fbpx
logo increasink blog

4 Contoh Copywriting Bimbel dari Ruangguru, Bagus untuk Dipelajari!

February 16, 2023
Contoh copywriting bimbel

Bagi Anda yang mempunyai bisnis atau minimal bergerak di bidang pemasaran dari bisnis bimbingan belajar (bimbel), biasanya membutuhkan contoh copywriting bimbel untuk dijadikan sebagai panduan dalam mempromosikan bisnis Anda.

Hal ini karena contoh copywriting bimbel berisikan contoh-contoh rangkaian kata yang berhasil membius calon pelanggannya untuk menjadi user tetap mereka. Tidak sedikit bisnis bimbel yang membuktikan ini melalui pertumbuhan akun media sosial (medsos) mereka. Atau bahkan membludaknya jumlah peserta bimbel di lembaga mereka.

Karena itulah dalam artikel ini kita akan mencuri sedikit ilmu bisnis bimbel dalam menghipnotis calon pelanggan mereka. Bagaimana cara mereka merangkai kata sehingga orang-orang tertarik untuk mendaftar di lembaga mereka.

Adapun lembaga yang dijadikan sebagai referensi adalah Ruangguru. Hal ini karena Ruangguru merupakan lembaga bimbel dengan pertumbuhan yang cukup signifikan; hanya dalam beberapa tahun berhasil mendapatkan hati masyarakat kita!

Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut adalah beberapa contoh copywriting bimbel dari Ruangguru yang bisa dipelajari!

1. Menonjolkan unique selling proposition (USP) dari konten promosi

contoh copywriting bimbel

Contoh copywriting dari Ruangguru @Bibah | Dok. Pribadi

Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam membuat copywriting bimbel yaitu dengan menonjolkan unique selling proposition (USP) dari konten promosi. Apa itu USP

Singkatnya, USP adalah nilai lebih atau poin menarik dari produk atau brand yang kita pasarkan. Ambil contoh konten promosi Ruangguru mengenai Tryout SNBT 2023 pada gambar di atas. 

Baca Juga  Pelajari 3 Contoh Copywriting Makanan Frozen dari Fiesta Chicken Nugget, Roketkan Penjualan!

Konten ini lebih banyak memuat copywriting mengenai benefit dari program yang dipasarkan oleh Ruangguru dalam konten tersebut, seperti misal “Soal dan Pembahasan TER-UPDATE dengan Tes Potensi Skolastik dan Literasi”, “Live Teaching Pembahasan TER-UPDATE bersama Master Teacher”, dan sebagainya.

Anda pun dapat meniru apa yang dilakukan oleh Ruangguru dalam mempromosikan konten mereka, dengan mengenali apa saja USP dari program-program Anda, kemudian mengidentifikasi siapa yang menjadi target audiens Anda agar bahasa copy-nya lebih sesuai, barulah membuat copywriting yang disesuaikan dengan kedua langkah sebelumnya.

Pasti copywriting yang Anda buat sesuai dan kena di hati audiens. Menghasilkan lebih banyak konversi ke penjualan!

2. Mengidentifikasi masalah yang dialami oleh target audiens

contoh copywriting bimbel dari ruangguru

Contoh copywriting dari Ruangguru @ Bibah | Dok. Pribadi

Dalam membuat copywriting headline, kita tidak harus serta-merta langsung membuatnya tanpa didahului oleh sebuah atau beberapa kalimat pengantar. Justru, kita bisa mengajukan sejumlah pertanyaan terlebih dahulu agar copywriting headline yang dibuat lebih kena di hati audiens.

Seperti misal pada contoh copywriting bimbel dari Ruangguru berikut ini. Ia tidak serta-merta langsung menjejalkan copywriting headline begitu saja tanpa pengantar terlebih dahulu. Justru, ia dimulai dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sejatinya relevan dengan permasalahan yang dialami oleh target audiens dari Ruangguru.

Bukankah permasalahan kebanyakan calon peserta bimbel adalah soal strategi mengerjakan soal dan perkiraan materi apa saja yang akan keluar dari soal? Paham ya kenapa copywriting harus dibuat dengan mengacu pada permasalahan yang dialami oleh target audiens Anda?

3. Menggunakan taktik promotional headline

contoh copywriting bimbel

Contoh copywriting dari Ruangguru @ Bibah | Dok. Pribadi

Ingin berjualan secara langsung tanpa ada embel-embel? Anda bisa menggunakan taktik promotional headline dalam copywriting bimbel yang Anda buat!

Baca Juga  3 Contoh Copywriting Furniture dari DEKORUMA, Menarik & Menjual!

Seperti namanya, promotional headline adalah headline copy yang dibuat untuk tujuan komersial atau langsung menjurus pada penjualan. Sifatnya 100% hard selling dan 0% soft selling. 

Kata-kata andalan yang biasa digunakan adalah “diskon s.d…%”, “ready stock”, “pesan sekarang”, dan sebagainya. Kurang lebih seperti pada contoh copywriting Ruangguru di atas!

Promotional headline cukup efektif dalam menjaring konversi atau penjualan, apalagi kalau pemasaran bimbel Anda sudah memasuki tahap funnel conversion. Namun, kurang efektif jika bisnis bimbel Anda masih harus ditingkatkan awareness maupun consideration-nya.

Karena itu, pertimbangkan baik-baik sebelum menggunakan promotional headline dalam copywriting bimbel Anda, ya!

4. Permainan kata-kata

contoh copywriting bimbel

Contoh copywriting dari Ruangguru @ Bibah | Dok. Pribadi

Meski contoh copywriting bimbel pada gambar ini menggabungkan teknik-teknik sebelumnya, namun yang kita bahas di sini adalah kata-kata “Persiapan Kilat 3 Bulan Menuju UTBK”.

Kata-kata tersebut sekilas terkesan sederhana dan seperti contoh copywriting bimbel pada umumnya. Akan tetapi, copywriting tersebut dapat memuat informasi terkait waktu dengan susunan kata yang menarik dan mudah dicerna. Apalagi penggunaan kata “kilat” yang sesuai dengan behaviour target audiens dan memang mudah dilafal.

Anda pun sebaiknya seperti itu dalam membuat copywriting; memerhatikan permainan kata dengan baik. Memastikannya agar mudah dicerna dan dilafal, tanpa harus dibaca berulang kali untuk bisa dipahami.

Sekapur sirih tentang copywriting

Itu dia beberapa contoh copywriting bimbel dari Ruangguru. Bahwa ternyata membuat copywriting bimbel juga ada ilmunya, ya! Mulai dari harus menonjolkan USP sampai memikirkan permainan kata-kata. Tidak semudah apa yang dibayangkan!

Belum lagi copywriting yang dibuat harus diperhatikan agar kontennya bisa engage dengan audiens di medsos. Jangan sampai kita sudah capek-capek buat copy, tapi malah tidak engage sama sekali dengan audiens. Yang ada malah akun susah bertumbuh, dan tidak menghasilkan penjualan sama sekali.

Baca Juga  Micro Influencer adalah Sumber Cuan Bisnis Kita

Waduh, jadi ribet ya? Memang di situlah letak challenging-nya dari copywriting. Anda harus memerhatikan copywriting sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan pertumbuhan dalam akun medsos bisnis bimbel Anda, bahkan mendatangkan banyak penjualan pada lembaga Anda.

Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi soal ini. Karena sudah ada Increasink yang siap menjadi solusi All-In-One bisnis Anda dengan layanan social media management!

Increasink merupakan digital & branding agency yang bergerak di bidang marketing & branding. Social media management termasuk dalam bagian dari layanan kami untuk membantu mengembangkan akun medsos bisnis Anda, yang sudah termasuk dengan membuat copywriting untuk konten promosi.

Hubungi saja kontak ini jika Anda tertarik untuk berkonsultasi dengan Increasink. Kami siap melayani segala kebutuhan marketing Anda!

Sekian dan semoga bermanfaat.

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.