fbpx
logo increasink blog

Inilah 6 Cara Membuat Caption Menarik untuk Jualan!

March 6, 2023
Cara Membuat Caption Menarik untuk Jualan

Salah satu tantangan terbesar dalam jualan online yaitu bagaimana cara menarik orang-orang agar tertarik membeli produk kita. Sudahkah Anda mengetahui cara membuat caption menarik untuk jualan?

Orang-orang bisa tertarik dengan jualan kita, salah satunya, dengan caption yang menarik dan menjual. Adanya caption membantu kita menggaet hati pembeli melalui kata-kata singkat nan padat.

Bagaimana cara membuat caption menarik untuk jualan? Apa saja teknik-tekniknya? Untuk menjawabnya, Anda bisa menyimak penjelasan sebagai berikut ini.

Cara membuat caption menarik untuk jualan

1. Pahami siapa target audiens kita

Begini cara membuat caption menarik untuk jualan
Photo by Melanie Deziel on Unsplash

Sebelum membuat caption, ada baiknya Anda memahami dulu siapa yang menjadi target audiens Anda. Hal ini agar pemilihan kata dalam caption sesuai dengan target audiens Anda, tidak melenceng sama sekali.

Seperti katakanlah, Anda memiliki toko online dengan target audiens usia remaja. Alih-alih “Anda” atau “kamu”, tentu pilihan kata yang lebih cocok adalah “bro” atau “guys”, setuju? Mengingat kedua kata ini biasa digunakan oleh remaja dalam kehidupan sehari-hari.

Bandingkan saja dengan kata “Anda” atau “kamu”. Ketika digunakan dalam caption, tentu pembaca usia remaja akan menganggapnya sebagai suatu kejanggalan atau hal asing, sehingga caption tidak dapat menyentuh hati mereka. Kalau sudah seperti ini, bagaimana caranya jualan bisa laku?

2. Pastikan kalimat tidak panjang

Inti dari membuat caption adalah bagaimana caranya agar dapat menarik hati calon pembeli. Perhatikan di sini, yang digarisbawahi adalah “hati calon pembeli”, itu artinya dalam membuat caption kita harus memerhatikan psikologis pembaca.

Baca Juga  4 Contoh Copywriting Kopi yang Manjur Menarik Hati Pembeli!

Kita tahu sendiri psikologis pembaca tidak suka tulisan panjang-panjang. Mereka hanya mau menghabiskan 7 detik pertama untuk membaca caption sampai habis.

Oleh karena itu, buatlah caption sepadat dan semenarik mungkin. Pastikan kalimat dalam caption mengalir dan enak dibaca agar orang-orang mau membacanya sampai habis.

3. Buat persona

Buatlah persona dalam caption yang Anda buat untuk menarik perhatian orang-orang. Semisal Anda memiliki toko online yang menjual produk kecantikan perempuan, maka kalimat persona yang bisa digunakan adalah “cantik dari dalam super glowing”.

Beberapa brand besar sudah menggunakan teknik ini, lho, untuk dijadikan sebagai daya jual dalam caption yang mereka buat. Mereka saja sudah buat, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda ingin ketinggalan?

4. Tambahkan call to action

Perlu diingat bahwa tujuan kita membuat caption adalah untuk menarik perhatian orang-orang agar mau membeli produk. Itu berarti, caption harus memiliki call to action sedemikian rupa agar orang-orang merasa terdorong untuk membeli produk.

Anda bisa membaca lebih lengkap tentang call to action di sini.

5. Kuasai ilmu copywriting

Dalam dunia digital marketing, kita mengenal yang namanya ilmu copywriting. Yakni suatu teknik menulis untuk memengaruhi pembaca atau calon pembeli kita. Untuk memaksimalkan penjualan, Anda bisa aplikasikan ilmu copywriting dalam caption.

6. Pakai headline yang menarik 

Tidak hanya dalam konten, headline juga bisa kita tambahkan dalam caption yang kita buat. Agar orang-orang tertarik untuk membaca caption sampai habis, tentu headline harus dibuat semenarik mungkin. Bagaimana caranya?

Ada aturan tidak tertulis dalam membuat headline yang menarik, mulai dari jumlah karakter yang tidak melebihi 60 karakter, dibuat clickbait tapi tidak clickbait juga, sampai pada menggarisbawahi benefit dari produk yang menjadi topik konten.

Baca Juga  Tidak Sulit, Ini 3 Cara Melihat Insight Instagram Anda!

Anda bisa membaca lebih lengkap tentang copywriting headline di sini.

Penutup

Itu dia beberapa cara membuat caption menarik untuk jualan. Adalah ternyata caption sangat berpengaruh terhadap penjualan, apalagi kalau dibuatnya semenarik mungkin mengikuti teknik-teknik di atas!

Membuat caption, mengembangkan media sosial (medsos) bisnis Anda. Karena tanpa medsos, mustahil caption bisa membantu penjualan dengan baik. Setiap kanal medsos memiliki karakteristik caption-nya masing-masing, dan itu memengaruhi penjualan.

Ingin mengembangkan bisnis di medsos? Serahkan saja urusan ini kepada Increasink!

Increasink merupakan digital & branding agency yang bergerak di bidang marketing & branding. Kami saat ini membuka layanan social media management untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.

Silakan hubungi kontak ini jika Anda tertarik. Kami siap melayani segala kebutuhan konten Anda!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.

× Whatsapp Kami