fbpx
logo increasink blog

Bagaimana Cara Meningkatkan Reach di Instagram?

May 28, 2023
Bagaimana Cara Meningkatkan Reach di Instagram?

Cara meningkatkan reach di Instagram menjadi pengetahuan penting bagi pemilik bisnis karena secara tidak langsung berpengaruh terhadap penjualan. Semakin besar nilai reach suatu akun, semakin besar pula potensinya menghasilkan penjualan, kira-kira seperti itu logikanya.

Tapi, sebelum membahas sampai di situ, tentu kita perlu memahami dulu apa yang dimaksud dengan reach. Intinya, reach atau jangkauan adalah jumlah unik dari pengguna yang melihat konten kita. Atau, dalam istilah sederhana, adalah seberapa banyak orang yang telah mengonsumsi konten kita.

Dengan demikian, reach menjadi ukuran penting dalam memahami seberapa luasnya jangkauan konten kita, di mana dari situ kita bisa mengetahui seberapa besar potensi akun atau konten menjangkau pasar. Di mana tentu ini akan bermanfaat sekali bagi Anda yang memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan penjualan.

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang bagaimana cara meningkatkan reach di Instagram. Sehingga, Anda bisa meningkatkan penjualan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. 

Tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja yuk kita bahas!

Cara meningkatkan reach di Instagram

cara meningkatkan reach di Instagram

1. Jangan sering-sering posting

Anda tidak salah baca. Salah satu cara meningkatkan reach di Instagram adalah dengan tidak banyak membuat postingan. Mungkin Anda bertanya-tanya, “Kenapa bisa begitu?”

Sederhananya, semakin sedikit postingan yang Anda buat, semakin bagus kualitas konten yang Anda buat. Karena Anda bisa menyisihkan banyak waktu untuk membuat konten yang sesuai dengan brand Anda, dan itu dinikmati oleh audiens Anda.

Baca Juga  Begini 5 Kiat Memaksimalkan Facebook untuk Bisnis e-Commerce

Ketika kita fokus pada kualitas daripada kuantitas, tentu kita akan menarik sendiri audiens kita tanpa harus kita minta.

cara meningkatkan reach di Instagram

2. Manfaatkan konsep user-generated content

User-generated content atau konten yang dibuat oleh pengguna, adalah salah satu jenis konten yang bisa diandalkan untuk menjangkau banyak audiens. Orang-orang akan senang dengan konten yang terkesan orisinil alias tanpa dibuat-buat, sehingga tentu jenis konten ini akan menjangkau lebih banyak orang.

Anda bisa memanfaatkan user-generated content untuk meningkatkan reach di Instagram. Usahakan sebisa mungkin agar konsumen Anda mau membagikan konten secara sukarela, sehingga user-generated content bisa menyentuh hati banyak orang.

cara meningkatkan reach di Instagram

3. Posting pada jam yang tepat

Cara meningkatkan reach di Instagram berikutnya yaitu posting konten pada jam yang tepat. Jam di mana target audiens Anda paling banyak aktif, bukan kompetitor atau akun lainnya aktif. Ini mengingat setiap akun pasti memiliki jam aktif audiensnya masing-masing.

Selain itu, posting pada jam yang tepat, lebih mendorong orang-orang untuk berinteraksi dengan konten, sehingga konten kita lebih banyak mendapatkan engagement

Kalau sudah seperti itu, algoritma akan merekomendasikannya kepada audiens non-pengguna karena dianggap bagus, sehingga meningkatkan lebih banyak engagement lagi. Terus akan seperti itu sampai reach yang kita dapatkan mencapai batas maksimumnya.

cara meningkatkan reach di Instagram

4. Gunakan fitur guest post

Target audiens kita tersebar di mana-mana, tidak hanya di akun medsos bisnis kita saja. Dan untuk mendapatkannya, salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan berkolaborasi dengan akun medsos bisnis lain yang memiliki target audiens serupa dengan kita. Nah, bentuk kolaborasi ini dinamakan dengan guest post.

Guest post atau postingan tamu adalah salah satu fitur di Instagram yang membantu penggunanya menjangkau lebih banyak audiens dengan berkolaborasi dengan akun medsos bisnis lain. Fitur ini sangat membantu untuk kita yang ingin meningkatkan brand awareness bahkan penjualan.

Baca Juga  Update Instagram Terbaru, Feed Tampil Full Screen!
cara meningkatkan reach di Instagram

5. Jalankan ads

Cara meningkatkan reach di Instagram selanjutnya yaitu menjalankan ads atau iklan pada konten, menggunakan Instagram Ads atau Meta Ads. 

Dalam fitur ads, terdapat opsi untuk meningkatkan keterjangkauan konten yang ditunjukkan dengan tampilan seberapa banyak audiens yang bisa dijangkau. 

Dengan demikian, menjalankan ads bisa membantu meningkatkan reach di Instagram.
Itu dia beberapa cara meningkatkan reach di Instagram yang bisa kami bagikan kepada Anda. Semoga bisa bermanfaat bagi kepentingan bisnis Anda dan tim. Anda bisa menghubungi kontak ini jika membutuhkan bantuan profesional, kami siap membantu Anda!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.