fbpx
logo increasink blog

Budget Marketing yang Ideal, Ini 2 Cara Menentukannya!

September 14, 2022
Budget Marketing

Seperti apa kata judul: bagaimana cara menentukan budget marketing yang pas dengan kondisi keuangan bisnis kita saat ini?

Seringnya kita perlu berpikir keras untuk menentukan budget marketing. Kalau kurang, hasilnya takut tidak maksimal. Kalau kelebihan, takutnya malah mengorbankan biaya operasional atau produksi.

Itulah kenapa, mungkin, sebagian kita menganggap hal ini sebagai sesuatu yang tricky dalam dunia perbisnisan. 

Sementara, sebenarnya ada ilmu tersendiri dalam menentukan budget marketing.

Apa itu?

Tetapkan berdasarkan pendapatan bisnis kita.

cara menentukan budget marketing berdasarkan pendapatan bisnis

Seperti, katakanlah, B2B berupa produk. Untuk menentukan seberapa besar yang ingin dianggarkan, cukup dengan mengambil 9,4 persen dari total keseluruhan pendapatan kita.

Bagaimana dengan B2B berupa jasa? Untuk model bisnis seperti ini, yang perlu dianggarkan adalah sekitar 11,4 persen dari total keseluruhan pendapatan kita.

B2C lain soal lagi. Sementara B2C berupa produk membutuhkan 15,9 persen dari total keseluruhan pendapatan, B2C hanya perlu sekitar 12 persennya saja.

Pertanyaannya: kenapa anggaran B2C lebih tinggi?

Jawabannya: karena B2C butuh lebih banyak konsumen ketimbang B2B. Kebutuhan akan akuisisi konsumennya sangatlah tinggi. Sehingga budget yang dibutuhkan pun jadi lebih banyak.

Berikutnya, berdasarkan ada di fase mana bisnis kita.

Cara menentukan budget marketing berdasarkan fase bisnis.

Apakah bisnis kita masih baby brand? Atau bisa dikatakan sudah established brand

Ini penting untuk kita kenali dan tentukan. Karena akan sangat berpengaruh terhadap besar nominal marketing yang hendak kita tetapkan.

Sementara anggaran untuk baby brand berada dalam rentang 12 hingga 20 persen dari total keseluruhan pendapatan. Established brand, di sisi lain, membutuhkan sekitar 16 sampai 12 persen dari total keseluruhan pendapatan.

Baca Juga  Experiential Marketing, Taktik Buat Pengalaman Audiens Jadi Lebih Menyenangkan

Pertanyaannya: mengapa baby brand lebih banyak dari established brand?

Jawabannya: karena kita perlu usaha lebih untuk membuat bisnis bisa dikenali oleh banyak orang. Butuh usaha lebih untuk bisa menjangkau banyak orang. Butuh banyak upaya untuk membangun kesadaran merek.

Sedangkan established brand, seperti namanya, telah established dan memiliki basis audiensnya sendiri. Sudah mendapat nama di kalangan masyarakat luas. Usaha yang diperlukan tidaklah sebesar baby brand.

Jadi pertanyaannya, berapa budget marketing yang ideal untuk kita?

budget marketing

Sudah ada dua metode dalam menentukan besar anggaran marketing. Lantas, mana benar? Mana paling pas untuk diterapkan dalam bisnis kita?

Andai boleh jujur, sebenarnya tidak ada patokan pasti dalam menentukan seberapa besar budget marketing yang harus dikeluarkan oleh kita.

Yang pasti, ketahui prioritas dan kebutuhan bisnis kita terlebih dahulu. Apakah biaya untuk operasional, personal, produksi, peralatan, dan lainnya sudah ada. Apakah adanya pos marketing akan mengganggu arus kas pos-pos tadi.

Jika sudah, pahami apa tujuan kita mengatur dan mengelola budget marketing. Apakah untuk brand awareness atau malah untuk viralitas — berdasarkan fase bisnis maupun kebutuhan bisnis kita saat ini. Supaya nanti kegiatan marketing kita dapat terukur dan terkontrol dengan baik.

Jangan lupa juga soal target marketing. Pastikan kita sudah menyasar target yang sudah tepat, bukan malah orang-orang yang seharusnya ada di luar jangkauan kita. Karena kalau seperti itu, kegiatan marketing kita tidak efektif dan malah buang-buang uang.

Pastikan pula sudah memiliki sumber daya yang dapat menunjang kegiatan marketing. Mulai dari copywriter, social media specialist, graphic designer, brand manager, hingga digital marketing. Pastikan kita sudah memiliki orang-orang itu dalam tim kita sehingga budget marketing dapat digunakan secara maksimal.

Baca Juga  Guerilla Marketing, Strategi Buat Brand Viral dalam Sekejap

Anda belum memiliki semuanya? Tidak perlu khawatir. Ada kami dari Increasink yang siap membantu keperluan marketing Anda!

Increasink sendiri merupakan digital agency yang bergerak di bidang branding dan digital marketing. Kami sudah berpengalaman selama 10 tahun bekerja sama dengan bisnis perorangan maupun perusahaan.

Silakan kontak nomor di laman ini jika Anda tertarik. Kami lebih dari kata siap untuk melayani kebutuhan Anda!

Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.

× Whatsapp Kami