fbpx
logo increasink blog

Kita Cari Tahu Apa Brand Positioning Indomie!

November 29, 2022
Kita Cari Tahu Apa Brand Positioning Indomie!

Seperti apa brand positioning Indomie? Apakah benar sesuai dengan yang kita pikirkan selama ini? Atau justru malah berbeda sama sekali?

Sekilas tentang Indomie

brand positioning indomie
Brand positioning Indomie @detikFinance

Siapa tidak kenal Indomie? 

Barang tentu semua kenal Indomie dan selalu mendapati produknya di rumah.

Praktis dan mudah dimasak. Cepat pula prosesnya. Benar-benar membantu sekali di kala sedang sibuk!

Maka, tidak salah kalau Indomie menempati posisi pertama untuk kategori merek-merek industri fast moving consumer good (FMCG) beberapa tahun lalu — menurut hasil studi WorldPanel Indonesia.

Mengalahkan Mie Sedaap yang menempati posisi kedua untuk kategori yang sama.

Bahkan, melampaui Supermi yang padahal jauh lebih dari Indomie — bertaut 4 tahun (Indomie berdiri tahun 1972, sementara Supermi pada 1968 silam).

Dikatakan bahwa pada 2017, Indomie menempati posisi kedelapan merek dengan jumlah pembelian terbesar oleh rumah tangga sedunia. Bayangkan!

Saking hebatnya Indomie, sampai-sampai setiap kita menyebut produk mie instan, yang kita ingat pertama kali adalah Indomie, bukan produk-produk sejenis lainnya.

Pertanyaannya: bagaimana bisa Indomie menguasai pasar segitunya? Bahkan sampai di taraf sulit untuk digeser posisinya oleh kompetitor?

Jawabannya: ada pada brand positioning Indomie.

Memangnya, brand positioning Indomie apa? Kok sampai dikatakan seperti itu? 

Sebelum menjelaskan sampai di situ, ada baiknya kita mengenal dulu apa itu brand positioning, sehingga kita dapat memahami brand positioning Indomie dengan baik.

Definisi brand positioning

Apa itu brand positioning? Sederhananya, tentang bagaimana caranya agar bisnis membedakan dirinya dengan baik dari kompetitor.

Baca Juga  5 Alasan Pentingnya Logo dalam Membangun Brand

Bagaimana dari situ bisnis mengambil sikap atau posisi terkait bisnis mereka.

Alhasil, bisa menjadi top of mind di niche market.

Demikian, brand positioning membicarakan tentang bagaimana bisnis mengambil sikap dan membedakan dirinya dengan kompetitor, sehingga bisa menjadi top of mind di bidangnya.

Lantas, apa hubungannya dengan brand positioning Indomie?

Jadi, brand positioning Indomie adalah…?

Mie instan pada dasarnya sama saja; sama-sama cepat proses masaknya, memiliki jumlah kalori yang cukup tinggi, dan harganya relatif murah.

Namun, yang membedakan satu produk mie instan dengan lainnya adalah cita rasa.

Ya, cita rasa yang gurih dan enak menjadi daya tawar dari masing-masing produk mie instan.

Bukankah kita menyukai Indomie lebih dari produk mie lainnya juga karena itu? Karena adanya cita rasa yang berbeda dari produk mie instan lainnya?

Alhasil, dapat disimpulkan brand positioning dari Indomie adalah tentang cita rasa. Cita rasa yang berbeda dari produk mie instan lainnya.

Ini dia brand positioning Indomie

Namun, pertanyaannya: cita rasa yang seperti apa?

Karena kalau begitu, semua juga punya cita rasanya sendiri-sendiri.

Maksudnya adalah, dengan logika seperti itu, ya harusnya semua produk mie instan juga bisa unggul dan selalu juara seperti produk Indomie.

Jadi, cita rasa seperti apa?

Jawabannya: cita rasa ‘ketersediaan’. Itu.

Kita tahu sendiri, produk Indomie ‘tersedia’ dalam berbagai cita rasa, di mana itu disesuaikan dengan geografis dari setiap segmen masyarakat.

Seperti katakanlah Indomie rasa rendang, kita tahu itu lekat dengan nuansa Padang.

Sementara, misal, Indomie rasa soto betawi, itu sesuai dengan lidah orang-orang Betawi.

Di negara-negara lain pun, varian atau cita rasa Indomie disesuaikan dengan lidah dari masing-masing negara tersebut.  

Baca Juga  Brand Preference adalah Tanda Konsumen Mencintai Merek Anda

Indomie benar-benar ‘hadir’ dan ‘tersedia’ untuk setiap lidah masyarakat

Kesan ‘hadir’ pun diperkuat dengan banyaknya jumlah produk Indomie di berbagai gerai toko atau sejenis lainnya. Benar-benar merepresentasikan brand positioning dari Indomie.

Key takeaways

Demikianlah dapat disimpulkan bahwa benar brand positioning Indomie adalah tentang tersedia dan cita rasa.

Dua kata kunci ini memainkan peranan penting dalam menyukseskan bisnis Indomie.

Pada intinya, kita perlu memahami siapa yang menjadi target audiens kita.

Kemudian, apa keunggulan dan nilai dari produk maupun bisnis kita sendiri.

Baru setelah itu kita bisa menggencarkan berbagai activity untuk mempertegas brand positioning sekaligus memperdagangkan produk kita.

Share this article:

DOWNLOAD

E-book Gratis

Dapatkan berbagai e-book seputar Marketing, Branding, SEO, Social Media secara gratis.

Langganan Newsletter Increasink

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda.
Berlangganan gratis sekarang!

By entering your email, you agree to our Terms of Service and Privacy Policy.

Anda mungkin suka

Mau meningkatkan Bisnismu di Dunia Digital?

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia branding dan digital langsung melalui email Anda. 

Berlangganan gratis sekarang!

free e-book

Manfaatkan social media trend untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial.

× Whatsapp Kami