fbpx
logo increasink blog

Cara Promosi di Instagram Story untuk Tingkatkan Penjualan

May 5, 2023
Cara Promosi di Instagram Story untuk Tingkatkan Penjualan

Cara promosi di Instagram story – Instagram story merupakan salah satu fitur di Instagram yang memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dan video dengan durasi singkat. Tidak sedikit yang menggunakan fitur ini untuk membagikan cerita yang menarik entah apa tujuannya. Tak terkecuali untuk berjualan.

Dalam berjualan, orang-orang menggunakan Instagram story untuk mempromosikan produk mereka. Menurut mereka, promosi di Instagram story merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Terlebih jika dikombinasikan dengan konten di feed Instagram; pasti akan jauh lebih efektif lagi.

Namun, cara promosi di Instagram story tentu memiliki pendekatan yang berbeda dengan di feed Instagram. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan perilaku audiens ketika melihat konten di feed dengan di story. Sehingga dari sisi kita sendiri pun perlu memahami cara promosi di Instagram story yang tepat seperti apa.

Berikut Increasink bagikan cara promosi di Instagram story yang tepat seperti apa, yang tentunya efektif membantu meningkatkan penjualan. Untuk tahu detail lanjutnya, yuk, langsung saja simak artikel ini sampai habis!

Cara promosi di Instagram story

Berikut adalah penjelasan mengenai cara promosi di Instagram story. Silakan menyimaknya sampai habis, ya!

cara promosi di Instagram story

1. Buat konten yang menarik dan relevan

Strategi pertama yang bisa Anda lakukan yaitu membuat konten yang entertain dan relevan. Ingat, entertain dan relevan. Bukan berarti kontennya cuma entertain saja, atau relevan saja.

Baca Juga  Teknik Mudah Membuat Konten Carousel Instagram yang Menarik untuk Dibaca

Konten yang entertain dan relevan berarti sesuai dengan target audiens. Tidak lebih, tidak kurang.

Pastikan Anda sudah memahami target audiens dengan baik. Cara yang bisa dilakukan, yaitu sering-sering membuat Instagram story yang sifatnya pertanyaan terbuka; lama-kelamaan Anda akan memahami sendiri seperti apa target audiens Anda melalui jawaban-jawaban yang mereka berikan.

Jikalau sudah memahami siapa target audiens Anda, Anda bisa beranjak ke tahap membuat cerita yang kreatif dan menarik. Untuk ini hanya Anda sendiri yang tahu, sehingga Anda perlu terus mencoba sampai menemukan formula yang tepat. Yang jelas, pastikan saja cerita yang dibuat menarik perhatian sehingga pengguna ingin melihat lebih lanjut.

cara promosi di Instagram story

2. Manfaatkan fitur-fitur di Instagram story

Cara promosi di Instagram Story selanjutnya adalah memanfaatkan fitur-fitur di Instagram story, seperti teks, stiker, filter, musik, dan efek. Cara ini cukup efektif untuk membuat cerita yang menarik dan memikat, lho.

3. Tambahkan link

Cara promosi di Instagram story yang ketiga adalah menambahkan link dalam konten story yang Anda buat. Ini terutama berlaku untuk Anda yang memiliki toko online entah di website atau eCommerce. Sebab, selain sebagai salah satu bentuk promosi, cara ini cukup membantu dalam meningkatkan kredibilitas dari bisnis Anda!

cara promosi di Instagram story

4. Menggunakan hashtag

Cara promosi yang efektif adalah dengan meningkatkan keterjangkauan dari konten. Ini tidak hanya berlaku untuk feed Instagram, tetapi Instagram story juga.

Salah satu cara meningkatkan keterjangkauan Instagram Story adalah dengan menggunakan hashtag. Sebab, penggunaan hashtag yang tepat, dapat membantu menjangkau audiens yang lebih luas.

cara promosi di Instagram story

5. Memanfaatkan fitur ads

Cara promosi di Instagram story yang kelima adalah memanfaatkan fitur ads atau iklan. Di mana pun platform-nya, beriklan adalah cara yang efektif untuk mempromosikan jualan. Tak terkecuali Instagram.

Baca Juga  Tidak Sulit, Ini 3 Cara Melihat Insight Instagram Anda!

Metode beriklan cocok digunakan untuk Anda yang memiliki budget untuk beriklan. Namun, perlu Anda ketahui kalau beriklan di Instagram tidak memerlukan biaya yang besar. Bisa menyesuaikan dengan budget iklan Anda saat ini, kok.

cara promosi di Instagram story

6. Collab dengan pengguna lain

Inti dari sebuah konten promosi adalah bagaimana caranya menjangkau lebih banyak audiens lagi. Karena itulah ide membuat konten collab dengan pengguna lain muncul ke permukaan; mengingat berkolaborasi dengan pengguna lain dapat menjangkau lebih banyak audiens.

Itu dia beberapa cara promosi di Instagram story yang bisa Anda terapkan pada akun bisnis Instagram Anda. Pada intinya, promosi di Instagram story adalah kegiatan meningkatkan keterjangkauan akun melalui konten-konten yang dibuat. Dengan memahami dasar seperti ini, tentu akan membantu sekali ketika berjualan.

Namun, kalau Anda inginnya hanya berfokus pada berjualan saja, dan untuk membuat konten dibantu pihak lain, Anda bisa mengandalkan Increasink untuk urusan ini.

Increasink sendiri merupakan digital agency yang bergerak di bidang digital marketing dan branding. Kami menyediakan layanan social media management untuk membantu bisnis berkembang.

Silakan hubungi kontak ini jika Anda berminat. Kami siap melayani kebutuhan Anda

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.