fbpx
logo increasink blog

Bagaimana Cara Branding Produk di Sosial Media?

May 27, 2023
Bagaimana Cara Branding Produk di Sosial Media?

Salah satu pertanyaan yang mungkin sering terlintas dalam benak Anda adalah, bagaimana cara branding produk di sosial media, benar? Hal ini mengingat terjual tidaknya produk kita, salah satunya, ditentukan dari seberapa kencang roda branding produk kita di media sosial.

Tanpa adanya branding produk di sosial media, mustahil produk kita bisa terjual dengan baik — karena, dari mana konsumen bisa mengenal produk kita jikalau kita saja tidak memperkenalkannya ke mereka? Untuk itulah Anda perlu mengetahui cara branding produk di sosial media. 

Berikut penjelasan mengenai cara branding produk di sosial media. Simak sampai habis, ya!

Cara branding produk di sosial media

cara branding produk di sosial media

1. Tentukan platform yang ingin dituju

Langkah pertama yang mesti Anda lakukan adalah menentukan platform yang ingin dituju, yang tentunya disesuaikan dengan produk yang hendak dipasarkan. Tujuan melakukan ini, tak lain dan tak bukan untuk memudahkan Anda dalam proses branding tersebut. 

Ambil contoh, produk Anda adalah minuman kekinian seperti Boba yang digemari oleh banyak anak muda. 

Untuk produk dan target audiens seperti ini, tentu platform yang cocok adalah Instagram dan TikTok. 

Karena keduanya merupakan platform yang paling banyak digunakan oleh anak muda, lebih lagi visualnya sangat mendukung untuk bisnis yang mengandalkan visual seperti bisnis Boba.

cara branding produk di sosial media

2. Mengunggah konten visual

Konten visual menjadi salah satu cara yang tepat untuk memperkenalkan atau branding suatu produk. Hal ini karena orang-orang lebih mudah mengenali suatu produk dari visual atau tampilannya. Terlebih jika visual atau tampilannya menarik, unik, dan melambangkan brand dengan baik.

cara branding produk di sosial media
Salah satu contoh branding produk di sosial media @ Bibah/Increasink

Ambil contoh sederhana Coca Cola. Brand ternama ini secara aktif membagikan konten visual dari produk mereka di sosial media. Nah, seiring berjalannya waktu, tentu orang-orang akan semakin ‘ngeh’ dengan produk Coca Cola karena sering disuguhkan dengan visual dari produk Coca Cola.

Baca Juga  5 Cara Branding Produk agar Mudah Dikenali Konsumen
cara branding produk di sosial media

3. Buat konten terkait deskripsi produk Anda

Cara branding produk di sosial media selanjutnya yaitu membuat konten yang membahas tentang deskripsi dari produk Anda, tentunya dengan bahasan yang singkat, padat, dan jelas, namun tetap menarik. Selain sebagai bahan konten, cara ini termasuk yang efektif dalam memperkenalkan produk kepada audiens.

cara branding produk di sosial media

4. Konsisten share di sosial media

Hal penting berikutnya yang mesti diperhatikan adalah mengenai konsistensi dalam membagikan konten di sosial media. Kenapa begitu? Karena, semakin kita sering membagikan konten di sosial media, audiens akan semakin mengingat produk kita. Dengan demikian, kita dapat memperoleh penghasilan sesuai dengan yang diharapkan.

Karena itu, teruslah konsisten dalam share produk di sosial media. Manfaatkan sebaik mungkin semua platform sosial media yang ada untuk menggencarkan branding produk. 

cara branding produk di sosial media

5. Kolaborasi dengan influencer

Branding akan semakin bagus kalau bisa menjangkau banyak orang, sehingga yang mengenal dan bahkan mengingat produk tidak cuma sedikit. Oleh sebab itu, Anda bisa melibatkan peran influencer untuk mengenalkan produk kepada audiens. Sebab, dengan influencer, Anda bisa mengenalkan produk secara efektif, lebih-lebih menjangkau banyak orang.

Demikian penjelasan mengenai cara branding produk di sosial media. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai habis, semoga bermanfaat bagi Anda!

Ingin tahu lebih lanjut tentang branding, bisnis, dan marketing? Kunjungi blog Increasink di sini.

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.

× Whatsapp Kami