fbpx
logo increasink blog

Bagaimana Cara Membuat Judul Menarik yang SEO Friendly?

February 3, 2023
Cara Membuat Judul Menarik yang SEO Friendly

Cara membuat judul menarik yang SEO friendly tentu berbeda dengan cara membuat judul biasanya. Jika cara biasa hanya memerhatikan apakah judul sudah clickbait atau belum, maka judul yang SEO friendly sampai di tahap harus mengikuti kaidah search engine optimization (SEO).

Seperti kita tahu, ringkasnya, SEO adalah suatu upaya mengoptimasi artikel atau halaman website agar muncul di posisi yang dapat diperhatikan oleh mesin pencari Google. Semakin bagus penerapan SEO-nya, semakin tinggi pula posisi dari artikel atau halaman tersebut.

Apa hubungannya dengan judul? Judul sendiri menjadi elemen SEO yang turut memengaruhi ranking dari suatu artikel atau halaman. Semakin menarik judul suatu artikel SEO, semakin tinggi pula peluang untuk artikel atau halaman tersebut ranking di Google.

Apalagi kalau judulnya SEO friendly; semakin tinggi lagi peluang untuk artikel atau halaman mendapatkan posisi teratas di Google. Karena Google sangat menyukai artikel atau halaman dengan judul yang SEO friendly.

Karena itulah, mau tidak mau Anda harus memahami cara membuat judul menarik yang SEO friendly. Berikut Increasink rangkumkan beberapa cara membuat judul menarik yang SEO friendly yang dapat mendatangkan banyak pengunjung pada website Anda. Simak sampai habis, ya!

Cara membuat judul menarik yang SEO friendly

Gunakan keyword yang relevan

cara membuat judul menarik yang seo friendly
Photo by Ayrus Hill on Unsplash

Jika sudah bicara soal SEO tentu tidak lepas dari yang namanya keyword (kata kunci). Hal ini karena keyword menjadi kata kunci yang kemungkinan besar dicari banyak target audiens kita. Tanpa memasukkan keyword, mustahil suatu artikel atau halaman bisa muncul di laman Google.

Baca Juga  Terbukti Ampuh, Ini 4 Cara Membuat Backlink Sendiri

Karena itulah, dalam membuat judul artikel SEO, kita diharuskan untuk memasukkan keyword yang ingin ditembak. Tujuannya, biar artikel disukai oleh Google, dan memungkinkannya untuk mendapat ranking di Google.

Namun, apakah itu berarti kita harus memasukkan keyword sebanyak-banyaknya dalam judul? Jawabannya: TIDAK. Anda hanya disarankan untuk memasukkan satu keyword saja dalam judul. Memasukkan banyak kata kunci sama saja dengan melakukan spam pada artikel SEO Anda, sehingga sebaiknya usaha tersebut Anda hindari.

Sebagai tambahan, jika Anda menginginkan agar artikel atau halaman website Anda perform dengan baik di laman Google, maka gunakanlah keyword utama pada Google. Atau Anda juga bisa menggunakan keyword turunan yang sesuai dengan kebutuhan search intent dari audiens.

Keyword sesuai search intent bukan berarti keyword dengan search volume sebanyak-banyaknya tapi tidak relevan dengan kebutuhan audiens. Sebaliknya, keyword yang relevan adalah keyword yang benar-benar dibutuhkan oleh target audiens Anda. Anda bisa mendapatkan keyword yang relevan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dengan menggunakan layanan SEO dari Increasink.

Perhatikan jumlah karakter dari judul

Salah satu cara membuat judul menarik yang SEO friendly adalah dengan memerhatikan jumlah karakter dari judul tersebut. Selain karena Google membatasi jumlah karakter dari title tag yang muncul di laman Google, sudah menjadi ketentuan bahwa sebaiknya jumlah karakter pada judul cukup 50-60 karakter saja.

Hindari pengulangan kata

Judul yang bagus adalah judul yang dapat menyampaikan maksud dari artikel tanpa bertele-tele. Tanpa ada pengulangan kata yang dapat merusak estetika penulisan. Malah membangkitkan semangat pembaca untuk terus membaca artikel.

Gunakan angka

Inilah cara membuat judul menarik yang SEO friendly
Photo by Nick Hillier on Unsplash

Sering melihat judul artikel di Google menggunakan angka? Tahukah Anda bahwa penggunaan angka memberikan dampak yang begitu luar biasa kepada user, sampai-sampai mendorong keinginan membaca mereka?

Baca Juga  Tidak Sulit, Ini 3 Cara Membuat Judul Clickbait dalam Artikel SEO!

Selain dari segi psikologis, beberapa versi tool SEO WordPress akan memberikan anjuran kepada kita untuk menggunakan angka pada artikel atau halaman yang kita buat. Karena Google pun ternyata menyukai penggunaan angka pada judul.

Tambahkan kata sifat yang powerful

Selain menggunakan angka, Anda juga dapat mempertimbangkan penggunaan kata sifat pada judul, seperti misal kata ‘catchy, ‘populer’, ‘menarik’, dan lainnya. Kata-kata seperti ini dapat mendorong keinginan membaca user kita.

Bukan cuma itu, beberapa versi tool SEO juga mendeteksi apakah Anda sudah memasukkan kata sifat pada judul Anda atau belum. Judul dengan kata sifat yang powerful akan lebih diprioritaskan untuk ranking di Google dibandingkan yang tidak. 

Penutup

Itu tadi beberapa cara membuat judul menarik yang SEO friendly. Membuat judul yang menarik tidaklah mudah, apalagi kalau ditambah kita harus membuat judul yang SEO friendly. Namun, percayalah bahwa hasil tidak akan mengkhianati usaha, buah yang kita petik akan terasa nikmat seperti jerih payah kita dalam membuat judul menarik yang SEO friendly.

Mengoptimasi SEO On Page dari segi judul saja tidak cukup. Anda harus mulai beranjak membaca lebih banyak tentang SEO On Page atau bahkan SEO Off Page juga. Pemahaman SEO yang baik akan mengantarkan artikel atau halaman website kita pada posisi teratas di Google — menghasilkan lebih banyak konversi untuk bisnis kita.

Penerapan SEO saja sudah ribet, apalagi kalau disuruh untuk menghasilkan konversi? Nah, Anda tidak perlu khawatir soal ini, ada Increasink yang siap membantu mengoptimalkan SEO pada website Anda.

Increasink merupakan digital & branding agency yang bergerak di bidang marketing & branding. Kami membuka layanan optimasi SEO untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.

Baca Juga  Panduan Cara Menulis Artikel SEO Friendly Auto Page One

Hubungi saja kontak ini jika Anda tertarik untuk berkonsultasi dengan Increasink. Kami siap melayani segala kebutuhan marketing Anda!

Sekian dan semoga bermanfaat.

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.

× Whatsapp Kami