fbpx
logo increasink blog

Panduan Cara Menulis Artikel SEO Friendly Auto Page One

January 31, 2023
Cara Menulis Artikel SEO Friendly Auto Page One

Ingin tahu bagaimana cara menulis artikel SEO friendly auto page one? Psst…sini Increasink bisikkan caranya: rahasia membuat artikel yang disukai Google yang belum tentu Anda tentukan di website lain!

Artikel muncul di halaman satu, bahkan berada di posisi teratas di Google, akan lebih berpotensi mendapatkan banyak traffic dibandingkan jutaan artikel lainnya. Alasannya, karena secara psikologis pembaca membutuhkan jawaban dengan cepat, dan artikel pada posisi terataslah yang tidak menyita banyak waktu mereka untuk membaca.

Yang kemudian menjadi pertanyaan: bagaimana cara agar artikel yang kita buat bisa berada di posisi teratas di Google? Untuk menjawab pertanyaan ini, ada baiknya kita memahami dulu apa yang diinginkan oleh mesin pencari Google dari artikel-artikel kita. 

Pertanyaan selanjutnya: apa yang diinginkan mesin pencari Google dari artikel-artikel kita? Sederhananya, artikel-artikel yang mengikuti kaidah search engine optimization (SEO) dengan baik.

Apa itu SEO dan artikel SEO? Bagaimana cara membuatnya agar bisa auto page one? Poin-poin berikut akan kita bahas pada artikel kali ini.

Apa itu SEO dan artikel SEO?

Ringkasnya, SEO adalah suatu usaha untuk menjadikan sebuah halaman website lebih mudah dikenali oleh mesin pencari Google.

Itu berarti, artikel SEO adalah suatu artikel yang memenuhi kriteria mesin pencari.

Namun, apakah memenuhi kriteria mesin pencari saja sudah cukup? Bagi sebagian besar pemilik website, mungkin belum cukup. Karena memenuhi kriteria saja belum tentu mampu menjadikan website didatangi banyak pengunjung atau traffic.

Untuk bisa mendapatkan banyak traffic, suatu artikel harus memenuhi semua kriteria yang telah ditentukan oleh mesin pencari, namun tidak melupakan hal berikut agar artikel dapat bekerja secara optimal.

Baca Juga  Bagaimana Cara Menerapkan SEO Copywriting untuk Bisnis Anda?

Apa hal itu? Yaitu:

Cara menulis artikel SEO friendly auto page one

Mengapa suatu artikel harus SEO friendly? Karena dengan begitulah, suatu artikel bisa disukai oleh Google, bahkan menempati posisi teratas di Google. Semakin SEO friendly suatu artikel, semakin besar pula peluangnya berada di ranking pertama di Google. Begitu juga sebaliknya.

Pertanyaannya: bagaimana cara menulis artikel SEO friendly auto page one? Artikel juara seperti ini, biasanya melibatkan proses meriset keyword dan meriset kompetitor yang baik. Tanpa melakukannya keduanya, akan sulit bagi suatu artikel untuk nangkring di posisi teratas. Berikut penjelasan lengkap keduanya.

Riset keyword

Seperti kita ketahui, riset keyword  merupakan langkah mencari kata kunci dengan volume pencarian yang banyak dicari oleh pengunjung website. Frasa “volume banyak” di sini bukan berarti kita harus mencari kata kunci dengan volume paling banyak, tetapi volume yang ideal bagi artikel yang nanti kita buat.

Bagaimana cara tahu kata kunci yang kita cari sudah memiliki volume yang ideal atau belum? Kalau menurut pakar SEO Didik Arwinsyah, kita bisa melihatnya dari perbandingan allintitle dengan search volume dari kata kunci tersebut.

Jika perbandingannya lebih dari satu, maka bisa dikatakan kata kunci tersebut belum cocok untuk artikel kita. Sebaliknya, jika perbandingannya kurang dari atau sama dengan satu, maka kata kunci tersebutlah yang cocok untuk artikel kita — karena berarti yang menggunakan kata kunci tersebut masihlah sedikit.

Kita ambil contoh kata kunci “konsultan branding Jakarta”. Menurut tool Ahrefs, total search volume-nya ada 10.

cara menulis artikel seo friendly auto page one
Hasil pencarian kata kunci “konsultan branding” di Ahrefs @ Bibah | Dok. Pribadi 

Sementara untuk allintitle-nya sendiri berada di angka:

cara menulis artikel seo friendly auto page one
Hasil pencarian allintitle “konsultan branding Jakarta” di Ahrefs @ Bibah | Dok. Pribadi 

33. Yang kalau dibandingkan dengan search volume-nya, berarti lebih dari satu. Kesimpulannya, kata kunci “konsultan branding Jakarta” belum cocok dijadikan kata kunci untuk suatu artikel atau halaman di website.

Baca Juga  Headline Artikel yang Menarik: Seperti Apa & Bagaimana Cara Membuatnya?

Search volume besar belum tentu benar

Berdasarkan hasil percobaan kami, search volume besar belum tentu membantu suatu artikel untuk berada di halaman satu Google.

Bahkan, tidak jarang suatu artikel malah menempati halaman 3 atau 4 ke bawah.

Alasannya sederhana: karena kata kunci dengan volume yang besar biasanya tidaklah sespesifik kata kunci dengan volume yang kecil. Jumlah katanya antara satu atau dua kata.

Kalau secara logika saja, kecil kemungkinan seseorang untuk memasukkan kata kunci yang tidak spesifik. Kebanyakan orang biasanya memasukkan kata kunci yang detail ketika mencari suatu topik. Bukankah Anda juga begitu?

Karena itulah, jangan terlalu berpatokan dengan search volume besar ketika meriset kata kunci. Cukup berfokuslah pada perbandingan antara allintitle dan search volume dari kata kunci yang Anda tembak

Riset kompetitor

Mungkin beberapa dari Anda ada yang bertanya, “Kenapa sih harus riset kompetitor, kan riset kata kunci saja sudah cukup!” atau “Tidak ada manfaatnya meriset kompetitor, buang-buang waktu!”

Sayangnya, riset kompetitor sangat bermanfaat sekali untuk artikel yang Anda buat. Karena, dengan meriset kompetitor, kita dapat menemukan celah dari artikel-artikel yang telah dibuat oleh kompetitor, lalu mengembangkannya dalam artikel yang kita buat nanti.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam meriset kompetitor:

  • Judul. Pastikan Anda menemukan celah pada judul-judul artikel kompetitor, apakah kiranya judul mereka sudah menerapkan SEO copywriting dengan baik atau belum. Karena dengan begitu, Anda bisa menemukan ruang untuk mengembangkan judul semenarik mungkin yang disukai oleh mesin pencari Google.
  • Jumlah kata. Cek artikel-artikel yang berada di posisi tiga teratas di hasil pencarian, kira-kira berapa jumlah kata dari masing-masing artikel tersebut. Jangan salah, jumlah kata juga secara tidak langsung menentukan suatu artikel untuk ranking di Google. Kompetitor Anda pun bisa menang di Google karena faktor jumlah kata, yang tidak harus lebih dari 1.000 kata. Bisa saja 700 atau 1.000 kata yang disukai oleh Google.
  • Backlink. Cek jumlah backlink yang masuk di artikel-artikel kompetitor yang berada di posisi tiga teratas, amati apakah backlink mereka memiliki domain authority (DA) yang bagus atau tidak, apakah memiliki spam score yang tinggi atau tidak. Kalau sudah, pastikan Anda menambah backlink lebih banyak dari milik kompetitor dengan spam score yang tentunya rendah.
Baca Juga  Bagaimana Cara agar Artikel Cepat Terindex Google dalam 1 Detik?

Terapkan SEO On Page dalam membuat artikel

Cara menulis artikel SEO friendly auto page one tentunya tidak melupakan penerapan SEO On Page yang baik pada artikel. Karena konteks “SEO friendly” di sini berarti artikel yang dibuat sudah menerapkan kaidah SEO On Page dengan baik.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara optimasi SEO On Page, Anda bisa membacanya di artikel berikut ini. Pastikan Anda sudah memenuhi seluruh kriteria yang ada agar artikel bisa nangkring di posisi teratas.

Perlu diingat juga bahwa SEO bukan sekadar mendapatkan posisi teratas saja. Percuma posisi teratas kalau tidak bisa menghasilkan konversi sama sekali. Ingat, tujuan awal Anda adalah berbisnis, itu berarti SEO juga harus bisa menghasilkan penjualan bagi bisnis Anda.

Penerapan SEO saja sudah ribet, apalagi kalau disuruh untuk menghasilkan konversi? Nah, Anda tidak perlu khawatir soal ini, ada Increasink yang siap membantu mengoptimalkan SEO pada website Anda.

Increasink merupakan digital & branding agency yang bergerak di bidang marketing & branding. Kami membuka layanan optimasi SEO untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.

Hubungi saja kontak ini jika Anda tertarik untuk berkonsultasi dengan Increasink. Kami siap melayani segala kebutuhan marketing Anda!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.