fbpx
logo increasink blog

4 Contoh Copywriting Kopi yang Manjur Menarik Hati Pembeli!

February 21, 2023
Contoh copywriting kopi

Bisnis kopi saat ini terus berkembang dan meningkat popularitasnya, mau tidak mau membuat Anda sebagai pemilik bisnis kopi mempelajari contoh copywriting kopi yang ada, supaya dapat bertahan di tengah sengitnya persaingan bisnis.

Kenapa copywriting? Karena kita tahu, copywriting sangat mempengaruhi tindakan pembelian seseorang, termasuk dalam hal ini pelanggan produk kopi — keputusan pembelian mereka pada produk kopi sangat dipengaruhi oleh copywriting.

Semakin baik copywriting-nya, semakin tinggi pula peluang pelanggan untuk membeli produk kopi kita. Apalagi kalau kita sudah membahas media sosial (medsos), tempat di mana orang-orang hanya mau membeli produk kita bila copywriting-nya menarik.

Ingat, target pelanggan kita sekarang ini sangat memerhatikan akun medsos bisnis kita, apakah memiliki interaksi yang bagus dengan followers kita dan apakah copywriting sudah mencerminkan brand dengan baik atau belum.

Karena itulah, dalam artikel ini Increasink akan bagikan beberapa contoh copywriting kopi beserta penjelasan lengkap kenapa dibuat seperti itu. Supaya Anda dapat memahami bagaimana cara membuat copywriting kopi yang bagus untuk brand Anda.

Langsung saja kita bahas, yuk!

1. Menggunakan kata-kata yang menarik

Contoh copywriting kopi
Contoh copywriting kopi dari Kopi Kenangan @ Bibah | Dok. Pribadi

Kalau sudah membahas copywriting tentu tidak lepas dari yang namanya permainan kata-kata, termasuk dalam hal ini copywriting untuk bisnis kopi, seperti misal “Pesta Promo Setiap Hari Rabu”.

Meski sekilas terkesan sederhana, namun kalau kita telaah lebih jauh sebenarnya termasuk copywriting yang menarik dan bagus. Kenapa demikian?

Pertama, ketika mendengar kata ‘promo’, kebanyakan orang akan langsung mengasosiasikannya dengan ‘kebahagiaan’ karena bisa mendapat produk impian dengan harga terjangkau. Apalagi kalau ditambah kata ‘pesta’ di depannya; semakin memperkuat kesan tersebut.

Baca Juga  Guerilla Marketing, Strategi Buat Brand Viral dalam Sekejap

Kedua, jumlah kata dari copywriting ini, hanya terdiri dari 5 kata. Sehingga, mudah sekali untuk diingat dan dilafal. Bukankah Anda merasa begitu juga ketika menyebut “Pesta Promo Setiap Hari Rabu”?

Terakhir, masalah waktu, yaitu “Setiap Hari Rabu”. Waktu, penting untuk ditambahkan atau dimasukkan dalam copywriting agar orang-orang merasa ada urgensi dalam membeli produk kopi kita. Tanpa memasukkan waktu, akan sulit bagi target pelanggan untuk mau membeli produk kopi kita.

2. Menggambarkan brand dengan baik

Contoh copywriting kopi dari Kopi Kenangan
Contoh copywriting kopi dari Kopi Kenangan @ Bibah | Dok. Pribadi

Seperti misal pada Kopi Kenangan. Brand ini lekat dengan kesan ‘kenangan’, ‘mengingat mantan’, ‘nostalgia’, ‘kegalauan’, atau hal-hal semacam lainnya. Karena itulah, dalam salah satu copywriting mereka tertulis “Rayuan: Rabu yang Seru di Kenangan”; ada kata “rayuan” yang lekat dengan asosiasi tadi.

Anda pun dapat menerapkan teknik ini dalam copywriting kopi Anda, jikalau Anda sudah memahami brand Anda dengan baik dan apa saja kesan-kesan yang melekat dengannya. 

Jika masih bingung, cobalah bertanya kepada tim Anda mengenai tanggapan mereka terhadap brand kopi Anda. Untuk memvalidasi lebih lanjut, minta juga kesan dan pendapat orang-orang asing.

3. Menggunakan teknik promotional headline

Contoh copywriting kopi dari Janji Jiwa
Contoh copywriting kopi dari Janji Jiwa @ Bibah | Dok. Pribadi

Cara berikutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan teknik promotional headline. Promotional headline ialah headline copy yang isinya komersial dan langsung menjurus pada jualan. Tidak ada embel-embel terlebih dulu.

Seperti misal pada copywriting Janji Jiwa berikut, bertuliskan “Promo Tiap Hari” dan “Tunjukkan Postingan ini dan Dapatkan Promo Spesialnya”. Sekali baca saja kita tahu kalau copywriting ini memang menjurus langsung pada penjualan. 

Untuk menyederhanakan penjelasan, kata-kata andalan dalam teknik ini yaitu “Promo”, “Gratis Ongkir”, “Spesial”, dan sebagainya. Gunakanlah kata-kata ini ketika Anda membuat copywriting dengan teknik promotional headline.

4. Trik psikologi angka

Contoh copywriting dari Janji Jiwa
Contoh copywriting kopi dari Janji Jiwa @ Bibah | Dok. Pribadi

Sering digunakan di berbagai bentuk iklan, tak terkecuali iklan kopi. Psikologi angka, ialah teknik memainkan psikologi target audiens dengan mengandalkan penggunaan angka. Teknik ini cukup efektif dalam meningkatkan hasrat membeli calon konsumen.

Baca Juga  3 Contoh Copywriting Hotel yang Menarik & Menjual

Akan menjadi pembahasan tersendiri jika kita membahas teknik psikologi angka. Namun dalam artikel ini, kita akan membahas salah satu triknya saja, yaitu teknik mencoret angka.

Sebagaimana trik psikologi angka pada umumnya, teknik coret angka berguna dalam meningkatkan hasrat membeli calon konsumen. Untuk caranya sendiri, kita tinggal mencoret harga awal, kemudian menulis harga terkini di sebelah kirinya, dengan ukuran font yang tentunya lebih besar.

Cara ini benar-benar harus diperhatikan secara seksama, karena sangat memengaruhi penjualan kopi Anda nanti. Jangan sampai, angka yang tidak dicoret berukuran lebih kecil dari yang dicoret. Atau malah posisi keduanya tidak seperti yang sudah dijelaskan.

Penutup

Itu dia beberapa contoh copywriting kopi yang bisa dijadikan panduan Anda dalam membuat copywriting kopi. Bagaimana? Apakah penjelasan tadi membantu Anda? Sudahkah Anda paham bagaimana cara menerapkan setiap teknik tadi?

Ingin pengalaman membuat copywriting yang Anda lakukan jadi lebih mudah? Ditambah akun medsos bisnis kopi Anda teroptimasi dengan baik? Serahkan saja urusan ini kepada Increasink!

Increasink merupakan digital agency yang bergerak di bidang digital marketing dan branding. Kami sudah berpengalaman menangani puluhan perusahaan dan perorangan dalam meningkatkan kehadiran online bisnis mereka, dengan cara melakukan social media management pada akun medsos bisnis mereka.

Anda pun bisa mendapatkan pengalaman yang kurang lebih sama dengan mereka. Hubungi saja kontak kami di sini, mari bersama-sama membangun bisnis Anda lebih baik lagi!

Terima kasih dan sampai jumpa!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.