Salah satu cara mempromosikan produk kesehatan adalah dengan membuat copywriting produk kesehatan yang menarik. Nah, untuk tahu apakah copywriting yang kita buat sudah menarik atau belum, kita bisa merujuk pada contoh copywriting produk kesehatan yang ada, seperti misalnya dari Riliv.
Kenapa Riliv? Karena, berdasarkan temuan kami, Riliv termasuk akun Instagram bisnis kesehatan dengan jumlah interaksi per postingan yang cukup tinggi. Angkanya selalu mencapai ribuan — termasuk banyak untuk akun yang notabenenya termasuk di bidang kesehatan.
Sehingga, dengan merujuk pada Riliv, barang tentu copywriting produk kesehatan yang kita buat akan tepat dan presisi. Karena kita sudah mendapat gambaran seperti apa copywriting produk kesehatan yang baik.
Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa contoh copywriting produk kesehatan dari Riliv. Besar harapannya agar kita bisa mempelajari triknya, kemudian menerapkannya dengan baik dalam copywriting yang kita buat. Yuk, langsung saja kita bahas!
1. Gunakan gaya bahasa pasien
Trik pertama yang selalu digunakan Riliv adalah menggunakan gaya bahasa pasien dalam setiap copywriting-nya. Seperti misal pada contoh berikut, kata-kata yang digunakan adalah “Nggak usah mikir gimana caranya dari 0 ke 100”. Tidak menggunakan kata-kata yang jarang digunakan oleh pasien seperti “Tidak usah mikir bagaimana cara dari 0 ke 100”.
Selain memudahkan komunikasi, penulisan copywriting seperti ini dapat lebih menyentuh hati pasien. Terlebih, Riliv sendiri merupakan bisnis produk kesehatan di bidang kesehatan mental; tentu perlu menyentuh hati pasien untuk mendapatkan kepercayaan mereka untuk mau berkonsultasi dengan mereka.
Jadi, intinya, Anda perlu memahami dulu bisnis produk kesehatan Anda bergerak di sektor apa. Syukur-syukur jika bergeraknya di kesehatan mental; Anda bisa meniru apa yang dilakukan oleh Riliv.
Namun, kalau ternyata bergeraknya di sektor kesehatan yang lain, Anda mau tidak mau harus memahami dulu seperti apa bisnis kesehatan Anda, untuk bisa mengetahui perilaku dan karakteristik dari pasien Anda. Setelah itu, baru Anda bisa membuat copywriting produk kesehatan Anda.
2. Bertentangan dengan keyakinan
Sadar tidak sadar, Riliv juga sering menggunakan taktik ‘bertentangan’ dalam copywriting yang mereka buat. Maksud ‘bertentangan’ di sini yaitu apa yang ditulis bertentangan dengan apa yang diyakini oleh orang-orang, seperti misal pada contoh copywriting berikut ini:
Hampir semua orang percaya kalau jadi perempuan itu susah, banyak tuntutannya. Tapi, entah kenapa copywriting berikut ini menampilkan hal yang bertolak belakang, bahwa menjadi perempuan gampang, enggak banyak tuntutannya. Dengan catatan, slide-slide berikutnya dari postingan ini menambahkan catatan yang mendukung pernyataan mereka di sini.
Copywriting seperti ini jelas mendulang interaksi yang banyak dari pembacanya. Selain karena bertentangan, copywriting ini memberi value dan pengetahuan baru kepada kita. Sehingga, wajar saja orang-orang menyukai copywriting dari postingan ini.
Walaupun, semisal, bisnis Anda tidak bergerak di kesehatan mental, Anda tetap dapat menerapkan taktik ini dalam copywriting yang Anda buat, lho. Karena, seperti tadi sudah disebutkan, copywriting seperti ini akan memberi value lebih dan tentu pengetahuan yang baru.
3. Highlight USP dari produk
Cara terakhir yang bisa Anda gunakan dalam copywriting yang Anda buat yaitu dengan menggarisbawahi USP dari produk. Karena, tentu tujuan utama Anda adalah berjualan. Jelas, Anda mau tidak mau harus menonjolkan keunggulan atau keunikan dari produk Anda, bukan?
Yang tentunya, USP dari produk dirangkai dalam bahasa yang digunakan sehari-sehari oleh pasien, sebagaimana pada poin pertama yang sudah disebutkan. Jangan sampai menggunakan bahasa yang tidak digunakan oleh pasien. Karena kalau tidak, tentu akan sulit untuk menarik hati pasien untuk mau menggunakan jasa kesehatan kita.
Penutup
Itu dia beberapa contoh copywriting produk kesehatan dari Riliv. Anda bisa memahami dulu seperti apa bisnis kesehatan Anda dan juga karakteristik dan perilaku dari pasien Anda. Dengan begitu, Anda bisa merangkai copywriting produk kesehatan dengan baik.
Contoh-contoh yang sudah kami sebutkan tadi semuanya berasal dari akun Instagram Riliv. Nah, untuk membuat copywriting yang tepat, tentu dari kita perlu memahami karakteristik dari media sosial yang menjadi placement dari copywriting. Pertanyaannya, sudahkah Anda memahami karakteristik dari Instagram?
Ingin membuat copywriting di Instagram tanpa ribet? Anda bisa lho menggunakan jasa social media management dari Increasink!
Increasink sendiri merupakan digital agency yang bergerak di bidang digital marketing dan branding. Layanan social media management kami sudah termasuk dengan copywriting dan pembuatan konten di media sosial Anda. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi soal optimasi pemasaran Anda di media sosial!
Silakan hubungi kontak ini jika Anda tertarik. Kami siap melayani kebutuhan copywriting dan social media management Anda!