fbpx
logo increasink blog

Menakjubkan, Ini Cara agar Bisnis Muncul di Pencarian Google!

February 14, 2023
Cara agar Bisnis Muncul di Pencarian Google

Mengetahui bagaimana cara agar bisnis muncul di pencarian Google menjadi impian sebagian besar business owners. Karena dengan muncul di pencarian Google, bisnis akan jadi lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan, sehingga menghasilkan lebih banyak penjualan.

Lain halnya ketika bisnis tidak muncul sama sekali di pencarian Google; bisnis jadi sulit ditemukan oleh calon pelanggan, sehingga penjualan pun tidak akan menunjukkan hasil sama sekali.

Dalam artikel ini, Increasink akan bagikan bagaimana cara kerja Google dalam mendeteksi kehadiran bisnis kita, serta bagaimana cara agar bisnis muncul di pencarian Google. Yuk, langsung saja kita bahas!

Cara kerja Google dalam mendeteksi kehadiran bisnis kita

Sederhananya seperti ketika kita membuat artikel; artikel baru akan muncul di Google ketika sudah memenuhi persyaratan tertentu yang secara tidak langsung ditentukan oleh Google, seperti misalnya mengikuti kaidah search engine optimization (SEO), website sudah terdaftar di Google Search Console, dan sebagainya.

Bisnis pun baru bisa muncul di pencarian Google ketika dari kita sendiri sudah berupaya untuk “mengoptimalkan kehadirannya”, katakanlah dengan meningkatkan jumlah penyebutan nama bisnis di media massa, mendaftarkan bisnis ke Google Bisnisku, dan masih banyak lagi.

Semakin intens kita mengoptimalkan kehadiran suatu bisnis, semakin tinggi pula peluang Google dalam mendeteksi kehadiran bisnis kita. Sama seperti analogi artikel tadi; semakin banyak kita penuhi persyaratan yang ditentukan oleh Google, semakin tinggi pula peluang Google dalam melacak kehadiran bisnis kita.

Baca Juga  Tips Menggunakan Google Trends untuk Konten SEO

Untuk itu, kita mau tidak mau harus mengetahui bagaimana cara agar bisnis muncul di pencarian Google, sehingga Google kemudian dapat dengan mudah mendeteksi kehadiran bisnis kita. Kira-kira apa saja caranya itu?

Membuat sitemap

Cara pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan membuat sitemap dengan lengkap. Pertanyaannya, apa itu sitemap?

Sitemap sendiri ialah file yang memuat semua halaman seputar website bisnis Anda. Hadirnya sitemap membuat website semakin terstruktur dan tersusun dengan rapi. Alhasil, memudahkan Google dalam mendeteksi website bisnis Anda.

Itulah kenapa juga sitemap dikatakan secara tidak langsung memengaruhi SEO. Karena dengan terstruktur dan tersusunnya website, user experience suatu website jauh lebih tinggi dibandingkan yang tidak mengandalkan sitemap.

Buat konten blog secara rutin

Bagaimana caranya agar bisnis muncul di pencarian Google, bilamana dari website kita sendiri jarang mengupload artikel untuk menunjukkan kredibilitas bisnis kita? Tambah lagi, rutin mengupload artikel juga meningkatkan peluang website untuk muncul di Google. Karena itulah penting bagi kita untuk membuat konten blog secara rutin.

Menggunakan fitur Google Bisnisku

Seperti Anda ketahui, sekarang ini sudah banyak business owners yang memanfaatkan fitur Google Bisnisku untuk mengekspansi bisnis mereka secara online. Hal ini karena Google Bisnisku memudahkan calon pelanggan dalam menemukan bisnis Anda.

Namun, sayangnya tidak semua business owners berhasil dalam memanfaatkan fitur Google Bisnisku. Alih-alih mendapatkan banyak pelanggan, bisnis online mereka justru terus dirundung sepi — tidak menghasilkan penjualan sama sekali.

Nah, semua sebenarnya balik lagi ke diri kita — bagaimana kita menggunakan fitur Google Bisnisku dengan baik. Ada trik tersendiri agar Google Bisnisku bisa mendatangkan banyak pelanggan bagi bisnis kita, bagaimana caranya?

Baca Juga  Bagaimana Cara Menerapkan SEO Copywriting untuk Bisnis Anda?

Cukup isi profil bisnis dengan lengkap, mulai dari kontak, produk, sampai deskripsi website. Jangan sampai ada satu pun yang terlewat, karena faktor ranking bisnis Anda di Google Bisnisku ditentukan dari lengkap tidaknya informasi bisnis Anda.

Belum cukup sampai di situ, manfaatkan Google Bisnisku juga untuk mendapatkan ulasan sebanyak mungkin. Selain sebagai social proof, ulasan dapat memudahkan bisnis Anda untuk ditemukan oleh calon pelanggan.

Masukkan keyword pada Alt-Text foto produk

Cara agar bisnis muncul di pencarian Google berikutnya yaitu dengan memasukkan keyword pada alt-text foto produk, yang tentunya tidak ditulis secara gamblang begitu saja. Tetapi, dirangkai kata per kata agar terlihat menarik dan unik bagi Google.

Seperti misal, keyword yang dipakai adalah “produk skincare”. Bukan berarti keyword tersebut dipakai secara mentah begitu saja untuk alt-text foto produk. Tetapi, mungkin, ditulis “produk skincare ini disukai oleh banyak gadis karena khasiatnya yang terbukti ampuh” agar kelihatannya unik.

Itu tadi beberapa cara agar bisnis muncul di pencarian Google. Ternyata perlu effort dan waktu ya untuk bisnis bisa menghasilkan penjualan melalui pencarian di Google, dan hasilnya pun mungkin tidak sesingkat di media sosial. Namun, dari segi jangka panjang dan budget tentu lebih worth it!

Kalau Anda bingung bagaimana cara melakukannya, ada Increasink yang siap membantu mengoptimalkan pencarian bisnis Anda di Google!

Increasink merupakan digital & branding agency yang bergerak di bidang marketing & branding. Kami membuka layanan optimasi bisnis di Google untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.

Hubungi saja kontak ini jika Anda tertarik untuk berkonsultasi dengan Increasink. Kami siap melayani segala kebutuhan marketing Anda!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.