fbpx
logo increasink blog

7 Contoh Caption Personal Branding + Cara Membuatnya

January 11, 2023
Contoh Caption Personal Branding

Sedang mencari contoh caption personal branding yang bagus? Membuat caption personal branding memang lebih challenging ya ketimbang membuat caption untuk brand. Lantaran tulisannya harus menggambarkan dengan baik kepribadian dari orang yang di-personal branding.

Lain soal ketika kita membuat caption untuk brand. Memang harus sesuai dengan gambaran brand tersebut seperti apa, tetapi setidaknya kita bisa meniru ulang caption yang sudah ada lalu memodifikasinya sedikit agar ada perbedaannya.

Dari pengertian saja, personal branding memiliki arti membangun brand personal, yang kebanyakannya di media sosial (medsos). Dan bicara soal diri sendiri, tentu masing-masing dari kita memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan inilah yang ingin kita tampilkan atau di-personal branding di medsos

Bagaimana dengan kekurangan diri? Sebenarnya tidak apa-apa kalau di-personal branding, karena bagusnya kan bisa menggambarkan diri kita apa adanya dengan baik. Tetapi, jangan sampai berlebihan karena dapat berdampak negatif pada reputasi diri kita.

Makanya itu kita harus tahu cara membuat caption personal branding atau minimal tahu contoh caption personal branding untuk kita pelajari. Tujuannya supaya kita dapat menggambarkan diri kita di medsos dengan baik tanpa menimbulkan hal-hal yang dapat berpotensi mencoreng reputasi diri kita.

Berikut ini Increasink berikan beberapa contoh caption personal branding beserta sedikit penjelasannya. Siapa tahu bisa jadi referensi Anda ketika membuat caption nanti!

Contoh caption personal branding

1. Complementary Caption

contoh caption personal branding
Contoh bentuk complimentary caption @Bibah/Increasink

Contoh caption pertama ada complementary caption. Caption seperti ini biasanya tidak menjelaskan tentang apa yang dibahas secara panjang lebar, dan sifatnya hanya mengajak pembaca untuk membaca versi lengkap dari pembahasan di feed Instagram.

Baca Juga  Brand Salience adalah Tanda Merek Menjadi Top of Mind

Untuk cara membuat complimentary caption, pertama, pastikan Anda sudah membuat feed dari awal sampai habis. Pastikan juga Anda sudah memahami dengan baik apa yang Anda tulis di feed. Jangan sampai Anda tidak mendapat gambaran dari apa yang Anda tulis.

Jika sudah, buatlah caption dengan mengawalinya dengan mengutip kata-kata yang menarik dari feed. Kemudian, untuk paragraf berikutnya, Anda bisa membahas sedikit tentang apa yang Anda tulis di feed agar orang-orang tertarik untuk membaca feed Anda.

2. Explanatory caption

contoh caption personal branding
Contoh bentuk explanatory caption @Bibah/Increasink

Yang ini berkebalikan dengan complementary caption. Seperti namanya, explanatory caption menjelaskan apa yang ada dalam feed dari awal sampai habis. Sementara feed-nya sendiri hanya sekadar visual dengan sedikit penjelasan agar memang selengkapnya bisa dibaca di caption.

Bagaimana cara membuat explanatory caption? Pertama, Anda tulis secara ringkas pembahasan di dalam feed. Jangan kebanyakan, karena selebihnya akan dijelaskan di caption dengan lengkap. Cukup tonjolkan saja visual dari feed beserta efeknya agar memperkuat pesan yang ada dalam caption.

Kalau sudah, Anda tinggal menuliskan apa yang ingin Anda bahas secara lengkap di caption. Pastikan tulisannya sudah menjawab apa-apa yang dijelaskan di dalam feed. Jangan sampai isinya tidak nyambung sama sekali dengan di feed, oke?

3. Statement Caption

contoh caption personal branding
Contoh bentuk statement caption @Bibah/Increasink

Contoh caption berikutnya ada statement caption. Caption ini biasanya bertuliskan tentang state dari si personal orangnya secara singkat, padat, dan jelas, yang berhubungan langsung dengan isi foto dari feed.

Caption ini sendiri terbilang cukup mudah cara membuatnya. Anda tinggal mengupload sekumpulan foto yang satu tema, kemudian menuliskan caption yang isinya menggambarkan perasaan, quote, atau apa pun tentang foto-foto tersebut. Tapi, tulisannya harus singkat, padat, dan jelas. Tidak kebanyakan tulisan.

Baca Juga  Panduan Lengkap Cara Membuat Logo Olshop

4. Mentioning caption

contoh caption personal branding
Contoh bentuk mentioning statement @Bibah/Increasink

Yang ini mirip dengan contoh caption personal branding yang pertama. Hanya saja, sifatnya hanya me-mention ulang salah satu kalimat atau frasa dari tulisan yang ada dalam feed. Tidak perlu sampai ada penjelasan mengenai isi tulisan dari feed itu seperti apa. Karena memang isi dari feed itu sendiri sudah cukup lengkap dalam mengulas tentang sesuatu.

5. Discussion caption

contoh caption personal branding
Contoh bentuk discussion caption @Bibah/Increasink

Contoh caption berikutnya ada discussion caption. Tipe caption ini biasanya mengambil sikap netral (tidak pro atau kontra), dan cenderung diawali dengan tulisan seputar pengantar dari diskusi seperti yang tampak pada gambar di atas. 

Karena tujuannya sendiri memang untuk menciptakan ruang diskusi sehingga bisa meningkatkan engagement akun, meningkatkan kesetiaan followers lama, dan bahkan menjaring followers baru.

contoh caption personal branding
Konten Reels Sibarani Sofian Sudah Ditonton Lebih dari 20.000 kali @Atha/Increasink

Untuk membuat caption seperti ini, pastikan Anda telah memposisikan diri sebagai pemantik diskusi, yang berarti Anda tidak mengungkapkan opini pribadi Anda, melainkan menyajikan fakta-fakta menarik dari topik yang diangkat.

Nah, karena tujuannya untuk memantik diskusi, di mana berarti audiens harus kita buat agar mau ikut berdiskusi, maka feed harus dibuat semenarik mungkin, bahkan kalau bisa mengandung gimmick.

Gimmick di sini bukan berarti click-bait yang “tong kosong nyaring bunyinya”. Melainkan gimmick yang menyajikan fakta-fakta menarik tentang sesuatu yang belum banyak orang tahu. Dan itu diselaraskan dengan isi dari caption.

6. Commentary caption

contoh caption personal branding
Contoh bentuk commentary caption @Bibah/Increasink

Yang ini sifatnya mirip dengan mentioning & statement caption; sama-sama singkat, padat, dan jelas. Hanya saja, caption lebih bersifat mengomentari apa yang sedang dipikirkan oleh target audiens terhadap isi konten dari feed. Jadi, kesannya pun tulisan lebih kreatif dan interaktif; tidak sekadar mengulangi apa yang tertulis di dalam feed.

7. Call to action caption

contoh caption personal branding
Contoh bentuk call to action caption @Bibah/Increasink

Sementara contoh caption personal branding yang satu ini, belum tentu cocok diterapkan pada personal branding akun medsos Anda. Apalagi jika Anda bukan tipe yang menampilkan diri sebagai orang yang cerdas, motivator, atau dengan sengaja memberi jarak dengan followers Anda.

Baca Juga  Bagaimana Cara Branding Produk di Sosial Media?

Jadi, pastikan dulu Anda sudah memposisikan diri sebagai orang yang memiliki banyak pengetahuan dan menjadi rujukan orang-orang ketika membahas sesuatu. Baru dari situ Anda bisa membuat call to action caption untuk meningkatkan engagement pada akun medsos Anda.

Itu tadi beberapa contoh caption personal branding yang bisa Anda pelajari untuk personal branding akun medsos Anda. Bagaimana? Ternyata cukup beragam ya caption personal branding itu. Jadinya pun kita perlu tahu macam-macam tipe caption agar caption yang kita buat bisa berdampak.

Kesulitan dalam merangkai caption untuk personal branding? Serahkan saja urusan ini kepada Increasink! Karena kebetulan juga kami membuka layanan membangun personal branding untuk business owners seperti Anda.

Hubungi saja kontak ini jika Anda tertarik untuk berkonsultasi dengan Increasink. Kami siap melayani segala kebutuhan personal brand Anda!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.

× Whatsapp Kami