fbpx
logo increasink blog

Terbukti Ampuh, Ini 4 Cara Membuat Backlink Sendiri

February 15, 2023
Cara Membuat Backlink Sendiri

Tidak sedikit dari kita mencari cara membuat backlink sendiri untuk meningkatkan kehadiran online bisnis, karena backlink memang menjadi salah satu faktor penentu ranking tidaknya suatu website di Google.

Semakin banyak backlink berkualitas yang masuk, semakin tinggi pula ranking website di Google. Kalau ranking sudah bagus, website pun secara otomatis akan kebanjiran traffic — menghasilkan banyak konversi ke penjualan.

Karena itulah, mencari cara membuat backlink sendiri menjadi langkah yang tepat untuk meningkatkan penjualan online, jika benar Anda ingin menghasilkan penjualan melalui website. 

Simak penjelasan berikut apa itu backlink dan bagaimana cara membuatnya sendiri tanpa bantuan 3rd party!

Apa itu backlink?

Sederhananya, backlink adalah link atau tautan yang dicantumkan dalam suatu website dan mengarah ke website punya Anda. Seperti backlink berikut ini yang dicantumkan di dalam artikel ini, untuk diarahkan ke website Hostinger.

Tujuan dari memasukkan backlink sendiri yaitu untuk memberi sinyal kepada Google bahwa website kita benar kredibel dan pantas untuk berada di posisi tertinggi di hasil pencarian Google. 

Tanpa adanya backlink, suatu website akan sulit untuk diketahui keberadaannya oleh Google, apalagi untuk mendapat ranking bagus di Google. Sekalipun, mungkin, penerapan SEO on page sudah sangat baik.

Karena, mau bagaimanapun juga, penerapan SEO on page dan off page (dalam hal ini backlink) tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Keduanya sama-sama memegang peranan penting dalam menjadikan suatu website berkualitas.

Karena itulah, SEO off page, atau dalam hal ini membangun backlink, menjadi salah satu teknik optimasi SEO yang penggunaannya harus dimaksimalkan sebaik mungkin. Berikut Increasink rangkumkan beberapa cara membuat backlink sendiri yang dapat Anda coba sendiri dengan mudah.

Baca Juga  Bagaimana Cara Membuat Judul Menarik yang SEO Friendly?

1. Membuat konten berkualitas

Backlink tidak bisa dipisahkan dari yang namanya konten. Karena kalau konten saja tidak ada, bagaimana caranya suatu backlink bisa masuk ke dalam website kita? Pasti suatu website baru bisa mendapat backlink kalau konten-kontennya sudah ada, sampai di sini setuju?

Dengan catatan konten-kontennya sudah berkualitas, baru suatu website bisa mendapat sejumlah backlink. Sebab, mustahil suatu website bisa kedapatan sejumlah backlink kalau konten-kontennya saja sudah dinilai kurang di mata orang yang melakukan backlink.

Jadi, sekarang sudah tahu ya harus melakukan apa?

2. Memanfaatkan tools backlink

Tidak harus melulu berfokus pada konten, Anda juga dapat membangun backlink sendiri dengan memanfaatkan tools backlink yang ada, seperti misal Ubersuggest, Ahrefs, dan sebagainya.

Jadi, nanti Anda gunakan saja tools backlink yang ada untuk mengetahui backlink apa saja yang masuk ke website kompetitor. Sesudahnya, Anda bangun sendiri backlink dengan memasukkan sejumlah backlink tinggi ke halaman atau artikel Anda.

Memang caranya tidak natural seperti tadi, namun setidaknya cukup efektif dalam membantu kita membangun backlink sendiri.

3. Memanfaatkan user-generated content platform

Cara membuat backlink sendiri berikutnya yaitu dengan memanfaatkan user-generated content platform, seperti IDN Times, Medium, Reddit, dan sebagainya. 

Di mana Anda bisa membuat artikel sendiri di platform tadi, untuk kemudian dicantumkan backlink di dalamnya dan diarahkan ke website Anda. Dengan catatan konten-konten yang dibuat di website tadi juga relevan dengan isi website kita.

4. Guest blog

Apa itu guest blog? Sederhananya, guest blog adalah memublikasikan konten atau artikel sendiri di website orang lain, entah tujuannya untuk menambah portofolio atau mendapatkan lebih banyak traffic. Namun, untuk konteks ini lebih untuk mendapatkan traffic.

Bagaimana caranya? Cukup buat saja artikel sendiri yang telah disesuaikan isi dan gaya bahasanya dengan website yang ditembak. Kemudian, masukkan backlink yang mengarah ke website Anda. Jadilah guest blog yang memberi banyak traffic untuk website Anda.

Baca Juga  Bagaimana Cara Menerapkan SEO Copywriting untuk Bisnis Anda?

Itu dia beberapa cara membuat backlink sendiri. Walaupun sekilas kelihatannya susah, tetapi dengan sentuhan dan pendekatan yang tepat backlink yang dibangun akan memberi manfaat tersendiri bagi website kita. Termasuk dalam hal ini mendatangkan banyak traffic dan menghasilkan konversi ke penjualan. 

Penerapan SEO saja sudah ribet, apalagi kalau disuruh untuk menghasilkan konversi? Nah, Anda tidak perlu khawatir soal ini, ada Increasink yang siap membantu mengoptimalkan SEO pada website Anda.

Increasink merupakan digital & branding agency yang bergerak di bidang marketing & branding. Kami membuka layanan optimasi SEO untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.

Hubungi saja kontak ini jika Anda tertarik untuk berkonsultasi dengan Increasink. Kami siap melayani segala kebutuhan marketing Anda!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.