fbpx
logo increasink blog

7 Cara Membuat Iklan yang Menarik di Media Sosial

March 17, 2023
Cara Membuat Iklan yang Menarik di Media Sosial

Iklan produk adalah salah satu cara terbaik untuk menarik minat beli konsumen. Semakin menarik iklannya, semakin besar peluang konsumen membeli produk kita. Sudahkah Anda tahu bagaimana cara membuat iklan yang menarik di media sosial (medsos)?

Kenapa menyebut medsos? Karena saat ini banyak bisnis sudah beralih ke dunia digital; sekarang pun iklan lebih banyak kita temukan di medsos ketimbang di dunia nyata.

Bukan cuma itu, jumlah pengguna aktif medsos di Indonesia sangatlah banyak; mencapai 167 juta orang per Januari 2023 (We Are Social, 2023). Tentu akan berpotensi sekali jika kita manfaatkan untuk beriklan di medsos.

Namun begitu, hal ini secara tidak langsung memicu persaingan yang tinggi dalam periklanan di medsos. Banyaknya entitas bisnis yang beriklan memaksa kita untuk lebih kreatif lagi dalam membuat iklan produk. 

Menghadapi tantangan sebesar ini tentu bukan hal mudah. Maka dari itu kali ini Increasink akan bagikan informasi mengenai cara membuat iklan yang menarik di media sosial. Yuk, langsung simak saja!

Cara membuat iklan yang menarik di media sosial

1. Pahami tujuan beriklan

Langkah pertama adalah memahami tujuan Anda beriklan, apakah untuk menjangkau lebih banyak audiens, meningkatkan tingkat keyakinan membeli konsumen, memperbanyak closing, atau lain sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa mengukur efektivitas dari iklan yang Anda buat.

Baca Juga  Apa itu Bot Instagram? Apa Bahayanya bagi Bisnis Anda?

2. Tentukan platform iklan

Setiap platform media sosial memiliki kelebihan dan karakter masing-masing. Karena itu, pelajari setiap platform media sosial dan cocokkan dengan tujuan beriklan Anda.

3. Riset kompetitor

Komponen paling penting dari iklan produk adalah isi dari iklan produk itu sendiri. Nah, salah satu cara mengolah isi dari iklan agar menarik dan unik adalah dengan melakukan riset kompetitor.

Riset kompetitor di sini bukan berarti meniru mentah-mentah apa yang dilakukan oleh kompetitor. Tetapi, memetakan topik dan format konten yang sekiranya disukai oleh target audiens. Untuk kemudian diolah dalam versi sendiri yang lebih menarik.

4. Pahami brand & target audiens kita seperti apa

Jangan sampai kita melakukan riset kompetitor tapi tidak mengerti dengan brand dan target audiens kita sendiri. Karena kalau sampai seperti itu, yang ada iklan yang kita buat malah tidak tepat sasaran dan ujung-ujungnya gagal. 

Tambah lagi, dengan memahami brand dan target audiens kita seperti apa, kita akan lebih terbayang dalam membuat iklan produk. Jadi, tidak akan ada yang namanya kesulitan dalam mengolah konten iklan.

5. Buat headline dan caption menarik

Iklan merupakan bagian dari copywriting yang setiap tulisannya akan sangat memengaruhi efektivitasnya dalam menarik minat beli konsumen. Itulah kenapa headline dan caption harus dibuat semenarik mungkin, karena keduanya merupakan dua komponen tulisan yang ada dalam iklan.

Untuk membuat headline dan caption yang menarik, jelas hal pertama yang mesti kita lakukan adalah memahami terlebih dulu brand dan target audiens kita seperti apa. Setelah itu, baru memahami karakteristik dan kelebihan dari platform yang digunakan; apa sekiranya cocok dengan konten seperti ini atau justru malah tidak.

Baca Juga  3 Contoh Copywriting Parfum yang Powerful & Menarik

Tidak berhenti sampai di situ, kita harus menulis headline dan caption sedemikian rupa sehingga memerhatikan penggunaan copywriting dengan baik, mulai dari permainan rima kata hingga adanya unsur benefit dalam tulisan.

6. Perhatikan detail desain

Selain tulisan, dalam membuat iklan produk kita juga harus memerhatikan aspek visual dari iklan. Semakin menarik visualnya, semakin besar pula kemungkinan konsumen tertarik dengan penawaran produk kita. Untuk itu, perhatikanlah detail visual serinci mungkin.

Mulai dari pemilihan font, kombinasi warna, hingga desain itu sendiri secara keseluruhan. Semua itu benar-benar harus diperhatikan sedemikian rupa agar terlihat rapi dan menarik.

7. Buat penawaran yang menarik

Salah satu cara membuat iklan yang menarik di media sosial yaitu dengan membuat penawaran yang menarik. Seperti yang Anda duga, penawaran menarik di sini berarti kita membuat penawaran yang dapat menarik hati konsumen, entah berupa potongan harga, promo cashback, atau lainnya.

Namun, tidak selamanya penawaran menarik harus dalam bentuk diskon atau semacamnya. Bisa juga dalam bentuk keunggulan produk atau bonus layanan. Semuanya tinggal bagaimana Anda mengolahnya dengan baik.

Itu dia beberapa cara membuat iklan yang menarik di media sosial. Bagaimana? Apakah Anda semakin terbayang bagaimana membuat iklan produk nantinya?

Tidak harus buat sendiri, Anda bisa membuat iklan di medsos dengan mengandalkan peran 3rd party, lho. Salah satunya dengan digital agency seperti Increasink!

Increasink sendiri merupakan digital agency yang bergerak di bidang digital marketing dan branding. Kami saat ini membuka layanan social media management untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.

Silakan hubungi kontak ini jika Anda tertarik. Kami siap melayani segala kebutuhan konten Anda!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.