fbpx
logo increasink blog

Cara Jitu Memulai Bisnis dari Instagram

February 13, 2022
Cara Jitu Memulai Bisnis dari Instagram

Para pelaku usaha khususnya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dituntut untuk kreatif dan inovatif untuk mempromosikan produknya seiring ketatnya persaingan bisnis yang semakin menjamur belakangan ini. Para pelaku UMKM dapat memanfaatkan peluang yang disediakan melalui berbagai platform digital seperti media sosial, salah satunya adalah instagram.

Memulai bisnis dari instagram cukup mudah dan biaya yang dibutuhkan pun tidak besar. Sangat cocok bagi pelaku usaha UMKM yang ingin memanfaatkan digital marketing untuk bisnis yang akan dijalankan. Nah, mari simak ulasan berikut untuk mengetahui cara jitu memulai bisnis dari instagram.

Apa itu Digital Marketing?

Cara Jitu Memulai Bisnis dari Instagram
Apa itu Digital Marketing │ Dok.Increasink

Sebelum mengetahui cara memulai bisnis dari instagram, ada baiknya jika Anda memahami terlebih dahulu apa itu digital marketing karena sejatinya melakukan bisnis di media sosial merupakan salah satu bagian dari digital marketing.

Digital marketing adalah kegiatan memasarkan produk ataupun jasa yang dilakukan dengan media digital. Tujuan dari pemasaran ini adalah untuk menjangkau target market yang lebih luas dan lebih banyak secara efisien, personal dan relevan.

Pemasaran dengan cara digital ini memadukan teknik serta pengetahuan dalam psikologi pasar dan teknologi dimana pemasaran tidak lagi  dilakukan dengan memasang iklan di baliho, televisi atau surat kabar, akan tetapi menggunakan platform digital sebagai media pemasarannya.

Social Media Marketing dengan Instagram

Cara Jitu Memulai Bisnis dari Instagram
Sosial Media Marketing dengan Instagram │ Dok.Increasink

Instagram adalah platform yang mengutamakan visual estetik yang mengagumkan dari foto maupun video yang menarik di seluruh platformnya. Pengguna instagram memiliki pengguna yang terus meningkat dengan engagement rate yang paling tinggi dibanding platform media sosial lainnya. Meski mereka juga merubah algoritma instagram yang tidak lagi kronologis, profil bisnis Instagram tidak mengalami penurunan yang besar.

Baca Juga  Budget Marketing yang Ideal, Ini 2 Cara Menentukannya!

Untuk memanfaatkan instagram, Anda dapat memanfaatkan semua fitur yang disediakan oleh instagram seperti feeds, stories, IG Live dan juga penggunaan hashtag. Anda dapat membuat stories, melakukan Live untuk berkomunikasi dan mempromosikan produk dan memposting foto setiap hari dengan menggunakan hashtag yang relevan untuk mendapatkan followers dan engagement terhadap calon pelanggan.

Mungkinkah Memulai Bisnis Dengan Instagram?

Cara Jitu Memulai Bisnis dari Instagram
Mungkinkah Memulai Bisnis dengan Instagram │ Dok.Increasink

Jawaban dari pertanyaan diatas ini adalah bisa mungkin, dan bisa tidak. Tidak akan mungkin jika Anda hanya membatasi bisnis sebagai sebuah istilah untuk aktivitas ekonomi dimana hanya ada komponen perkantoran, karyawan serta hirarki kepegawaian.

Namun, jika Anda menganggap bisnis sebagai sebuah aktivitas untuk melayani kepentingan orang banyak dimana kita bisa mendapatkan benefit berupa profit, branding, serta potensi perkembangan bisnis maka memulai bisnis dari instagram tidak akan menjadi hal yang mustahil.

Saat ini sudah sangat banyak pedagang online yang sukses dengan memulai bisnisnya lewat Instagram. Ada beberapa kategori yang menjadi contoh, yaitu kuliner, produk kecantikan, souvenir, hingga berbisnis dengan menjadi seorang selebgram menjadi bukti bahwa seseorang dapat sukses mendapat omset hingga ratusan juta hanya dengan memanfaatkan 1 platform media sosial.

Tips Memulai Bisnis dari Instagram

Cara Jitu Memulai Bisnis dari Instagram
Tips Memulai Bisnis dari Instagram │ Dok.Increasink

Setidaknya ada 4 hal dasar yang perlu Anda lakukan dan perhatikan untuk memulai bisnis dari instagram. Mari simak penjabaran berikut.

1. Manfaatkan Akun Instagram for Business

Jika pada Facebook ada fitur people, market place dan fanpage, maka di Instagram ada akun untuk personal dan akun khusus untuk bisnis. Jika Anda masih menggunakan akun personal untuk aplikasi instagram, Anda bisa mengubahnya secara gratis ke akun bisnis.

Baca Juga  Bolehkah Agama Dijadikan Konten Promosi? Yuk, Belajar dari Kasus Holywings!

Sebenarnya dari sisi tampilan profil, baik itu instagram pribadi maupun akun bisnis memiliki tampilan yang mirip dan tidak banyak yang berbeda. Hanya saja, instagram menambahkan fitur yang lebih informatif untuk akun Instagram bisnis. Tampilan profil pada akun Instagram bisnis terdapat tombol kontak yang bisa membantu calon pelanggan untuk lebih mudah menghubungi pemilik bisnis. Selain itu juga ada kemudahan dalam running ads serta fitur insta story yang dapat dimanfaatkan sebagai tautan yang hanya tersedia di akun bisnis.

2. Posting Secara Berkala

Setidaknya ada 400 juta akun aktif yang ada di Instagram. Untuk itu Anda harus cukup rajin untuk membuat konten di Instagram agar ada lebih banyak juga jangkauan dan engagement yang Anda dapat. Jika Anda tidak rajin membuat konten dan hanya sesekali berkunjung di Instagram maka pasti akan sulit untuk bersaing dengan akun-akun bisnis lain yang menjadi kompetitor bisnis Anda.

3. Optimasi Postingan Anda

Ada beberapa cara untuk mengoptimalisasi setiap postingan Instagram Anda untuk meningkatkan impression maupun engagement dengan calon pelanggan. Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

· Gunakan hashtag yang relevan. Hashtag yang relevan dapat membuat postingan Anda dilihat oleh lebih banyak orang, tidak terbatas hanya dilihat oleh followers Anda saja.

· Gunakan ilustrasi visual yang menarik. Ilustrasi yang menarik akan membuat banyak orang tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut dengan mengklik gambar ataupun membaca deskripsi yang tertera pada caption di bawah foto yang diposting.

· Ajukan pertanyaan terbuka. Dengan mengajukan pertanyaan terbuka Anda dapat meningkatkan engagement dengan calon pelanggan potensial.

· Mintalah followers untuk menulis di komentar. Dengan adanya banyak komentar, peluang postingan Anda muncul di pencarian populer saat orang mengklik hashtag yang Anda cantumkan akan semakin besar.

Baca Juga  Podcast Branding & Marketing, Seberapa Efektif bagi Bisnis Anda?

· Posting quotes atau video yang sedang viral. Masyarakat Indonesia yang cenderung memiliki rasa ingin tahu yang tinggi akan membuat mereka mengklik video yang sedang viral. Dengan memposting video viral akan ada lebih banyak orang yang menemukan akun bisnis Anda.

· Personal story yang mempunyai sisi emosional. Empati masyarakat cukup tinggi sehingga mereka akan tertarik dengan cerita-cerita yang emosional. Dengan membagikan cerita yang emosional akun bisnis Anda mungkin akan dilihat lebih banyak orang.

Jika Anda dapat mengoptimalkan postingan Instagram dengan cara-cara diatas, kemungkinan untuk sukses memulai bisnis dari instagram akan menjadi semakin besar.

4. Bangun Komunikasi yang Baik

Bagaimanapun, Instagram adalah media sosial yang digunakan untuk berkomunikasi dengan banyak orang. Anda tidak bisa hanya “berjualan” saja agar dapat sukses berbisnis melalui platform Instagram. Anda juga baru bisa berjualan jika Anda sudah bersosialisasi. Jangan hanya memposting produk atau jasa yang kamu jual saja. Akan tetapi buatlah juga konten yang menarik dan bermanfaat untuk calon pelanggan Anda.

Dengan adanya konten yang bagus dan berkualitas, maka orang cenderung akan memperhatikan akun Anda dan bahkan bisa juga membagikan konten yang Anda buat kepada orang lain. Nah. Inilah hal yang seharusnya Anda jadikan sebagai target utama dan alasan prioritas kenapa Anda menggunakan media sosial sebagai media promosi bisnis Anda.

Memulai bisnis dari instagram maupun platform media sosial lain tentu harus mengutamakan komunikasi dan engagement dengan pengguna platform media sosial tersebut. tanpa adanya komunikasi yang terjalin dengan baik tentu promosi pun tidak dapat berjalan dengan lancar.

Demikian beberapa tips dan cara jitu memulai bisnis dari instagram untuk Anda yang ingin mencoba peruntungan digital marketing melalui media sosial yang satu ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.

× Whatsapp Kami