Sedang mencari contoh bio Instagram yang menarik followers? Katakanlah, untuk berjualan?
Bio Instagram, gunanya untuk apa?
Tidak hanya konten feed atau stories, bio Instagram juga berpengaruh besar terhadap penjualan Anda.
Sederhananya, orang-orang akan membaca akunmu dari atas sampai bawah. Semisal bagian atas tidak menarik, maka kemungkinan orang-orang untuk mau lanjut membaca sampai bawah juga kecil.
Itulah kenapa kita perlu membuat bio Instagram yang menarik followers. Supaya mereka mau ‘membaca’ dari atas sampai bawah. Supaya mereka mau membaca konten-konten feed kita lainnya.
Kalau sudah melihat konten-konten kita, dan ternyata mereka merasa ‘wah’ dan percaya terhadap kita, mereka bisa saja tertarik untuk mengambil tindakan yang seperti kita mau. Seperti misal, membeli produk.
Sederhananya begini…
Kami ambil contoh akun @mudacumasekali, salah satu kreator konten ternama di Instagram. Mungkin beberapa di antara Anda pun pernah mendengar nama ini.
Bisa dilihat dari gambar, bagaimana akun @mudacumasekali merangkai copy bio-nya. Tertulis, “Bantuin Jadi Konten Kreator, Dapet Endorse, Bangun Bisnis”.
Di sini sudah jelas sekali benefit apa saja yang akan diperoleh dari followers-nya. Jadi, ketika mereka mengikuti akun @mudacumasekali, ekspektasi mereka terhadap apa-apa yang dijanjikan, akan dipenuhi.
Coba kita lihat etalase akun @mudacumasekali…konten-kontennya benar sesuai dengan yang dijanjikan di bio! Bahkan, tidak sedikit engagement postingannya yang tinggi!
Jadi, sekarang Anda paham ya mengapa harus memasang bio Instagram yang menarik?
Pertanyaannya: bagaimana cara membuat bio Instagram yang menarik untuk berjualan?
Mudah saja.
Pertama-tama! Pilih nama akun yang jelas, dimana itu menggambarkan merek Anda seperti apa.
Menggambarkan yang seperti apa? Minimal menggunakan nama merek Anda. Atau suatu kata yang lekat dalam benak target audiens Anda. Atau mencerminkan value dari merek Anda.
Kami ambil contoh Jilbrave:
Bisa dilihat dari gambar: nama akun mereka bukan Jilbrave, melainkan “Support Every Single Step of Goodness”. Kata-kata yang merepresentasikan value dari merek mereka.
Berikutnya, pasang foto profil yang menarik!
Meski terlihat remeh, tetapi foto sangat berpengaruh terhadap penilaian audiens atas akun Anda. Anda pun tidak suka kan kalau foto akun IG seseorang atau bisnis dipasang secara asal-asalan?
Deskripsikan bisnis dengan singkat, padat, dan jelas.
Bergerak di bidang apa. Berjualan apa. Apakah sedang ada promo atau tidak.
Target audiens tidak butuh informasi yang bertele-tele. Yang mereka ingin tahu hanya apa yang bisa dapatkan dari mengikuti akun Anda.
Tambahkan call to action (CTA) juga, jangan lupa.
Supaya ketika target audiens sudah mantap mau mengambil tindakan, misalnya, mereka tahu harus ke mana. Apakah menghubungi nomor WhatsApp bisnis Anda. Atau beli langsung di olshop.
Kira-kira seperti itu cara membuat bio Instagram yang menarik untuk berjualan.
Contoh bio Instagram yang menarik followers untuk jualan
Seperti yang Anda tunggu-tunggu, sekarang kami akan memberikan contoh bio Instagram yang menarik followers untuk berjualan. Langsung saja lanjut ke bawah!
1. Mau contoh bio Instagram yang menarik followers untuk jualan? Lihat saja Vanilla Hijab!
Bisa diperhatikan, Vanilla Hijab menjual nilai ‘sosial’ atau ‘spiritual’ di bio Instagram-nya. Jadi, mereka yang membeli produk Vanilla Hijab bisa sekalian membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan.
Secara finansial, lebih hemat. Dari segi batiniah pun konsumen bisa merasa puas.
2. RevoU: singkat, padat, dan jelas. Salah satu contoh bio IG untuk jualan yang bisa Anda pertimbangkan!
RevoU sudah cukup mendapat nama sebagai salah satu perusahaan bootcamp di Indonesia. Jadi, tidak akan masalah jika mereka langsung menuliskan penawaran di bio Instagram mereka.
Bisa dilihat, di sini RevoU menawarkan dua program kursus dengan perbandingan harga bak langit dan bumi.
Ibarat kita coba makanan gratis di mal. Kita disuguhkan dulu dengan makanan gratis. Kalau ternyata enak, kita bisa memilih antara lanjut membeli produknya atau mencoba gratisannya lagi. Tetapi tentunya kualitas yang diperoleh berbeda jauh.
Kira-kira seperti itulah taktik yang digunakan oleh RevoU. Mungkin bisa jadi pertimbangan bagi Anda juga!
3. Riliv: contoh bio Instagram yang menarik followers untuk jualan, tapi tidak terasa sedang jualan!
Taktik Riliv beda lagi: mereka tidak langsung hard selling.
Bisa dilihat kata-kata “Siap bantu kamu biar sehat mental”. Ini bisa bermakna antara target audiens mereka bisa merasa lega dengan membaca konten-konten mereka. Atau langsung berkonsultasi dengan psikolog mereka.
Coba Anda scroll akun mereka sampai bawah. Sama kan dengan yang kami katakan?
4. Varesse
Kalau sudah bicara soal produk, orang-orang perlu informasi tentang fiturnya, hal apa yang membedakannya dengan kompetitor, serta kualitas darinya. Dengan kata lain, intent mereka adalah melihat apa-apa mengenai produk.
Jadi, pendekatannya berbeda dengan sebelum-sebelumnya, ya!
5. KARADA
Saat melihat brand terapi pijat, ekspektasi kebanyakan orang adalah: apa metodenya dan seperti apa keampuhan dari metode tersebut.
Jika merek Anda juga seperti ini, pastikan bio Instagram yang dipasang sudah sesuai, ya!
Optimalkan bio Instagram Anda
Itulah beberapa contoh bio Instagram yang menarik followers untuk membeli produk Anda. Bagaimana? Sekarang Anda sudah mendapatkan bayangan untuk bio akun Anda?
Ingin dibuat bio Instagram yang ciamik dan menjual? Serahkan saja kepada Increasink! Kebetulan, kami juga membuka layanan tersebut!
Increasink sendiri merupakan digital agency yang bergerak di bidang branding & digital marketing. Kami sudah berpengalaman selama 10 tahun menangani bisnis perorangan maupun perusahaan.
Silakan kontak nomor di laman ini jika Anda tertarik. Kami lebih dari kata siap untuk melayani kebutuhan Anda!
Terima kasih dan semoga bermanfaat.