fbpx
logo increasink blog

4 Contoh Iklan Produk Sepeda Motor dari Yamaha, Menarik & Menjual!

March 8, 2023
Contoh Iklan Produk Sepeda Motor

Kalau Anda memiliki bisnis spesifik di sepeda motor, Anda setidaknya harus tahu contoh iklan produk sepeda motor yang baik seperti apa. Tujuannya agar Anda mendapat bayangan bagaimana cara memasarkan produk dengan baik dan benar.

Tidak seperti bisnis kopi atau baju, aktivitas pemasaran bisnis sepeda motor tidak terlalu masif. Selain karena bukan kebutuhan sehari-hari, mempromosikan sepeda motor cukup tricky dilakukan. Sehingga, membutuhkan kreativitas yang tinggi dalam melakukannya.

Masalahnya, salah satu sumber kreativitas adalah konten-konten yang sudah pernah dibuat oleh kompetitor atau brand lain. Jika contoh saja kurang, bagaimana cara membuat iklan produk sepeda motor yang baik dan benar?

Untungnya, Yamaha memiliki konten-konten bagus yang dapat dijadikan referensi. Dengan mengamati, meniru, dan memodifikasinya, kita dapat menciptakan sendiri konten iklan sepeda motor yang menarik dan menjual.

Berikut beberapa contoh iklan produk sepeda motor dari Yamaha. Disimak sampai habis, ya!

1. Foto pengguna bersama sepeda motor

Contoh iklan produk sepeda motor yang bisa Anda tiru
Contoh iklan produk sepeda motor dari Yamaha @ Bibah | Dok. Pribadi

Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam membuat iklan produk sepeda motor, yaitu mengunggah foto pengguna bersama sepeda motor. Kenapa begitu?

Secara psikologis, masyarakat Indonesia mencari produk sepeda motor tidak hanya untuk kebutuhan berkendara, tetapi juga kepuasan pribadi yang diperoleh dari menggunakan sepeda motor, seperti katakanlah tampak semakin elegan dengan sepeda motor.

Hal inilah yang bisa Anda tembak dari konten iklan produk sepeda motor. Buatlah konten sedemikian rupa yang menampilkan kepuasan yang akan diperoleh calon konsumen ketika menggunakan sepeda motor. Dengan begitu, Anda dapat memasarkan produk sepeda motor Anda secara efektif tanpa harus menjualnya secara terang-terangan.

Baca Juga  Formula Sederhana "3C" dalam Membuat Konten Instagram

2. Menghadirkan nuansa komunitas

Contoh iklan produk sepeda motor dari Yamaha
Contoh iklan produk sepeda motor dari Yamaha @ Bibah | Dok. Pribadi

Kurang lebih seperti poin sebelumnya mengenai sisi psikologis dari calon konsumen sepeda motor, di mana orang-orang ingin merasakan kepuasan pribadi dalam menggunakan sepeda motor. Namun, di sini yang lebih dititikberatkan adalah nuansa komunitas yang ingin dirasakan oleh pengguna sepeda motor.

Tidak dimungkiri, orang menggunakan sepeda motor juga karena ingin membentuk komunitas dengan sesamanya. Inilah yang bisa Anda tembak dari konten iklan produk sepeda motor Anda: menampilkan foto-foto bernuansa komunitas.

3. Konten produk yang kreatif

Referensi membuat iklan produk sepeda motor
Contoh iklan produk sepeda motor dari Yamaha @ Bibah | Dok. Pribadi

Tidak harus melulu dalam bentuk hard selling, konten produk juga bisa disajikan dalam bentuk yang kreatif dan unik, seperti misalnya pada gambar berikut ini:

Yamaha secara terang-terangan mengiklankan produk sepeda motor baru mereka, tetapi dalam bentuk komik yang menarik dan interaktif. Komik ini menitikberatkan ‘sensasi’ atau ‘rasa’ yang diperoleh calon konsumen ketika sudah membeli dan menggunakan produk tersebut.

Anda pun dapat menerapkan taktik ini pada konten sepeda motor Anda; membuat konten produk yang interaktif dan unik dengan menonjolkan ‘sensasi’ atau ‘rasa’ yang diperoleh dari menggunakan sepeda motor, diungkapkan dalam bahasa sehari-hari.

4. Memaknai hari raya dengan kreatif

Mungkin banyak dari kita berpikir kalau konten hari raya cukup mengikuti template yang sudah ada. Padahal, konten hari raya bisa dibuat kreatif sesuai dengan brand kita seperti apa, lho, seperti contoh pada gambar berikut:

Konten kreatif juga bisa dijadikan sebagai konten iklan produk
Contoh iklan produk sepeda motor dari Yamaha @ Bibah | Dok. Pribadi

Memang sekilas kelihatannya biasa saja, tapi Yamaha dengan piawainya membungkus konten hari raya secara menarik dan relate dengan brand mereka.

Tidak hanya sebagai bentuk ucapan hari raya, kalimat “Sesederhana menjadi pahlawan untuk keluarga dengan memberikan partner berkendara…”  dapat menjadi alternatif Yamaha dalam mempromosikan produk sepeda motor mereka. Terlebih lagi, pesannya sesuai dengan brand dan tidak melenceng dari makna hari raya.

Baca Juga  Cara Membuat Marketing Campaign yang Baik & Benar, Step by Step

Sekiranya taktik ini dapat Anda terapkan pada konten Anda; pastikan terlebih dulu kalau Anda sudah memahami dengan baik makna dari hari raya. Jika sudah, buatlah campaign atau konten iklan produk yang menggambarkan brand dengan baik sekaligus selaras dengan makna dari hari raya. Jadilah konten iklan produk sepeda motor yang menarik & menjual!

Ringkasan + penutup

Itu dia beberapa contoh iklan produk sepeda motor yang dapat Anda terapkan pada konten Anda. Adalah ternyata ada trik tersendiri dalam membuat iklan produk sepeda motor, ya!

Kuncinya hanya satu: Anda memahami dengan baik apa yang diinginkan dari produk sepeda motor Anda. Bukan produknya semata, tetapi ‘rasa’ atau ‘sensasi’ yang ingin diperoleh dari menggunakan produk sepeda motor.

Untuk bisa membuat konten seperti itu, tentu Anda harus memahami dulu siapa yang menjadi target audiens Anda, seperti apa karakteristik dari platform media sosial (medsos) yang menjadi placement konten Anda, dan apa positioning dari brand Anda.

Setelah itu, baru Anda bisa bermain di medsos dengan ciamik, memanfaatkan kreativitas tim Anda dalam meramu konten-konten untuk mengembangkan akun medsos bisnis Anda. Atau Anda juga bisa menyerahkan urusan seperti ini kepada Increasink, misalnya.

Increasink sendiri merupakan digital agency yang bergerak di bidang digital marketing dan branding. Kami saat ini membuka layanan mengelola akun medsos bisnis yang sudah include dengan pembuatan iklan produk berdasarkan positioning brand Anda.

Hubungi saja kontak ini jika Anda tertarik untuk berkonsultasi dengan Increasink. Kami siap melayani segala kebutuhan marketing Anda!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.

× Whatsapp Kami