoni pelanggan

Ide konten Instagram bisnis makanan yang ketiga yaitu mengunggah konten yang berisikan testimoni pelanggan, dan itu sudah menandai pelanggan Anda. Cara ini cukup efektif meningkatkan jangkauan dari konten Anda, terutama mendapatkan calon pelanggan baru dari referral pelanggan Anda tersebut.

Tidak cuma itu, Anda juga bisa memposting ulang postingan pelanggan yang menandai Anda. Cara ini menunjukkan kepada audiens kalau Anda mengapresiasi keberadaan dan bahkan pujian mereka. Ini juga menjadi jaminan kepada orang-orang kalau produk makanan Anda layak untuk dicoba.

Ide konten Instagram untuk menjadi guidance Anda
Ide konten Instagram makanan untuk menjadi guidance Anda @Bibah | Increasink

Contohnya sesederhana apa yang dilakukan oleh Ikkudo Ichi. Melalui akun Instagram resminya, mereka mengunggah foto menu ramen beserta testimoni dari salah satu pelanggan. Bentuk konten seperti ini tentu efektif dalam menggugah selera calon pembeli bahkan mendorong keinginan membeli mereka.

ide konten instagram bisnis makanan

4. Konten terkait promo, diskon, dan giveaway bisnis makanan Anda

Ide konten Instagram bisnis makanan yang keempat yaitu membuat konten terkait promo, diskon, dan giveaway dari bisnis makanan Anda. Pastikan Anda mengemasnya dalam tampilan yang menarik dan menggugah selera karena orang-orang cenderung melihat visual alih-alih caption.

Sebagai gambarannya, Anda bisa menjadikan Imperial Kitchen & Dimsum sebagai contoh. Bisnis satu ini diketahui sering memberikan promo atau diskon untuk menarik pelanggan-pelanggan baru ke restorannya. 

Baca Juga  5 Tips Copywriting di Facebook yang Menarik Hati Audiens

Dari berbagai macam promo yang ditawarkan, tidak sedikit konten mereka yang menyuguhkan tampilan makanan yang menggugah selera seperti berikut ini:

Ide konten promo makanan ini bisa Anda tiru!
Ide konten promo makanan @ Bibah | Increasink

Walaupun sudah menggunakan angka yang terkadang ‘mengganggu’ efek dari makanan yang ada dalam kontennya, Imperial Kitchen & Dimsum dengan cerdasnya dapat mengatasi permasalahan tersebut. Mereka tetap bisa membuat konten makanan mereka tampak menarik tanpa melupakan efek psikologis dari harga.

ide konten instagram bisnis makanan

5. Konten interaktif

Menjaga kesetiaan pelanggan lama sama pentingnya dengan mendapatkan pelanggan baru. Karena itulah Anda perlu membuat konten interaktif agar orang-orang memiliki alasan untuk stay dengan bisnis makanan Anda.

Buatlah konten interaktif yang dapat meningkatkan interaksi dengan followers Anda, seperti misalnya kuis tentang makanan atau tantangan makanan. Yang tentunya dikemas secara menarik agar orang-orang mau mengikutinya.

Sebagai contoh, HokBen. Bisnis lokal berbalut Jepang ini pernah membuat suatu konten interaktif dengan jumlah interaksi postingan yang cukup tinggi. Dalam kontennya, mereka membuat tebak-tebakan tentang apa nama paket makanan mereka, dan itu berhadiah.

Salah satu ide konten interaktif
Ide konten interaktif @ Bibah | Increasink

Walau mungkin kesannya sederhana dan mudah dibuat, tapi jangan salah. Jenis konten seperti ini tetap mendapatkan hati audiens, dan tidak mustahil membantu akun Instagram bisnis Anda mendapatkan banyak followers. Hanya jika Anda sudah memasang strategi promosi dengan benar.

ide konten instagram bisnis makanan

6. Konten terkait pemandangan dan tempat

Ide konten Instagram bisnis makanan selanjutnya yaitu mengunggah konten pemandangan dan tempat dari bisnis makanan Anda. Cara ini hanya berlaku bagi Anda yang memang menonjolkan suasana tempat makan sebagai keunggulan bisnis makanan Anda.

Pastikan Anda mengemasnya dalam visual yang tepat dan estetik. Contoh-contoh yang bisa Anda lakukan yaitu mengunggah foto suasana restoran atau pemandangan dari dapur Anda.

Untuk menambah referensi, Anda bisa meniru apa yang dilakukan oleh Imperial Kitchen & Dimsum di akun Instagram bisnisnya. 

Baca Juga  Tutorial Lengkap Riset Keyword untuk Media Sosial Bisnis

Sebagai informasi, selain menonjolkan menu makanannya, bisnis kuliner satu ini membidik target audiens keluarga untuk menikmati suasana makan di restorannya. Dengan demikian, akan tepat sekali kalau bisnis ini membuat konten terkait pemandangan dan tempat sebagai berikut ini:

Ide konten Instagram bisnis makanan yang bisa Anda tiru
Salah satu ide konten bisnis makanan yang bisa Anda tiru @ Bibah | Increasink

Walaupun mungkin terkesan sederhana karena hanya mengunggah ulang foto pelanggan, tetapi konten seperti ini tetap bersifat powerful yang bahkan dapat meningkatkan kredibilitas bisnis. Sebab, orang-orang secara tidak langsung akan mendapatkan experience berada di dalam restoran dengan melihat adanya konten ini.

ide konten instagram bisnis makanan

7. Konten musiman

Ide konten Instagram bisnis makanan yang terakhir adalah membuat konten musiman. Maksud konten musiman di sini adalah konten yang sesuai dengan momen atau tema tertentu, seperti misalnya hidangan spesial di bulan Ramadhan dengan harga tertentu.

Atau, kalau Anda masih belum terbayang ingin membuat konten apa, Anda bisa meniru apa yang dilakukan oleh Imperial Kitchen & Dimsum. 

Contoh konten Instagram makanan
Ide konten Instagram musiman @ Bibah | Increasink

Bisnis satu ini tampaknya tahu betul kalau behaviour orang-orang Indonesia saat Ramadhan adalah mencari tempat untuk buka bersama (bukber). Buktinya, mereka berinisiatif untuk membuat konten yang menggarisbawahi kalau mau cari tempat untuk bukber bisa di mereka.

Walau mungkin sudah menjadi bahasan sehari-hari, untuk tempat bukber dijadikan sebagai topik konten oleh brand, itu terbilang tidak banyak. Sehingga bisa dibilang, apa yang dilakukan oleh Imperial Kitchen & Dimsum kreatif dan inovatif.

ide konten instagram bisnis makanan

Penutup

Itu dia beberapa ide konten Instagram bisnis makanan yang bisa menjadi guidance Anda. Ide-ide konten ini tentu akan bermanfaat sekali bagi pertumbuhan akun medsos maupun bisnis itu sendiri. Sekaligus, memudahkan Anda dalam membuat konten bisnis makanan yang baik dan benar.

Anda mengalami stuck saat membuat konten dan hanya ingin fokus pada bisnis? Tenang saja, Anda bisa menyerahkan urusan ini kepada Increasink!

Increasink merupakan digital agency yang bergerak di bidang branding dan digital marketing. Kami membuka layanan social media management untuk membantu bisnis Anda berkembang.

Silakan hubungi kontak ini jika Anda tertarik. Kami siap melayani kebutuhan konten Anda!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.