fbpx
logo increasink blog

Competitor Analysis adalah Senjata Pamungkas Bisnis

March 21, 2023
Competitor Analysis adalah

Competitor analysis adalah senjata pamungkas bisnis? Tunggu sebentar, memangnya competitor analysis itu apa sampai-sampai diklaim seperti itu? Benarkah ia bermanfaat untuk bisnis kita?

Diakui atau tidak, pernyataan “competitor analysis adalah senjata pamungkas bisnis” ada benarnya. 

Mau bagaimanapun, competitor analysis secara tidak langsung dapat membantu menumbuhkan brand produk kita. 

Apakah cuma itu? TIDAK!

Jarang diketahui kita, competitor analysis dapat membantu mengukur kekuatan dan kelemahan kompetitor, sehingga kita dapat mencegah ancaman kompetisi yang masuk. 

Dengan demikian, bisnis kita dapat menjadi top of mind di bidangnya.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang competitor analysis adalah apa, tipe-tipenya, kapan competitor analysis dilakukan, 5 hal sebelum competitor analysis, langkah-langkah melakukannya, dan seberapa sering kita harus melakukannya.

Simak sampai habis, ya!

Competitor analysis adalah…

Apa yang dimaksud dengan competitor analysis?

Sederhananya, competitor analysis adalah strategi pemasaran di mana kita mengenali siapa saja kompetitor kita dengan cara meriset produk, penjualan, dan strategi marketing mereka.

Itu mencakup kelebihan, kekurangan, ancaman, hingga peluang kita dalam menghadapi sengitnya persaingan bisnis. Kerangka berpikirnya semacam analisis SWOT, tapi bukan SWOT juga.

Sebab, analisis SWOT berbeda dengan competitor analysis…

Sementara analisis SWOT hanya berfokus pada strength, weaknesses, opportunities, dan threats persaingan bisnis, competitor analysis go beyond analisis SWOT — ia membantu kita menciptakan cara-cara baru meningkatkan pangsa pasar.

Istilah mudahnya, competitor analysis membantu kita menciptakan cara-cara baru meningkatkan market share berdasarkan analisis SWOT yang telah kita lakukan.

Baca Juga  Brand Equity Aqua Ternyata Sudah Kita Ketahui Dari Dulu

Apa saja tipe-tipe competitor analysis?

Termasuk dalam hal ini analisis SWOT yang sudah disebutkan sebelumnya.

Selain itu, ada customer journey dan growth-share matrix.

Pada intinya, customer journey adalah perjalanan/cerita customer dalam berinteraksi dengan brand kita, mulai dari tahap mengenali keberadaan produk hingga melakukan tindakan pembelian ulang.

Sementara, growth-share matrix merupakan tool visual untuk menentukan fokus dari aktivitas bisnis kita saat ini sudah di mana.

Kapan competitor analysis dilakukan?

Pertanyaan yang kemudian muncul: apakah ada aturan waktu terkait pelaksanaan competitor analysis itu sendiri?

Jawabannya: tidak ada aturan yang baku. Hanya saja, harus digunakan sebaiknya-baiknya pada waktu yang tepat.

Untuk tahu kapan waktu yang tepat, kita bisa membiasakan melakukan iterasi sampai menemukan rumus waktunya sendiri.

Mau bagaimanapun, setiap lini bisnis memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga competitor analysis secara tidak langsung berbeda juga.

Namun begitu, bukan berarti tidak ada waktu untuk kapan competitor analysis baiknya dilakukan.

Sekurang-kurangnya ada tiga waktu di mana competitor analysis dapat dilakukan sebaik mungkin, di antaranya:

  • Saat merumuskan product requirement
  • Sebelum produk di-redesign
  • Saat kompetitor melakukan perubahan secara besar-besaran.

5 Hal sebelum melakukan competitor analysis

Adalah ternyata competitor analysis tidak dapat dilakukan secara sembarang begitu saja. Mesti memerhatikan beberapa hal sebelum melakukannya — kurang lebih sebagai berikut:

  • Mutu dan jumlah produk.
  • Harga yang ditawarkan kompetitor.
  • Terkait cabang yang dimiliki kompetitor (lokasi & saluran distribusinya).
  • Kegiatan promosi yang telah dilakukan kompetitor.
  • Perkiraan kegiatan yang akan dikerjakan kompetitor di masa depan.

Baru setelah itu, kita dapat menganalisis kompetitor secara seksama sebagaimana telah disebutkan sebelumnya.

Langkah-langkah competitor analysis

Ada banyak cara untuk melakukan competitor analysis, tetapi kurang lebih ada empat langkah dasar dalam melakukannya:

  1. Identifikasi kompetitor kita termasuk direct competitors, indirect competitors, dan substitute competitors.
  2. Kumpulkan informasi tentang produk, layanan, harga, area layanan, reputasi, dan taktik pemasaran kompetitor.
  3. Bandingkan kekuatan dan kelemahan masing-masing kompetitor.
  4. Bangun kekuatan dan kelemahan kompetitor kita untuk menciptakan keunggulan kompetitif.
Baca Juga  Brand Exposure adalah Kunci Konsumen Mengenali Merek!

Seberapa sering harus melakukan competitor analysis?

Tidak ada aturan baku terkait seberapa sering harus melakukan competitor analysis.

Anda bisa melakukan analisis setahun sekali dalam skala besar atau triwulanan untuk skala yang lebih kecil. Selama Anda melakukannya secara rutin/reguler, sah-sah saja mau mengambil cara yang mana.

Kebanyakan bisnis hanya melakukan competitor analysis sebelum merek mereka terbentuk. Mereka lupa bahwa competitor analysis harus dilakukan secara rutin karena kompetitor pasti mengalami namanya perubahan di tengah jalan.

Jangan sampai Anda mengikuti jejak-jejak mereka yang seperti ini. Pastikan Anda dan tim selalu aware untuk senantiasa melakukan competitor analysis.

Penutup

Itu dia penjelasan mengenai apa itu competitor analysis beserta serba-serbi nya.

Pada intinya, competitor analysis adalah strategi pemasaran di mana kita menganalisis kekuatan, kelemahan, ancaman, dan peluang dari kompetitor terlebih dahulu, baru setelah itu kita menciptakan strategi pemasaran ala bisnis kita sendiri.

Competitor analysis bisa dilakukan kapan saja dalam durasi berapa pun, selama kita dapat menjamin bahwa pelaksanaannya tidak membuat bisnis kita disalip oleh kompetitor.

Artikel ini bermanfaat untuk Anda? Bagaimana kalau Anda membaca artikel-artikel Increasink lainnya? Mumpung bisa memperkaya wawasan bisnis Anda!

Berikut artikel-artikel sejenis yang kami rekomendasikan:

Anda juga dapat berlangganan dengan Increasink.co.id untuk mendapatkan updatean artikel-artikel terbaru kami, lho! Langsung saja tuju bagian bawah dari artikel ini dan isi data diri Anda, lalu klik tombol ‘Berlangganan’!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.