fbpx
logo increasink blog

4 Contoh Konten Brand Awareness yang Bagus

March 3, 2023
Contoh Konten Brand Awareness

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam membangun brand adalah meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek. Ini ditunjukkan agar keberadaan brand semakin disadari oleh target audiens, agar kemudian dapat terkonversi menjadi pembeli. Sudahkah Anda mengetahui contoh konten brand awareness yang bagus?

Sesuai namanya, brand awareness adalah suatu ukuran yang menunjukkan kemampuan target audiens dalam mengenali sebuah brand atau produk. Brand awareness menjadi penting bagi sebuah brand karena secara tidak langsung memengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Nah, brand awareness sendiri sebenarnya bisa ditingkatkan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengelola akun media sosial (medsos) brand. Melalui medsos, brand dapat menjangkau lebih banyak audiens hanya dengan mengunggah konten-konten brand awareness.

Apakah Anda juga ingin meningkatkan brand awareness di medsos? Jika iya, silakan simak beberapa contoh konten brand awareness yang Increasink bagikan berikut ini!

Contoh konten brand awareness

1. Konten seputar perusahaan

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk meningkatkan brand awareness yaitu dengan membagikan konten seputar perusahaan, entah itu tentang pembukaan cabang baru, pencapaian perusahaan, ataupun lainnya. Macam-macam!

Namun, pastikan Anda tidak membuat konten perusahaan secara berlebihan. Kalaupun mau, buatlah konten seputar perusahaan yang memang disukai dan menjadi kebutuhan target audiens, seperti contoh berikut:

salah satu contoh konten brand awareness
Contoh konten awareness KARADA @ Bibah | Dok. Pribadi

Kebanyakan konten perusahaan kurang diminati oleh target audiens. Tapi, hebatnya konten ini berhasil mendapatkan tingkat interaksi yang tinggi. Kenapa begitu?

Karena target audiens mereka memang menjadikan berita seputar perusahaan sebagai kebutuhan mereka. Mereka memiliki kebiasaan dan kecenderungan untuk bertanya-tanya kepada perusahaan soal dibukanya cabang baru. Sehingga, wajar saja jika konten seperti ini bisa mendapatkan interaksi yang tinggi.

Baca Juga  Brand Loyalty adalah Ciri Konsumen Mencintai Merek Kita

Anda pun bisa mempertimbangkan untuk membuat konten ini kalau benar target audiens Anda membutuhkannya.

2. Konten seputar manfaat yang diperoleh konsumen (khusus jasa)

Jika bisnis Anda bergerak di bidang jasa, Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat konten-konten seputar manfaat apa yang akan diperoleh konsumen. Konten seperti ini biasanya menjadi winning content bagi brand yang bergerak di bidang jasa, lho.

Bisa juga dalam bentuk konten seputar manfaat
Contoh konten KARADA @ Bibah | Dok. Pribadi

Seperti misal, konten berikut ini. Brand bergerak di bidang jasa, yaitu jasa body treatment, di mana yang dicari orang-orang adalah ‘sensasi’ atau ‘rasa’ dari body treatment. Karena itu, konten akan cocok kalau menampilkan ‘sensasi’ atau ‘rasa’ yang didapatkan dari body treatment, apalagi dalam bentuk video seperti ini.

3. Konten quiz

Tidak harus melulu memperkenalkan brand secara langsung, kita juga bisa meningkatkan brand awareness melalui konten quiz, lho. Apalagi kalau berhadiah besar, pasti akan lebih banyak orang yang tahu keberadaan brand dan berpartisipasi dengan quiz tersebut!

Konten quiz menjadi salah satu contoh konten brand awareness berikutnya
Contoh konten awareness Varesse @ Bibah | Dok. Pribadi

4. Cerita menarik pelanggan

Selain memperkenalkan brand melalui akun medsos resmi, kita juga bisa meningkatkan brand awareness dengan bantuan pelanggan, lho. Caranya dengan membiarkan mereka membagikan cerita-cerita menarik mereka selama memakai produk atau jasa kita!

Dengan membiarkan pelanggan bercerita melalui konten-konten mereka, target audiens kita akan semakin menyadari keberadaan merek kita. Selain itu, trust mereka jauh lebih tinggi dibandingkan hanya mendengar kita dari akun medsos resmi kita.

Itu tadi beberapa contoh konten brand awareness. Bagaimana? Apakah Anda sekarang semakin terbayang ingin membuat konten apa untuk meningkatkan brand awareness perusahaan Anda?

Meningkatkan brand awareness di medsos memang tidak mudah, apalagi kalau kita masih di awal-awal atau sedang dalam tahap membangun bisnis. Pasti struggling dan butuh effort yang banyak, benar begitu?

Baca Juga  Brand Salience adalah Tanda Merek Menjadi Top of Mind

Tapi, tenang saja. Ada shortcut kok untuk mengatasi kesulitan kita dalam meningkatkan brand awareness perusahaan. Caranya dengan mengandalkan 3rd party seperti Increasink!

Increasink merupakan digital agency yang bergerak di bidang branding dan marketing. Kami membuka layanan social media management untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.

Hubungi saja kontak ini jika Anda tertarik untuk berkonsultasi dengan Increasink. Kami siap melayani segala kebutuhan marketing Anda!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.

× Whatsapp Kami