fbpx
logo increasink blog

Bagaimana Cara Membangun Personal Branding di Instagram?

January 16, 2023
Cara Membangun Personal Branding di Instagram

Mengulangi pertanyaan di judul: bagaimana cara membangun personal branding di Instagram? Apakah cukup dengan mengupload foto-foto di feed saja atau bagaimana? Untuk menjawab pertanyaan ini, tentunya kita perlu memahami dulu apa itu personal branding

Apa itu personal branding?

Personal branding adalah tentang bagaimana cara memasarkan diri Anda
Bagaimana cara membangun personal branding di Instagram? @Unair News – Universitas Airlangga

Kalau menurut terjemahan, personal branding memiliki arti membangun brand personal. Brand personal di sini berarti kita sendiri yang menjadi brand, bukan perusahaan lagi sebagaimana pengertian branding pada umumnya.

Kenapa perlu membangun personal brand di Instagram?

Tiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda dalam menggunakan Instagram. Ada yang untuk sekadar membagikan momen, mendapatkan kabar baru tentang teman mereka, atau lain sebagainya.

Tapi, ada juga yang menggunakan Instagram untuk menjadikan dirinya lebih dikenal banyak orang. Entah untuk kepuasan pribadi, mendapatkan lebih banyak cuan, agar banyak orang yang menggunakan jasanya, ataupun alasan-alasan lainnya. Sehingga, membangun personal branding di Instagram akan sangat membantu dirinya mencapai tujuan tersebut.

Bagaimana tidak, dengan membangun personal brand di Instagram, kita akan menjaring banyak followers sekaligus menciptakan first impression yang bagus, sehingga dari situ kita bisa menjadi top-of-mind di bidang atau industri kita. Sesuai dengan tujuan tadi, bukan?

Baca Juga  5 Tips Optimalkan Instagram untuk Bisnis Healthcare

Jenis-jenis personal branding

Namun begitu, tidak selamanya orang yang personal branding-nya bagus di Instagram melakukannya secara sengaja, atau biasa kita sebut sebagai personal branding by design, sebagaimana dicontohkan pada penjelasan sebelumnya.

Ada juga yang tidak memiliki intent untuk personal branding di Instagram, tetapi malah mendapatkan followers dalam jumlah yang besar. Personal branding seperti ini biasa disebut sebagai personal branding secara natural, yaitu membangun personal branding secara tidak disengaja.

Dan kedua personal branding ini, tentunya memiliki caranya masing-masing dalam melakukannya.

Cara membangun personal branding di Instagram secara natural

Kalau untuk personal branding secara natural, ia tidak memerlukan perencanaan sama sekali dalam melakukannya. Jadi, ya, si pelaku personal branding-nya cukup mengupload foto atau konten saja seperti biasa. Tetapi, harus terdapat komponen-komponen dasar personal branding dalam apa yang dilakukan si pelakunya, seperti misalnya:

  • Memiliki value (nilai) lebih, yang membuat orang-orang mau mengikutinya
  • Memiliki tingkah laku positif yang dikenal luas oleh audiensnya, dan bahkan disukai oleh mereka.
  • Memiliki penampilan diri yang menarik dan ideal bagi banyak orang.
  • Memiliki keunikan khas yang membedakannya dengan kebanyakan orang.

Orang-orang seperti ini biasanya sudah memiliki banyak penggemar di dunia nyata, dan ketika membuat akun Instagram personal diri sendiri, para penggemarnya langsung mengikuti akunnya tanpa ia harus bersusah payah membangun personal branding di Instagram.

Cara membangun personal branding di Instagram by design

Sementara untuk cara membangun personal branding by design, Anda harus mengikuti step-by-step berikut untuk kemudian menerapkannya pada akun personal Instagram Anda:

1. Temukan niche diri Anda

Untuk menjadi top-of-mind di bidang atau industri Anda, tentu Anda harus menentukan ingin bermain di mana dulu. Apakah itu di bidang self-development? Finansial anak muda? Atau lainnya?

Baca Juga  3 Contoh Copywriting Travel dari Traveloka, Menarik untuk Dipelajari!

Yang jelas, niche akan sangat menentukan bagaimana brand diri Anda ke depannya seperti Apa. Juga, bagaimana Anda menjadi top-of-mind di dalam benak followers.

Adapun menentukan niche dapat dilakukan dengan melakukan tiga hal, yakni meriset kompetitor dan personaliti mereka, meriset tren hashtag, serta memikirkan masalah visual konten dengan seksama.

Dengan melakukan tiga hal tadi, pasti jalan Anda untuk membangun personal brand di Instagram akan lebih mudah dan rapi.

2. Pahami brand personality Anda

Hal berikutnya dari membangun personal brand yang harus diperhatikan adalah brand personality Anda.

Apakah Anda orangnya bijaksana? Cerdas? Atau lain-lainnya? Itu benar-benar harus dipikirkan baik-baik dan difokuskan salah satu saja. Jangan rakus mengambil semuanya untuk dijadikan brand personality Anda.

3. Buat mood board personal brand diri Anda

Apa itu mood board? Mood board adalah gambaran visual tentang personal brand Anda seperti apa. Contohnya seperti ini:

cara membangun personal branding di Instagram
Ilustrasi moodboard (Sumber: freepik.com/coolvector)

Mood board membantu kita menciptakan suasana yang kita inginkan ada di dalam hati followers secara alami saat mereka mengunjungi page akun kita atau berinteraksi dengan kita.

Dengan mood board juga, kita jadi tahu apa saja elemen visual yang sekiranya kita butuhkan dalam rangka membangun personal brand di Instagram, seperti warna, tipografi, visual, logo, dan sebagainya.

4. Tentukan elemen visual personal brand Anda

Kalau sudah membuat mood board, kita dapat menentukan kebutuhan elemen visual kita ada apa saja, seperti warna, tipografi, visual, logo, dan lain sebagainya.

Dari situ, kita bisa menentukan secara spesifik ingin warna yang seperti apa, tipografi yang seperti apa, logo yang seperti apa, dan seterusnya.

Dengan begitu, kita dapat secara konsisten menggunakan elemen-elemen visual tadi ketika sedang membangun personal branding di Instagram.

Baca Juga  Brand Value Bisa Dongkrak Penjualan Anda, Mau Tahu Kenapa?

Karena ingat: personal branding adalah soal konsistensi menggunakan warna, personaliti, dan segala hal terkait personal brand yang sama.

5. Update bio Instagram yang mencerminkan siapa diri Anda

Jika fondasinya sudah dibuat semua dan kuat, maka selanjutnya Anda bisa meng-update bio Instagram yang mencerminkan siapa diri Anda, ini mencakup;

  • Foto profil
  • Nama profil dan username
  • Instagram story highlight
  • Instagram bio
  • Instagram bio link

Dengan begitu, followers memiliki alasan kuat untuk mem-follow akun Anda dan terus mengikuti perkembangan dari akun Anda.

Itu tadi cara membangun personal branding di Instagram. Bagaimana? Ternyata cukup memantang ya melakukannya! Tetapi, jangan khawatir, dengan melakukan langkah yang tepat kita pasti bisa membangun personal brand diri kita dengan baik.

Atau Anda masih bingung bagaimana cara melakukannya? Anda bisa menghubungi Increasink terlebih dulu. Karena kebetulan juga kami membuka layanan seputar personal brand untuk business owners seperti Anda.

Hubungi kontak ini jika Anda tertarik untuk berkonsultasi dengan Increasink. Kami siap melayani segala kebutuhan personal brand Anda!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.