fbpx
logo increasink blog

Formula Sederhana “3C” dalam Membuat Konten Instagram

July 12, 2022

Anda dan tim mungkin akan kaget begitu mendengar perkataan kami bahwa membuat konten Instagram itu mudah. Dan memang pada kenyataannya seperti itu. Kalaupun Anda dan tim masih kesulitan, mungkin ada salah kaprah yang mesti diluruskan.

Cek kembali

Tidak, tidak. Kami tidak bermaksud menggurui Anda dan tim. Bagaimanapun, Anda dan tim lebih paham dan berpengalaman soal perkontenan dalam industri terkait brand

Namun demikian, kami ingin menyampaikan bahwa Anda dan tim selama ini kerap kali tersugesti untuk menganggap kegiatan membuat konten sebagai pekerjaan yang berat dan memusingkan.

Berapa kali pernyataan “membuat konten harus unik dan organik banget!” terlintas di benak Anda dan tim? 

Seberapa sering Anda dan tim diminta narasumber digital marketing untuk menggunakan tool saat membuat konten? 

Apakah Anda dan tim masih sering merasa harus mengikuti cara beberapa kreator konten dalam membuat konten? Cara-cara yang entah kenapa kok banyak sekali istilah asingnya?

Tidak, kami tidak menganggap keputusan dan langkah Anda dan tim salah. Malah, sangat bagus sekali.

Namun demikian, kami ingin katakan bahwa ada cara lain untuk Anda dan tim membuat konten tanpa harus terlalu terpaku dengan aturan yang rumit dan memusingkan.

Kami menyebutnya sebagai: Formula 3C (Consume, Contemplate, dan Create) dalam Membuat Konten Instagram. Formula ini mudah sekali diaplikasikan dan bisa diterapkan sehari-hari.

Penasaran apa maksud dari setiap “C” tadi? Simak penjelasannya di bawah ini!

Formula “consume” dalam membuat konten Instagram

formula consume dalam membuat konten Instagram
Consume │ Dok.Increasink

Tahap pertama yang harus Anda dan tim lalui adalah consume atau mengonsumsi bahan bacaan.

Baca Juga  3 Contoh Copywriting Parfum yang Powerful & Menarik

Pada tahap ini, Anda dan tim cukup memfokuskan diri dalam membaca beberapa sumber yang sesuai dengan topik dari konten Instagram kalian nantinya.

Usahakan untuk membaca satu konten dan mencatat apa saja poin-poinnya, baru setelah itu Anda dan tim bisa berpindah ke sumber-sumber lainnya.

Alokasikan 25 persen dari total waktu pengerjaan konten untuk tahap “consume”. Semisal, waktu pengerjaan konten yang ditentukan adalah 2 jam. Maka, Anda dan tim tidak boleh menghabiskan lebih dari 30 menit untuk mengonsumsi bahan bacaan.

Formula “contemplate” dalam membuat konten Instagram

formula contemplate dalam membuat konten Instagram
Contemplate │ Dok.Increasink

Tahap berikutnya adalah contemplate atau berpikir dalam-dalam tentang sesuatu.

Itu artinya, setelah mengonsumsi bahan bacaan, Anda dan tim harus mempertanyakannya agar bisa menggali informasi lebih dalam. Konten pun nantinya bisa memiliki daya tawar lebih di mata audiens.

Sebagai catatan, Anda dan tim bisa melakukan contemplate dengan berpacu pada pertanyaan 5W+1H.

Untuk alokasi waktu, kurang lebih sama seperti pada tahap consume, yaitu sebesar 25 persen. Dengan menggunakan permisalan tadi, maka Anda dan tim hanya memiliki 30 menit untuk melakukan contemplate.

Formula “create” dalam membuat konten Instagram

formula create dalam membuat konten Instagram
Create │ Dok.Increasink

Tahap terakhir adalah create atau menciptakan konten. Pada tahap ini, Anda dan tim tinggal menggunakan ide yang didapatkan dari tahap contemplate, untuk dijadikan sebagai bahan membuat konten.

Alangkah baiknya Anda dan tim tidak terlalu ambisius mengejar kesempurnaan. Karena hal terpenting adalah pekerjaan Anda dan tim selesai pada waktunya.

Alokasi waktu untuk tahap create sendiri adalah sebesar 50 persen. Berbeda dengan tahap consume dan contemplate. 

Jadi, semisal durasi pengerjaan konten adalah selama 2 jam, maka Anda dan tim hanya mempunyai waktu satu jam untuk melakukannya sampai tuntas.

Baca Juga  3 Contoh Copywriting Produk Herbal yang Dapat Meyakinkan Pembeli

Perkecil thinking, perbanyak action

Itulah penjelasan mengenai formula 3C dalam membuat konten Instagram. Pada intinya, Anda dan tim perlu perkecil thinking, tetapi perbanyak action. Karena, kelamaan berpikir akan menyita banyak waktu Anda dan tim, sehingga jadinya pusing dan ribet sendiri.

Namun demikian, Anda dan tim juga perlu tahu apa-apa seputar konten Instagram untuk kemudahan dalam pembuatan konten. Kami menyarankan Anda dan tim untuk membaca artikel-artikel kami lainnya di increasink.co.id, seperti:

Terima kasih banyak sudah membaca artikel kami. Berlangganan dengan increasink.co.id untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya di kemudian hari. Sampai jumpa dan semoga bermanfaat!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.