fbpx
logo increasink blog

Brand Positioning, Apa Itu? Penjelasan, Manfaat, & Cara Menentukannya

September 12, 2022
Brand Positioning

Sudahkah bisnis Anda memiliki brand positioning yang kuat?

Saat membangun merek, tentu bisnis kita tidak akan kuat jika cuma mengandalkan tagline dan logo.

Misal, katakanlah Anda memiliki bisnis fesyen muslimah, tepatnya berjualan produk hijab. Seperti kita tahu sendiri, bisnis di bidang ini persaingannya sangat ketat dan selalu bertambah setiap tahunnya.

Menurut Anda, kalau kondisinya seperti ini, kira-kira tagline dan logo cukup tidak untuk bisnis kalian? Mampu bersaing tidak dengan kompetitor kalian? Jelas tidak, bukan? 

Begini. Oke, kalian memiliki tagline dan logo. Desain oke. Filosofinya dapat banget. Dibuatnya juga dengan sangat serius. Respon orang-orang juga bagus.

Namun, apakah cukup jika hanya itu? 

Memang, tagline dan logo membantu merek tampil lebih ciamik dan memukau. Baguslah buat menciptakan first impression yang kuat.

Tetapi, yang menjadi masalah adalah saat bisnis dikembangkan untuk jangka panjang. Dari kacamata awam (konsumen Anda, maksudnya), satu bisnis dengan lainnya tampak mirip bagai pinang dibelah dua, yang membedakan hanya di tagline dan desain logo saja.

Apa itu brand positioning?

Apa itu brand positioning?

Gunanya brand positioning adalah untuk membedakan bisnis Anda dari kompetitor. Untuk make sure kalau merek Anda benar-benar berdiri di tengah audiens yang tepat. Benar-benar menjadi top of mind ketika niche market Anda dibahas.

Percuma tagline dan logo tanpa positioning itu. Percuma. Filosofi dari keduanya enggak akan sampai di kamu kalau enggak ada brand positioning.

Bukan, bukan perkara memberi tahu audiens apa saja yang akan Anda lakukan terhadap produk Anda. Melainkan apa yang akan kalian berikan kepada audiens Anda melalui produk dan lainnya.

Baca Juga  Brand Activation adalah Kunci, Berikutnya Baru Branding

Contoh brand positioning: Spotify VS. Apple Music

Spotify VS. Apple Music, seperti apa brand positioning keduanya?

Kedua merek ini pasti tidak asing di telinga Anda. Sama-sama bisnis yang bergerak di bidang platform music.

Namun begitu, keduanya memiliki perbedaan yang kentara dan itu dapat dibedakan dengan baik oleh konsumen mereka. Apa itu?

Penggunaan aplikasi. Itu.

Sementara Spotify mengangkat kebolehan mereka sebagai “Personalized Online Streaming Platform” — menghargai preferensi genre lagu dari masing-masing penggunanya, Apple Music mengusung kualitas premiumnya — pengguna mereka bebas menggunakan aplikasi tanpa harus mendapat iklan.

Jadi, kelihatan ya perbedaan mendasar di antara keduanya. Seperti apa brand positioning keduanya. Bagaimana brand positioning membantu masing-masing menjadi top of mind dan leader di niche market.

Sekadar mengingatkan…

brand positioning

Namun begitu, perlu diperhatikan bahwa menentukan brand positioning tidak bisa dilakukan sembarangan. Tidak bisa langsung serta-merta memakai embel-embel “berkualitas, unik, dan terbaik”.

Selain sudah pasaran, Audiens Anda juga sudah tidak percaya dengan pernyataan manis seperti ini. Bagi mereka, ini tak ubahnya pernyataan pribadi tanpa bukti tanpa testimoni yang sangat meragukan.

Alih-alih seperti itu, akan lebih baik jika Anda menggunakan kata-kata yang spesifik dan mudah dibayangkan. Contoh: vegan, tradisional, hemat energi, reusable, dan sebagainya. Kata-kata seperti ini ‘kan lebih mudah dibayangkan kebermanfaatannya.

Jadi, bagaimana cara menentukan brand positioning?

Cara menetapkan brand positioning adalah seperti ini

Apa yang membedakan Anda dengan kompetitor. Itu langkah pertamanya.

Seperti disebutkan tadi, di era sengitnya persaingan bisnis seperti saat ini, Anda harus menentukan bagaimana orang memahami merek Anda. Anda perlu mengarahkan mau jadi siapa customer Anda dan kenapa mereka harus memilih Anda.

Mulai dari fitur menarik dari produk Anda. Apa yang kira-kira dibutuhkan oleh konsumen Anda. Hingga hal apa yang diinginkan oleh konsumen Anda, tetapi itu belum dibahas oleh kompetitor.

Baca Juga  Leads adalah 'Ujung Tombak' dari Bisnis Kita, Cari Tahu Kenapa!

Jika Anda dan tim sudah mendiskusikannya dengan baik, kami yakin Anda akan menemukan brand positioning Anda.

Tidak punya waktu dan ingin cara cepat? Serahkan saja kepada Increasink! Kebetulan, kami juga membuka layanan brand creation dan brand management, lho!

Increasing sendiri memiliki pengalaman selama 10 tahun dengan bisnis perorangan dan perusahaan. Sekadar memberikan informasi, barangkali Anda tadi ragu-ragu dan masih menimbang-nimbang

Silakan hubungi nomor di laman ini jika Anda berminat. Kami siap melayani kebutuhan Anda!

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.

× Whatsapp Kami