fbpx
logo increasink blog

Bagaimana Cara agar Artikel Cepat Terindex Google dalam 1 Detik?

February 24, 2023
Cara agar artikel cepat terindex Google

Cara agar artikel cepat terindex Google dalam 1 detik, biasanya Anda membutuhkan informasi ini ketika Google mengalami kendala dalam mengindex artikel Anda, betul? Sementara Anda sendiri ingin meningkatkan ranking website sesegera mungkin agar semakin banyak traffic yang berdatangan.

Adalah suatu langkah bagus Anda berinisiatif untuk mencari tahu cara agar artikel cepat terindex Google dalam 1 detik. Itu tandanya Anda paham bahwa index menjadi faktor penting dari ranking tidaknya suatu artikel. Bukan sekadar menulis, menulis, dan menulis saja.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lengkap bagaimana cara kerja Google dalam mengindex artikel, apa saja faktor-faktor terindex-nya suatu artikel, dan bagaimana cara agar artikel cepat terindex Google dalam 1 detik. Yuk, langsung saja kita bahas!

Cara kerja google dalam mengindex suatu artikel

Sebelum membahas topik utama dari artikel ini lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui dulu bagaimana cara kerja Google dalam mengindex suatu artikel.

Perlu kita ketahui bahwa Google memiliki crawler bernama ‘robot’ atau ‘spider’ — berperan mengindex postingan suatu website, baik itu berupa artikel, gambar, maupun video. Di mana waktu indexing-nya sendiri cukup random, satu website bisa saja berbeda dengan website lainnya.

Sehubungan dengan pengantar tulisan ini, waktu indexing sendiri sebenarnya dipengaruhi oleh sejumlah faktor yang memengaruhi terindex tidaknya suatu artikel. Kira-kira apa saja itu?

  • Umur website
  • Kualitas artikel
  • Sudah/belum submit artikel ke Google Search Console
  • Apakah duplicate content atau tidak
  • Apakah ada backlink spam atau tidak
  • Bagaimana optimasi SEO On Page pada artikel

Berikut penjelasannya.

Umur website

Perlu diketahui bahwa umur website sangat memengaruhi waktu indexing dari artikel Anda. Website yang sudah berumur biasanya memiliki waktu indexing yang cukup singkat; bisa hitungan detik sampai harian. Sementara untuk website baru sendiri, biasanya waktu indexing-nya jauh lebih lama, bisa sampai semingguan. Kenapa begitu?

Baca Juga  Bagaimana Cara Menerapkan SEO Copywriting untuk Bisnis Anda?

Berbeda dengan website yang sudah berumur, website baru biasanya masuk ke Google Sandbox terlebih dahulu. Untuk bisa mengeluarkannya, artikel yang dibuat haruslah unik dan di atas 500 kata. Jika tidak memenuhi, maka akan semakin lama waktu indexing yang dibutuhkan oleh artikel tersebut.

Kualitas artikel

Seperti tadi sudah dikatakan, untuk mengeluarkan website dari Google Sandbox (untuk website baru) atau agar artikel lebih cepat terindex (untuk website lama), artikel yang dibuat haruslah unik dan memiliki jumlah kata di atas 500 kata. Karena kedua hal itulah yang menentukan apakah artikel yang kita buat berkualitas atau tidak.

Tidak hanya itu, artikel sebisa mungkin harus dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang dialami pembaca hingga tuntas. Judul pun harus dibuat berbeda dengan artikel website lain, agar web crawler tidak menganggapnya sebagai bentuk plagiarisme.

Submit ke Google Search Console

Salah satu alasan sederhana kenapa artikel sulit terindex oleh Google, karena website belum di-submit ke Google Search Console. Pertanyaannya, apakah website Anda sudah Anda daftarkan ke Google Search Console?

Jika belum, segeralah mendaftarkan website Anda ke Google Search Console. Tambahkan juga sitemap untuk memudahkan web crawler dalam ‘membaca’ semua url website Anda.

Apakah duplicate content atau tidak

Google sangat tidak menyukai segala bentuk plagiarisme, termasuk dalam hal ini duplicate content — web crawler tidak akan menindaklanjuti artikel-artikel yang terindikasi plagiarisme. Walaupun (mungkin) hanya judul saja yang kelihatannya sama persis.

Karena itu, pastikan artikel yang Anda buat tidak memiliki isi yang sama dengan artikel dari website lain. Juga, jangan lupa mengecek bagian judul tulisan, apakah sebelumnya sudah pernah dipakai oleh tulisan lain atau belum. Meskipun keduanya tampak remeh-temeh, namun sangat menentukan terindex tidaknya artikel Anda.

Backlink spam

Anda mungkin sudah tahu betul bahwa jumlah backlink sangat memengaruhi ranking dari website Anda, yang berarti secara tidak langsung juga memengaruhi terindex tidaknya artikel yang Anda buat. Kemudian menjadi pertanyaan, apakah semua backlink yang masuk ke website kita pasti bagus?

Baca Juga  Terbukti Ampuh, Ini 4 Cara Membuat Backlink Sendiri

Jawabannya: belum tentu. Meskipun memang backlink bermanfaat dalam membantu indexing suatu artikel, namun backlink yang tidak tepat malah dapat memperlambat indexing bahkan menghapus artikel Anda dari pencarian di Google.

Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu mengecek apakah ada backlink spam yang masuk atau tidak ke dalam website Anda. Jika ternyata ada, maka bersegeralah untuk disavow link tersebut, sehingga website Anda pun bersih dari backlink spam. 

Optimasi SEO On Page pada suatu artikel

Tidak sekadar sebagai salah satu bentuk optimasi SEO pada suatu website, SEO On Page juga membantu dalam indexing suatu artikel. 

Tanpa penerapan SEO On Page yang baik, akan sulit bagi suatu artikel untuk mendapatkan ranking yang bagus di Google, yang berarti berpengaruh terhadap kecepatan indexing dari artikel tersebut. Jadi, Anda sudah tahu ‘kan harus melakukan apa?

Itu tadi penjelasan mengenai faktor-faktor indexing dari suatu artikel. Sekarang kita akan memasuki pembahasan mengenai cara agar artikel cepat terindex Google dalam 1 detik. Kira-kira poin apa saja yang perlu diperhatikan dalam indexing artikel?

  • Kualitas dan SEO friendly dari artikel
  • Menulis secara rutin
  • Mendaftarkan website ke Google Search Console

Berikut penjelasannya.

Kualitas dan SEO friendly dari artikel

Salah satu cara agar artikel cepat terindex Google dalam 1 detik, yaitu dengan membuat artikel berkualitas yang SEO friendly, di mana artikel tersebut berbeda dengan lainnya dan memiliki kesegaran yang baru. Bukan sekadar parafrase menggunakan gaya bahasa sendiri.

Seperti misal blog A membahas tentang pentingnya digital marketing bagi bisnis. Maka, Anda bisa membuat pentingnya digital marketing bagi tiap lini bisnis, sehingga lebih spesifik dan komplit. Dengan demikian, web crawler akan menilai website Anda bagus, dan bahkan mempercepat indexing artikel Anda. 

Menulis secara rutin

Ibaratkan web crawler sebagai Anda, dan artikel-artikel yang Anda buat sebagai makanan Anda sehari-hari. Untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik, yaitu melakukan indexing terhadap artikel, tentu web crawler perlu disuguhkan artikel secara terus-menerus, bukan? 

Baca Juga  Tidak Sulit, Ini 3 Cara Membuat Judul Clickbait dalam Artikel SEO!

Itulah kenapa Anda harus membuat artikel secara rutin; supaya web crawler dapat menjalankan tugasnya untuk merayapi seluruh url yang ada pada website Anda. Jangan sampai Anda melepaskan rutinitas Anda dalam menulis, karena itu sama saja dengan memberi sinyal kepada web crawler bahwa tidak ada yang perlu dirayapi dari website Anda.

Mendaftarkan Website ke Google Search Console

Seperti sudah disinggung sebelumnya, terdaftar tidaknya website kita ke Google Search Console menjadi salah satu faktor cepat tidaknya website kita terindex oleh Google. Tidak mendaftarkan website kita sama saja dengan satu langkah menuju aksi bunuh diri; artikel-artikel yang kita buat akan berujung sia-sia cuma gara-gara tidak terindex oleh Google.

Karena itulah, sesegera mungkin daftarkan website Anda ke Google Search Console, dengan catatan jumlah artikel Anda sudah mencapai lebih dari 10 artikel. Tidak berhenti sampai situ, lakukan juga verifikasi kepemilikan atas website Anda.

Penutup

Itu tadi beberapa cara agar artikel cepat terindex Google dalam 1 detik. Bahwa ternyata kita perlu memerhatikan beberapa faktor penting yang memengaruhi terindex tidaknya suatu artikel. Pastikan Anda sudah memahami hal ini sebelum membuat artikel untuk di website Anda, ya!

Ingat-ingat apa pentingnya indexing artikel pada website Anda: semakin cepat artikel terindex, semakin cepat pula artikel mendapatkan traffic yang banyak. Traffic yang banyak, berarti akan menghasilkan konversi yang banyak. Anda pun akan diuntungkan dengan artikel-artikel yang telah Anda buat!

Penerapan SEO saja sudah ribet, apalagi kalau disuruh untuk menghasilkan konversi? Nah, Anda tidak perlu khawatir soal ini, ada Increasink yang siap membantu mengoptimalkan SEO pada website Anda.

Increasink merupakan digital & branding agency yang bergerak di bidang marketing & branding. Kami membuka layanan optimasi SEO untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.

Hubungi saja kontak ini jika Anda tertarik untuk berkonsultasi dengan Increasink. Kami siap melayani segala kebutuhan marketing Anda!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.

× Whatsapp Kami