fbpx
logo increasink blog

Inilah 5 Cara Membuat Konten Instagram yang Menarik!

February 23, 2023
Cara Membuat Konten Instagram yang Menarik

Salah satu cara meningkatkan interaksi pada akun Instagram bisnis kita adalah dengan menyuguhkan konten-konten yang menarik kepada audiens. Nah, sudahkah Anda mengetahui cara membuat konten Instagram yang menarik?

Seperti Anda ketahui, membuat konten yang menarik tidak semudah kelihatannya, apalagi kalau diminta untuk melakukannya secara konsisten. Mencari dan mengolah ide tidak semudah itu, bung!

Masalahnya, audiens kita sendiri seolah meminta kita untuk terus menyuguhkan konten-konten menarik untuk memuaskan hasrat mereka. Mereka akan bersiap meninggalkan brand kita kalau dirasa sudah tidak relevan atau menarik lagi.

Untuk itulah Anda mencari tahu cara membuat konten Instagram yang menarik, bukan? Berharap agar dapat meningkatkan interaksi pada akun Instagram bisnis sekaligus stay relevant dengan audiens.

Oke, oke. Anda tidak perlu khawatir lagi soal ini. Karena, dalam artikel ini, Increasink akan bagikan sejumlah cara membuat konten Instagram yang menarik. Langsung saja, simak sampai habis, ya!

1. Perbanyak konten Reels

Seperti Anda ketahui, tren Instagram sekarang lebih cenderung pada konten Reels (video pendek). Hal ini karena orang-orang Indonesia cenderung lebih suka dengan konten video ketimbang penuh teks.

Tidak cuma itu, konten Reels juga membantu akun Instagram bisnis kita untuk menjangkau lebih banyak audiens, lho. Sehingga, cocok jika digunakan untuk tahap awareness pada marketing funnel.

Nah, untuk ide konten sendiri, Anda bisa memulainya dengan mengikuti tren-tren terkini. Cek di TikTok atau pencarian untuk IG Reels, kira-kira konten apa yang lagi tren yang cocok dengan brand kita. Setelah itu, baru Anda bisa membuatnya menggunakan gaya bahasa brand Anda.

Baca Juga  3 Contoh Copywriting Hotel yang Menarik & Menjual

2. Buat konten testimoni

Konten testimoni itu tidak harus membosankan seperti konten testimoni pada umumnya, kok. Anda bisa membuatnya menarik dengan memvariasikannya dan menggunakan gaya bahasa customer.

Ambil contoh konten testimoni KARADA berikut. Kontennya tidak serta-merta mencantumkan testimoni klien begitu saja tanpa ada sentuhan apa pun. Tapi, divariasikan menjadi beberapa slide video testimoni. Juga, menggunakan gaya bahasa customer

cara membuat konten Instagram yang menarik
Contoh konten Instagram yang menarik @ Bibah | Dok. Pribadi

Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua brand cocok menggunakan konten testimoni. Anda harus memastikan terlebih dulu apakah audiens Anda memang mencari atau membutuhkan testimoni atau tidak. Sesuaikan dengan profil persona bisnis Anda.

3. Kerja sama dengan influencer

Kerja sama dengan influencer
Contoh konten Instagram yang menarik @ Bibah | Dok. Pribadi

Tidak harus membuat konten sendiri, Anda juga bisa membuat konten yang menarik dengan cara bekerja sama dengan influencer, terutama dengan mereka yang memang sebidang atau setopik dengan bisnis Anda.

Selain memudahkan proses kreatif Anda, bekerja sama dengan influencer juga akan membantu Anda menjangkau lebih banyak target audiens, lho. Apalagi kalau kontennya menarik dan disukai banyak orang; pasti bisnis Anda akan kebanjiran followers dan pembeli!

4. Gunakan kata-kata ajaib

Percaya tidak percaya, kata bisa menjadi salah satu kunci yang membuat konten Instagram kita tampak menarik. Apalagi kalau kata kuncinya menggelitik rasa penasaran orang-orang.

Gunakan kata-kata ajaib
Contoh konten Instagram yang menarik @ Bibah | Dok. Pribadi

Seperti misal, kata ‘rahasia’ yang digunakan dalam konten berikut. Kata ini termasuk kata yang menurut banyak orang menarik dan membuat penasaran. Membuat mereka mau membaca konten lebih lanjut.

5. Tonjolkan unique selling proposition (USP) dari produk 

Cara membuat konten Instagram yang menarik berikutnya yaitu dengan menonjolkan unique selling proposition (USP) dari produk. Apa itu USP?

Sederhananya, USP ialah nilai lebih atau poin menarik dari produk Anda, yang menjadikannya lebih unggul daripada produk milik kompetitor. Nah, bukankah dari sini saja Anda mendapat pencerahan tentang bagaimana cara membuat konten Instagram yang menarik?

Baca Juga  Bagaimana Cara Meningkatkan Reach di Instagram?

Memang, tidak semua brand cocok menggunakan jenis konten ini. Namun, setidaknya yang cocok akan terbantu dengan adanya ide konten seperti ini!

Itu dia beberapa cara membuat konten Instagram yang menarik. Bisa diadopsi yang sekiranya cocok untuk brand Anda, ya!

Tapi, Anda bisa juga, lho, membuat konten Instagram lebih mudah dengan bantuan 3rd party, seperti bekerja sama dengan Increasink, misalnya.

Increasink sendiri merupakan digital & branding agency yang yang bergerak di bidang digital marketing & branding. Kami saat ini membuka layanan content creation dan juga social media management untuk business owners seperti Anda.

Silakan hubungi kontak ini jika Anda tertarik. Kami siap melayani segala kebutuhan konten Anda!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.

× Whatsapp Kami