Wajib Tahu! Ini Cara Menghubungkan Email Domain ke Gmail

June 23, 2022

Business Owners pasti tahu betul seberapa profesionalnya brand yang menggunakan email dengan nama domain sendiri di mata konsumen, alih-alih menggunakan @gmail.com, @yahoo.com, atau sejenisnya. 

Mau diakui atau tidak, email gratis selama ini memang lebih banyak digunakan untuk kebutuhan pribadi ketimbang bisnis atau pekerjaan, seperti misalnya membuat akun media sosial (medsos) pribadi, urusan administrasi, dan sebagainya. Jadi, wajar saja jika konsumen lebih percaya dengan email domain.

Lalu, bagaimana cara membuat email dengan domain sendiri?

Jawabannya, Anda perlu memilih hosting yang tepat. Nah, kebetulan email hosting sendiri bisa satu server dengan website hosting, tergantung dari pilihan hostingnya, apakah menyediakan paket seperti itu atau tidak.  

server email hosting
Salah satu contoh server email hosting | Dok. Pribadi

Meski begitu, sayangnya di hosting akses Anda ke email domain tidaklah semudah pada email gratis. Beberapa dari Anda mungkin akan mengeluhkan soal akses login yang harus selalu melalui webmail cpanel. Karena harus bolak-balik login hanya untuk mengecek apakah masih terhubung atau tidak.   

Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi soal ini, karena di gmail ada opsi untuk mempermudah login email hosting Anda, di mana gmail dijadikan aplikasi mail klien Anda, dan objek panelnya tetap cpanel. 

Berikut langkah-langkahnya.

Langkah-Langkah setting email domain di gmail 

Langkah-Langkah setting email domain di gmail │ Dok. Increasink

Sebelum memulai setting, pastikan akun email sudah ada pada web hosting. Jika belum ada, ikutilah panduan dari layanan web hosting yang Anda pilih.

Di samping itu, Anda juga harus mengetahui detail dalam melakukan settings agar bisa menyelesaikan tahapan-tahapan membuat email dengan domain sendiri. Detail tersebut antara lain: (1) Alamat server POP3 / SMTP, (2) Port POP3 (secure ssl), (3) Nama email, dan (4) Password email.

Kalau sudah, mari kita lanjut ke panduan membuat email domain!

Pertama, login ke akun gmail Anda (@gmail.com).

log in akun gmail
Log in akun Gmail | Dok. Pribadi

Kedua, klik icon gear yang ada di sekitar pojok kanan atas browser Anda. Pilih menu “setelan”.

menu setelan pada akun gmail
Menu “Setelan” pada akun Gmail | Dok. Pribadi

Berikutnya, tuju menu “Akun dan Impor”, lalu klik “Tambahkan akun email”.

Cara menghubungkan email domain ke gmail
Menu “Akun dan Impor” | Dok. Pribadi

Anda akan diantar pada sebuah landing page dengan judul “Tambahkan akun email”. Yang Anda harus lakukan adalah memasukkan alamat email hosting pada kolom “Alamat email:”, dan setelah itu kliklah tombol bertuliskan “Berikutnya”.

Cara menghubungkan email domain ke gmail
cara menghubungkan email domain ke gmail

Di hadapan Anda, akan muncul kolom pengisian server. Tuliskan “Nama Pengguna”, “Sandi”, dan “Server POP”, serta masukkan “Porta” dan “Buat Label”. Berikutnya, klik “Tambahkan Akun” sampai muncul form settings “SMTP”.

tampilan settings email domain
tampilan settings email domain
tampilan settings email domain

Bagaimana jika ada masalah pada server POP3 dan port?

Anda bisa menghubungi penyedia hosting, lalu menanyakan alamat server POP3 yang sesuai.

Setelah itu, ketiklah masing-masing kolom “Server SMTP”, “Nama Pengguna”, “Sandi”, dan juga pilih port yang sesuai pada boks “porta”. Jika sudah terisi semua, selanjutnya tekanlah tombol “Tambahkan Akun”.

tampilan settings email domain

Server POP3 dan port ada atau masih bermasalah?

Kontak penyedia hosting Anda, dan tanyakan mana alamat server SMTP yang sesuai untuk Anda.

Berikutnya, lakukanlah verifikasi settings dengan masuk ke email hosting Anda atau bisa juga dengan langsung memasukkan kode verifikasi pada landing page tadi.

Settings email domain di gmail sudah selesai! Anda bisa melihat bagian kotak masuknya dengan membuka label yang telah Anda buat.

Selain itu, email hosting Anga juga sudah bisa digunakan dari gmail untuk mengirimkan email. 

Perlu diketahui bahwa Anda baru bisa login ke email hosting (email@namadomainAnda.com) dengan login ke akun gmail (namaemailAnda@gmail.com) terlebih dulu. Seperti misalnya Anda punya email hosting rania@increasink.co.id. Nah, Anda baru bisa mengaksesnya jika sudah login ke akun gmail rania@gmail.com.

Namun, Anda bisa kok langsung masuk ke gmail dengan email@namadomainAnda.com dengan catatan Anda sudah berlangganan dengan Google untuk layanan GSUITE.

Itulah penjelasan mengenai cara menghubungkan email domain Anda ke Gmail. Meski tampak sederhana, email domain bermanfaat bagi reputasi brand Anda ke depannya. Bahkan, melebihi perkiraan, seperti misalnya membuat brand Anda jadi remarkable karena konsumen sering mendapatkan pesan dari email domain Anda, yang mungkin juga sudah dikemas dengan gaya bahasa personal.

Ingin mendapatkan informasi bermanfaat lainnya yang dapat memajukan brand Anda? Anda dapat membaca kumpulan artikel Increasink di sini. Ada banyak sekali informasi seputar tips marketing, branding, dan bisnis, lho!

Semoga bermanfaat bagi Anda!

Share:

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!