fbpx
logo increasink blog

Tidak Sulit, Ini 3 Cara Membuat Judul Clickbait dalam Artikel SEO!

March 16, 2023
Cara Membuat Judul Clickbait

Judul clickbait bisa menjadi salah satu jalan untuk meningkatkan click-through rate (CTR) dari suatu artikel. Sudahkah Anda tahu bagaimana cara membuat judul clickbait dalam artikel SEO?

CTR adalah suatu indikasi seberapa banyak artikel dibaca atau dikunjungi oleh visitors. Semakin tinggi nilai CTR suatu artikel, semakin banyak pula jumlah visitors dari artikel tersebut. Menunjukkan kalau judul artikel sudah cukup menarik untuk membuat visitors mau mengunjungi atau membaca artikel.

Kenapa tiba-tiba membahas judul artikel? Karena tidak mungkin kan artikel mau dibaca oleh orang-orang kalau judulnya saja tidak menarik. Makanya, judul menjadi faktor yang memengaruhi besar nilai dari CTR.

Biasanya, judul yang menarik dan memiliki nilai CTR tinggi, memiliki unsur clickbait atau umpan baik di dalamnya, entah di salah satu kata atau keseluruhan kalimatnya. Hal ini agar orang-orang tertarik untuk mengunjungi dan membaca artikel.

Seperti apa judul clickbait dalam artikel SEO? Bagaimana cara membuat judul clickbait dalam artikel SEO? Apakah ada kelebihan dan kekurangan dari membuat judul clickbait? Hal-hal inilah yang akan kita bahas dalam artikel Increasink kali ini. Simak sampai habis, ya!

Seperti apa judul clickbait dalam artikel SEO?

Clickbait atau pancingan, berarti judul clickbait adalah judul yang bisa ‘memancing’ orang-orang untuk mengunjungi dan membaca artikel. Dalam artikel SEO, berarti judul harus bisa memancing tanpa melupakan kaidah SEO.

Kaidah SEO yang seperti apa? Yang tidak melupakan penggunaan keyword atau kata kunci di dalamnya, jumlah kata tidak melebihi 60 karakter, dan menggunakan unsur angka. Seperti apa contohnya?

Baca Juga  Menakjubkan, Ini Cara agar Bisnis Muncul di Pencarian Google!

Misal, untuk keyword “contoh copywriting headline”, judul artikel seharusnya terdiri atas keyword tersebut, terdapat unsur angka, dan jumlah katanya tidak melebihi 60 karakter. Juga, ada unsur clickbait di dalamnya.

begini cara membuat judul clickbait
Contoh judul clickbait dalam artikel SEO @ Bibah | Dok. Pribadi

Pada gambar tersebut, katakanlah, muncul tiga judul yang menempati posisi teratas di hasil pencarian Google. Ketiganya sama-sama menggunakan keyword yang memang seharusnya dimasukkan, yaitu “contoh copywriting headline”.

Bukan cuma itu, ketiganya juga sama-sama terdiri tidak lebih dari 60 karakter dan memiliki unsur angka di dalamnya. Sama-sama memiliki unsur clickbait di dalamnya, seperti “…Ampuh untuk Bisnis Anda”, “…Untuk Menghipnotis Pembeli”, dan “…Untuk Menarik Pembeli”. 

Triknya?

Mulailah dengan meriset keyword terlebih dulu. Jika sudah, buatlah judul yang menarik dengan berpatokan pada keyword yang sudah Anda dapatkan. Setelahnya, suntinglah judul sambil membayangkan seolah Anda adalah pembaca yang membutuhkan artikel Anda. Jadilah judul clickbait yang sesuai dengan kaidah SEO!

Apa kelebihan dan kekurangan dari judul clickbait?

Judul clickbait memang bisa membantu meningkatkan jumlah audiens, bahkan secara signifikan. Apalagi kalau isi artikelnya berkualitas; tidak mustahil artikel kita dibagikan ke media sosial (medsos) dan dibaca lebih banyak orang lagi. Secara tidak langsung membantu meningkatkan brand awareness kita.

Namun, bukan berarti tidak ada kekurangan dari membuat judul clickbait, ya. Khususnya jika judul yang kita buat tidak sesuai dengan konteks dari artikelnya; traffic yang datang tidak sesuai, bounce rate pun meningkat. Alhasil, malah merusak brand image kita.

Memang, membuat judul clickbait cukup tricky dilakukan. Namun, Anda harus senantiasa memastikan agar judul clickbait tetap sesuai dengan konteks dari artikel. Agar tidak mendapatkan kejadian yang tidak diinginkan seperti tadi.

Cara membuat judul clickbait dalam artikel SEO

Sebenarnya, tadi sudah disebutkan sedikit mengenai cara membuat judul clickbait dalam artikel SEO. Yaitu kita harus meriset keyword terlebih dulu, menjadikan keyword tersebut sebagai patokan dalam membuat judul yang menarik, kemudian menyunting sambil membayangkan diri sebagai audiens.

Baca Juga  Terbukti Ampuh, Ini 4 Cara Membuat Backlink Sendiri

Namun, di sini cara yang dibahas akan lebih detail dan teknikal. Hal ini agar Anda lebih terbayang dalam membuat judul clickbait dalam artikel SEO. Berikut 3 cara membuat judul clickbait dalam artikel SEO:

1. Buat pembaca merasa penasaran

Judul yang baik adalah judul yang mampu menggugah rasa penasaran orang-orang. Buatlah judul clickbait yang seperti itu, yang seolah-olah membuat orang merasa membutuhkan informasi yang ada dalam konten.

Seperti misal, artikel ini memiliki judul “Tidak Sulit, Ini 5 Cara Membuat Judul Clickbait dalam Artikel SEO”. Penulisan judul ini berangkat dari kesulitan yang dialami orang-orang dalam membuat judul clickbait, terutama untuk artikel SEO. 

Makanya, di awal ditulis “Tidak Sulit….”, hal yang berlawanan dengan keyakinan mereka selama ini dalam membuat judul clickbait untuk artikel SEO, adalah ternyata membuat judul clickbait itu mudah lho, dan ini cara-caranya. 

Orang-orang pun akan merasa penasaran dan tertarik untuk membaca artikel kita, karena kita sudah memahami dengan baik apa yang menjadi permasalahan mereka, dan membuat judul yang mampu menjawab persoalan tersebut.

2. Mainkan emosi orang-orang

Mungkin ini terdengar menyulitkan bagi sebagian besar orang, mengingat dalam membuat judul SEO kita harus memerhatikan penggunaan keyword agar tetap sesuai dengan kaidah SEO. Apalagi kalau diminta untuk memainkan emosi orang-orang. Duh!

Tapi mau bagaimanapun, orang-orang akan lebih tertarik dengan judul yang mampu memainkan emosi orang-orang ketimbang yang tidak. Tanpa sentuhan emosi, akan sulit untuk menarik minat orang-orang.

Triknya, pastikan keyword Anda tidak terdiri lebih dari dua kata. Hal ini agar Anda mendapat lebih banyak ruang untuk memainkan kata-kata dalam judul. Kata-kata yang emosional dan tentunya menggugah rasa.

Baca Juga  Bagaimana Cara Membuat Judul Menarik yang SEO Friendly?

3. Gunakan teknik copywriting

Prinsip copywriting adalah singkat, relevan, unik, dan bermanfaat. Sekalipun jumlah karakter yang dibatasi dalam judul SEO adalah 60 karakter, buatlah judul agar tetap sependek dan seunik mungkin. Dengan catatan, jumlah keyword tidak terdiri lebih dari dua kata, ya.

Misalnya, untuk keyword “contoh copywriting”, judul yang bisa digunakan adalah “Contoh Copywriting yang Menarik dan Siap Pakai” seperti yang dicontohkan oleh Kirim.Email. Judul ini memenuhi kaidah copywriting yang baik; singkat, relevan, unik, dan bermanfaat.

Itu dia beberapa cara membuat judul clickbait dalam artikel SEO. Untuk membuat judul seperti ini, ternyata ada teknik-tekniknya sendiri, ya. Kita juga perlu tahu kelebihan dan kekurangannya agar tidak salah kaprah ketika membuatnya.

Membuat judul clickbait dalam artikel SEO memang tidak mudah, butuh jam terbang tinggi. Namun, kita bisa kok membuat judul SEO dengan mudah menggunakan bantuan dari Increasink.

Increasink sendiri merupakan digital agency yang bergerak di branding dan digital marketing. Kami saat ini membuka layanan mengoptimasi SEO untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.

Silakan hubungi kontak ini jika Anda tertarik. Kami siap melayani kebutuhan SEO On Page Anda!.

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.

× Whatsapp Kami