fbpx
logo increasink blog

Inilah 4 Contoh Strategi Marketing dan Branding Produk yang Baik

April 22, 2023
Contoh Strategi Marketing dan Branding Produk

Contoh strategi marketing dan branding produk – Dalam menjalankan bisnis, kita perlu memikirkan eksekusi dari marketing dan branding produk kita. Hal ini agar produk kita bisa dikenal luas, sehingga terjual habis sesuai dengan yang diharapkan. Dengan demikian, persoalan marketing dan branding menjadi penting untuk dibahas.

Namun, yang menjadi pertanyaan, “Seperti apa strategi ‘marketing’ dan ‘branding’ produk yang bagus?” Untuk menjawab pertanyaan ini, kita, pertama-tama, bisa melihatnya dari contoh strategi marketing dan branding produk yang sudah ada.

Oleh sebab, mengetahui contoh strategi marketing dan branding produk yang sudah ada, bisa memberikan kita gambaran mengenai cara marketing dan branding produk yang bagus untuk meningkatkan penjualan. Dengan demikian, kita tidak akan pusing lagi ketika dihadapkan dengan masalah penjualan.

Dalam artikel kali ini, Increasink akan menyajikan sejumlah contoh strategi marketing dan branding produk kepadamu, dengan harapan bisa menjadi referensimu ketika melaksanakan marketing dan branding produk nanti. Yuk, langsung saja simak pembahasannya!

Contoh strategi marketing dan branding produk

contoh strategi marketing dan branding produk

Strategi marketing produk

Strategi marketing atau pemasaran, berarti membahas tentang cara mempromosikan atau memasarkan produk agar orang-orang semakin tertarik untuk membelinya. Biasanya dicontohkan dalam bentuk iklan. Namun, kenyataannya lebih luas dari itu.

Kalau kenal dengan istilah marketing mix, misalnya, strategi marketing dapat mencakup soal harga produk, produk itu sendiri, maupun lokasi dari bisnis. Tidak hanya melulu soal promosi, promosi, dan promosi saja.

Sebagai gambaran, semisal Anda dengan sengaja menetapkan harga lebih rendah dari biasanya, dengan tujuan mempromosikan produk agar orang-orang semakin tertarik untuk membeli, itu sudah dinamakan dengan strategi marketing.

Baca Juga  5 Cara Branding Produk agar Mudah Dikenali Konsumen

Atau Anda dengan sengaja memilih lokasi bisnis di daerah yang strategis, di mana orang-orang sering berlalu lalang dan berkegiatan, itu juga sudah dinamakan dengan strategi marketing.

Itu sedikit gambaran mengenai strategi marketing produk, yang intinya adalah bagaimana cara menarik orang-orang agar tertarik membeli produk. Sekarang, kita akan membahas contoh-contoh strategi marketing produk yang bisa diterapkan sebagai berikut:

contoh strategi marketing dan branding produk

1. Rajin membuat konten

Sekarang sudah zamannya konten-konten menarik memenuhi etalase media sosial (medsos) orang-orang. Orang-orang suka menghabiskan waktu dengan konten-konten yang bisa menghibur atau menjadi pelarian mereka. Dan hanya bisnis yang menguasai inilah yang bisa menguasai pasarnya dengan baik.

Saran dari kami, rajin-rajinlah membuat konten yang unik, relevan, dan memiliki nilai lebih. Bukan sekadar mengupload konten saja, tetapi membuat konten yang anti-mainstream dan menggambarkan brand Anda dengan baik. Jangan sampai keluar jalur membuat konten yang bagus, tapi tidak menggambarkan brand Anda sama sekali.

Banyak sekali contoh yang beredar di sekitar kita, Anda tinggal mempelajarinya dengan seksama, menyesuaikannya dengan brand Anda. Tiru bagaimana mereka menerjemahkan kebutuhan audiens dan identitas brand mereka dalam konten yang mereka buat. Bukan menirunya mentah-mentah.

contoh strategi marketing dan branding produk

2. Rutin membuat artikel SEO

Salah satu cara agar produk kita dikenal luas adalah dengan memanfaatkan mesin pencarian Google untuk meningkatkan kehadiran online produk kita. Semakin sering muncul nama produk kita di Google, semakin tinggi kemungkinan produk kita dikenal orang-orang.

Sering-seringlah membuat artikel search engine optimization (SEO), karena artikel inilah yang membantu website atau bahkan produk kita untuk muncul di mesin pencarian Google. Bukan cuma itu, upayakan agar artikel SEO Anda bisa terus muncul di peringkat teratas di halaman pertama Google, agar banyak yang membaca artikel Anda, sehingga produk Anda lebih mungkin untuk dibeli.

contoh strategi marketing dan branding produk

3. Loyalty program

Bicara soal marketing, tentu fokus kita tidak hanya pada calon konsumen, tapi bagaimana cara mempertahankan konsumen lama kita. Karena tanpa kehadiran konsumen lama kita, mustahil bisnis kita bisa bertahan dan seperti sekarang ini. Istilahnya, dengan menjaga loyalitas konsumen lama, kita bisa memiliki basis marketing kita tanpa harus bersusah payah lagi.

Baca Juga  4 Mitos Seputar Content Marketing

Adapun menjaga loyalitas konsumen lama bisa dilakukan dengan membangun loyalty program, memberi iming-iming bonus kepada konsumen lama kita, seperti misalnya diskon khusus, hadiah, atau penghargaan khusus. Dengan begitu, konsumen lama kita akan tetap setiap berbelanja dengan kita, dan bahkan menjadi duta merek kita tanpa harus diminta.

contoh strategi marketing dan branding produk

4. Review dan Testimoni

Strategi marketing berikutnya yaitu review dan testimoni. Keduanya memang sering digunakan untuk meyakinkan calon konsumen, tetapi jarang disadari kegunaannya sebagai senjata marketing. Oleh karena pola pikir yang masih menganggap kalau marketing haruslah melakukan promosi kepada konsumen secara langsung.

Nyatanya, review dan testimoni menjadi alternatif yang baik dalam meningkatkan minat beli orang-orang. Contoh sederhananya ulasan di Google, banyak dari kita mencari ulasan suatu bisnis di Google sebelum memutuskan membeli produk. Hal ini agar meyakinkan diri kita kalau produk yang dibeli bukanlah abal-abal.

contoh strategi marketing dan branding produk

Strategi branding produk

Sementara strategi branding produk membahas tentang bagaimana caranya brand mewajahkan diri dengan baik agar orang-orang semakin kenal dan ingat dengan brand. Tujuannya jangka panjang, berbeda dengan marketing yang cenderung jangka pendek.

Berikut beberapa praktik branding produk yang bisa menjadi acuan Anda:

contoh strategi marketing dan branding produk

1. Membuat logo yang memorable

Branding bertujuan agar orang-orang bisa mengenal dan mengingat brand dalam jangka panjang. Membuat logo yang memorable tentu dapat membantu orang-orang mengingat brand.

Nike tidak mungkin bisa dikenal sampai sekarang kalau bukan karena logonya yang fenomenal. Berlaku pula untuk Coca-Cola, Burger King, McDonald, dan brandbrand lainnya.

contoh strategi marketing dan branding produk

2. Brand identity yang konsisten

Brand identity atau identitas brand, adalah seperangkat elemen yang membentuk tampilan luar suatu brand, mencakup desain logo, warna, jenis huruf, dan elemen visual lainnya. Ia ada untuk memperkuat citra merek dan membedakannya dari kompetitor.

Baca Juga  Apa itu Bot Instagram? Apa Bahayanya bagi Bisnis Anda?

Salah satu kesalahan fatal yang banyak dilakukan oleh entitas bisnis adalah tidak konsisten dalam brand identity-nya. Sekarang warnanya biru, besoknya warna hijau, atau besoknya lagi warna oren. Ada warna pun tidak konsisten warna hijaunya yang seperti apa atau merahnya yang seperti apa, misalnya.

Kesalahan fatal ini tentu sangat berbahaya. Selain menunjukkan ketidakprofesionalan bisnis, inkonsistensi dalam brand identity menyebabkan orang-orang kesulitan dalam mengenali bahkan mengingat brand Anda. Tentu ini sangat berbahaya, terlebih jika kita membahas soal finansial bisnis ke depannya.

contoh strategi marketing dan branding produk

3. Packaging yang menarik 

Cara lain untuk mengingatkan konsumen pada brand Anda adalah dengan membuat packaging yang menarik. Sebab dengan membuat packaging yang menarik, perhatian orang-orang akan semakin tertuju pada brand. Dengan begitu, kemungkinan brand Anda untuk dikenal dan diingat semakin besar.

contoh strategi marketing dan branding produk

4. Menentukan brand positioning

Kenapa brand seperti Alfamart bisa diingat kita, meskipun punya pesaing sekaliber Indomaret? Kenapa kita bisa mengingat Nike sebagai sepatu olahraga orang-orang, meskipun brand sepatu olahraga sudah banyak jumlahnya? Itu karena keduanya memiliki brand positioning yang kuat. Apa itu brand positioning?

Kalau diterjemahkan, brand positioning adalah memposisikan brand kita. Berarti, bagaimana caranya agar brand kita memiliki karakter yang kuat dan keunikannya sendiri, sehingga membedakannya dari pesaing.

Dengan menentukan brand positioning dari brand, bisnis kita akan sangat diuntungkan karena dapat dibedakan dari kompetitor dengan baik oleh konsumen. Walaupun mungkin kelihatannya baru dalam jangka panjang.

Penutup

Itu dia beberapa contoh strategi marketing dan branding produk yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda. Bagaimana? Sekarang sudah terbayang mau melakukan apa untuk mengembangkan bisnis Anda?

Anda kesulitan dalam marketing dan branding produk? Serahkan saja urusan ini kepada Increasink, kami bisa membantu meningkatkan level bisnis Anda dengan layanan dan pengalaman yang kami miliki di dunia marketing dan branding! Khususnya di social media!

Anda bisa menghubungi kami melalui kontak ini. Kami siap melayani kebutuhan marketing dan branding produk Anda!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.

× Whatsapp Kami