Contoh Gimmick Marketing dan Peran Pentingnya dalam Pemasaran Bisnis

February 13, 2022

Pada zaman yang kompetitif ini, perusahaan perlu memikirkan strategi pemasaran bisnis yang tepat dan efektif untuk mempertahankan pelanggan dan menarik minat calon pelanggan baru. Promosi penjualan bagi perusahaan ritel menjadi kunci dalam menjangkau pelanggan potensialnya. Maka, tak heran bila perusahaan banyak yang menginvestasikan anggarannya pada kegiatan promosi. Kegiatan promosi juga tidak bisa sembarangan. Perusahaan harus memastikan dan mengusahakan promosi yang digunakan adalah kegiatan promosi yang handal. Dalam hal ini, diperlukan strategi pemasaran bisnis. Salah satu metode yang dapat diandalkan adalah gimmick marketing.

Apa itu Gimmick Marketing?

Gimmick adalah sebuah trik atau strategi untuk menarik perhatian dan publikasi. Dalam kehidupan sehari-hari, istilah gimmick sering digunakan dalam dunia hiburan. Seperti ketika film xxx hendak tayang, maka dibuatlah gimmick pemainnya saling jatuh cinta dalam kehidupan nyata. Atau ketika film horor akan rilis dibuatlah gimmick penonton kesurupan. Gimmick dibuat untuk mempengaruhi orang. Dalam konteks pemasaran bisnis, berarti gimmick adalah cara untuk mempengaruhi orang agar membeli atau menggunakan produk barang maupun jasa perusahaan. Metode itulah yang disebut dengan gimmick marketing.

Pada gimmick marketing, ditonjolkan diferensiasi atau faktor pembeda satu produk dengan produk yang lain. Bentuk gimmick sendiri tidak selalu harus sensasi. Display produk dengan banyak warna mencolok dan desain yang unik sudah dapat disebut sebagai gimmick marketing. Cara mengaplikasikan gimmick marketing dalam pemasaran bisnis pun beragam tergantung pada kreativitas perusahaan.

Gimmick sebagai strategi pemasaran bisnis baru-baru ini semakin banyak dilirik untuk meningkatkan brand awareness suatu produk. Strategi pemasaran gimmick juga sangat mampu mempengaruhi minat beli masyarakat. Selama promosi gimmick dikerjakan secara tepat sesuai segmentation, targeting, dan positioning, maka strategi gimmick akan berhasil. Gimmick yang berhasil akan mampu meningkatkan penjualan sehingga menghasilkan keuntungan yang banyak. 

Bagaimana Melakukan Gimmick Marketing dalam Pemasaran Bisnis?

Ada beberapa cara yang dapat digolongkan sebagai gimmick marketing. Bukan berarti ketika Anda melakukan beberapa cara sekaligus, produk Anda akan dilirik oleh pasar. Anda tidak harus melakukan semuanya. Kuncinya adalah pada segmen, target, dan posisi. Anda harus memilih gimmick mana yang sesuai dengan usaha dan value yang Anda bawa. Berikut adalah beberapa contoh gimmick marketing:

1. Memberi nama yang catchy pada produk Anda

Berikan nama yang menarik dan mudah diingat pada produk Anda agar mengena di hati masyarakat. Sehingga ketika orang-orang mendengar kata tersebut maka akan langsung terafiliasi pada produk Anda. Seperti kata “Windows” yang ketika diperdengarkan dalam konteks tertentu akan langsung mengarah pada “Microsoft Windows”. Orang tidak sekedar memahami kata tersebut sebagai jendela, tetapi merujuk kepada sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh Microsoft yang berbasis modus teks dan command-line.

2. Anda harus berani berinovasi

Jika Anda sebagai pebisnis dalam bidang kuliner yang akan membuka restoran, beranilah berpikir kreatif dan melakukan eksperimen dalam menciptakan resep. Ambillah contoh menu Ngiklan.yuk yang pada dasarnya hanyalah nasi, ikan goreng, dan sambal. Namun, mereka mengemas tersebut dengan tampilan seperti fast food. Dimana biasanya yang dijual di gerai fast food adalah nasi ayam.

3. Manfaatkan kemajuan teknologi dan media sosial

Manfaatkan fasilitas video live streaming yang sudah banyak terdapat di berbagai aplikasi platform sosial ketika mempersiapkan sebuah produk, sedang launching produk, dan lakukan update secara rutin. Media sosial yang dapat dimanfaatkan antara lain Instagram, Youtube, dan sebagainya. Manfaatkan tools media sosial untuk mempertahankan pelanggan lama dan menarik calon pelanggan potensial tetap terhubung dengan produk Anda.

4. Jangan membuat iklan yang mainstream

Buatlah iklan yang unik sehingga membuat orang-orang mengingat produk Anda. Contoh iklan-iklan yang anti-mainstream adalah iklan-iklan dari Negeri Gajah Putih. Coba ketik keywordiklan Thailand” di Google atau Youtube maka Anda akan menemukan sejumlah iklan menarik.

5. Gandeng ambassador

Trik ini dapat dilihat pada sejumlah produk, salah satunya adalah Lux by Maudy Ayunda: Shimmering Sandalwood Musk. Pada produk ini, Unilever mengangkat #StopBeautyBullying. Maudy Ayunda yang pernah merasakan hal tersebut digandeng sebagai duta potensial produk tersebut. Lux dan Maudy Ayunda menggelar talkshow khusus untuk membahas beauty bullying di beberapa tempat. Entah hanya gimmick atau memang benar adanya Maudy Ayunda menyatakan bahwa ia pernah mengalami beauty bullying seputar fisik yang membuatnya insecure. Ia juga sangat menyayangkan bahwa pelaku dari bullying tersebut adalah sesama perempuan. Jadi ia merasa senang ketika memiliki kesempatan mengangkat isu tersebut bersama Lux.

6. Manfaatkan event atau trent tertentu

Anda tidak perlu memikirkan event apa yang dapat Anda manfaatkan. Indonesia memiliki hari-hari besar yang dapat Anda jadikan celah untuk melakukan gimmick. Misalnya ketika Anda memiliki usaha fashion, ketika Bulan Ramadhan Anda dapat menjual koleksi Ramadhan yang nantinya diikuti dengan fashion-fashion bertema Hari Raya Idul Fitri seperti gamis modis, baju koko, dan sebagainya. Begitu pula ketika Imlek dan Natal, Anda dapat menjual pakaian dan pernak-pernik fashion sesuai moment. Anda juga dapat memberikan diskon pada tanggal tertentu, misalnya ketika tanggal cantik 9 September dan sebagainya. Contoh lainnya jika Anda menjual produk wellness (vitamin, suplemen kesehatan, personal care, sport nutrition, herbal, dan makanan kesehatan lainnya yang alami dan organik), manfaatkanlah trend kesehatan yang semakin urgent.

Contoh gimmick marketing lain dalam pemasaran adalah seperti iklan sepeda motor yang sangat cepat sehingga membuat siapapun yang menaikinya akan menjadi compang-camping. Gimmick lain yang sederhana ketika Anda mengiklankan produk di media sosial Anda dengan iming-iming potongan harga, padahal sebenarnya Anda sudah mengkalkulasikannya sedemikian rupa sehingga tidak akan merugi walaupun melakukan pemotongan harga. Pada dasarnya praktik gimmick marketing sangatlah luwes.

Anda harus mencatat setiap strategi pemasaran bisnis berwujud gimmick yang dilakukan. Tandai mana yang berhasil mendatangkan keuntungan materi maupun kepercayaan dari masyarakat. Tandai pula sebaliknya, gimmick marketing mana yang tidak berhasil dan merugikan penjualan. Catat pula pengeluaran untuk biaya gimmick marketing bahkan ketika strategi tersebut menghasilkan keuntungan yang banyak.

Perlu diperhatikan pula, dalam membuat gimmick marketing, jangan gunakan cara yang begitu kelewatan atau norak. Hal itu akan menjadi bumerang bagi bisnis Anda. Meski gimmick tidak selalu mengenai sesuatu yang benar-benar terjadi dan bisa merupakan rekayasa, akan tetapi perlu bagi Anda untuk memperhatikan aspek rasionalitas di samping aspek atraksi. Mengingat gimmick marketing bersifat luwes, sebenarnya Anda dapat belajar secara otodidak untuk dapat melakukan strategi pemasaran bisnis berwujud gimmick. Belajarlah dari pengalaman Anda sendiri sebagai konsumen. Tandai hal-hal yang membuat Anda tertarik pada penawaran tertentu.

Anda juga dapat mempelajari cara membuat gimmick marketing melalui iklan-iklan yang setiap hari Anda temui. Berpikir kritis dan skeptislah, agar dapat mempersiapkan untung rugi dalam membuat gimmick marketing. Mungkin di awal akan terasa sulit, namun lama kelamaan jika Anda sudah terbiasa melakukan praktik gimmick, maka Anda dapat menjalankannya dengan leluasa.

Share:

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!